Globalisasi Ekonomi: Pengertian dan Contohnya

Updated
January 27, 2023
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Globalisasi Ekonomi: Pengertian dan Contohnya
Reading Time: 4 minutes

Saat ini, perkembangan globalisasi kian beragam dan terdapat persaingan ketat. Salah satu dampak globalisasi ada di bidang ekonomi. Yang mana contoh langsung yang wajib kamu ketahui antara lain seperti perdagangan bebas yang termasuk dalam kategori globalisasi dalam bidang ekonomi.

Apa itu Globalisasi Ekonomi?

Apakah sebelumnya kamu pernah mendengar apa itu globalisasi ekonomi? Mungkin kalau istilah globalisasi saja sudah tidak asing. Hal ini karena di era tahun 2000-an, istilah globalisasi mulai mencuat. Untuk berkenalan lebih jauh lagi dengan globalisasi ekonomi, berikut pembahasan lengkapnya.

Pengertian Globalisasi Ekonomi

Globalisasi ekonomi secara umum bisa diartikan sebagai rangkaian proses integrasi ekonomi antara individu dan pihak negara dengan cakupan ruang lingkup dunia.

Globalisasi Ekonomi adalah suatu wadah yang digunakan untuk mendukung perkembangan kondisi ekonomi yang erat kaitannya dengan individu, negara dan hubungan ekonomi antar negara.

Menurut Agus Salim dan Fakih, globalisasi ekonomi merupakan suatu proses pengintegrasian ekonomi dalam ruang lingkup nasional ke dalam suatu sistem ekonomi dalam ruang lingkup global.

Salah satu bentuk adanya globalisasi ekonomi bisa dilihat dari peningkatan keterbukaan perekonomian suatu negara dengan berbagai aktivitas perdagangan internasional. Di mana berbagai kegiatan perdagangan yang dilakukan dalam ruang lingkup internasional sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan ekonomi suatu negara, yang mana persaingan memang nyata adanya di pasar internasional.

Semakin berkembangnya ilmu ekonomi di dunia membawa perubahan yang sangat besar, sehingga tak ditemukan lagi batasan maupun hambatan yang berarti dalam suatu wilayah atau suatu negara.

Dengan alasan, bahwa posisi globalisasi tersebut hanya memandang dunia sebagai suatu kesatuan tentu saja. Dimana pada suatu kesatuan tersebut, dunia mempunyai tujuan utama yakni membantu menciptakan ruang lingkup perdagangan yang lebih luas dan bebas.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Ekonomi Deskriptif

Contoh Globalisasi dalam Bidang Ekonomi

contoh globalisasi dibidang ekonomi

Dalam praktiknya di lapangan, contoh globalisasi dalam bidang ekonomi sangat mudah kamu temukan. Salah satunya adalah adanya praktik kegiatan ekspor dan impor.

Secara langsung, kegiatan ekspor dan impor ini bisa membantu meningkatkan devisa negara serta memastikan kebutuhan yang ada di dalam negeri bisa terpenuhi.

Globalisasi dalam bidang ekonomi, biasanya akan membawa dampak yang begitu besar terhadap kondisi perdagangan antar beberapa negara. Hal ini dikarenakan tujuan utama dari adanya globalisasi itu sendiri ialah untuk membantu mengurangi hambatan yang menjadi pokok permasalahan.

Contoh hambatan yang seringkali terjadi dan ditemukan di lapangan adalah adanya kebijakan standar tarif yang terlalu tinggi pada kegiatan ekspor dan impor sehingga menciptakan harga barang yang tak mampu bersaing di pasaran atau tidak kompetitif.

Bisa juga hambatan tersebut muncul karena adanya faktor politik suatu negara, di mana para pihak berwenang berupaya keras untuk melindungi kegiatan produksi dalam negeri agar tak lesu.

Bentuk nyata dari keberadaan globalisasi ekonomi seringkali terjadi di beberapa aspek seperti :

Contoh Globalisasi Ekonomi Pada Aspek Produksi

Pada bentuk ini, pada umumnya dalam kegiatan produksi mempunyai keinginan untuk bisa menekan biaya. Tak hanya satu atau dua negara saja, melainkan hampir semua negara pasti berharap bisa mendapatkan biaya produksi yang murah.

Untuk bisa menekan biaya, banyak perusahaan yang akhirnya memutuskan untuk melakukan kegiatan produksi di beberapa negara. Langkah ini dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi upah buruh pada setiap negara. Standar upah buruh yang murah, tentu bisa membantu menekan biaya produksi.

Contoh Globalisasi Ekonomi Pada Aspek Pembiayaan

Bentuk globalisasi ekonomi pada aspek pembiayaan biasa mengacu pada saat perusahaan sedang mengajukan pinjaman maupun investasi. Misalnya saja aku ambil contoh pada PT Telkom yang berkeinginan untuk terus memperluas sambungan telepon hingga ke banyak negara. Kondisi ini tentu saja membutuhkan yang namanya investasi dari negara bersangkutan.

Contoh Globalisasi Ekonomi Pada Aspek Tenaga Kerja

Bentuk globalisasi ekonomi pada aspek tenaga kerja sudah banyak terjadi di berbagai negara. Masuknya banyak tenaga kerja asing lintas negara, menjadi bagian penting dari globalisasi ekonomi itu sendiri.

Para tenaga kerja yang rela bekerja hingga ke luar negeri, biasanya berharap bisa mendapatkan upah yang jauh lebih tinggi dengan disesuaikan dengan level pendidikan dan kemampuan yang dimiliki.

Contoh Globalisasi Ekonomi Pada Aspek Jaringan Informasi

Kemajuan teknologi yang saat ini kian berkembang pesat, bisa dianggap sebagai salah satu globalisasi ekonomi dalam bentuk jaringan informasi. Dengan perkembangan teknologi yang ada tersebut, membuat informasi dari berbagai penjuru dunia bisa diakses dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Ekonomi Deskriptif

Adaptasi Pada Era Globalisasi Ekonomi

Agar bisa bertahan dengan kondisi ekonomi yang penuh dengan ketidakpastian, setiap perusahaan harus pandai dalam melakukan adaptasi. Adaptasi menjadi juru kunci agar perusahaan mempunyai kemampuan yang baik untuk bisa bertahan dalam jangka waktu lama. Terlebih lagi persaingan digital dan perkembangan ekonomi global menunjukkan persaingan yang luar biasa.

Cara paling efektif untuk bisa beradaptasi dengan baik adalah mengelola bisnis dengan memanfaatkan berbagai perangkat teknologi canggih. Selain bisa memudahkan, dari segi keamanan dan kenyamanannya pun akan jauh lebih baik.

Kesimpulan

Globalisasi ekonomi memberikan dampak yang sangat serius bagi perkembangan ekonomi suatu negara maupun kondisi ekonomi negara lain. Dengan adanya hubungan perdagangan yang sangat luas dan bebas, kondisi ekonomi antar negara menjadi lebih baik melalui kegiatan ekspor dan impor. Terlebih lagi dengan adanya dukungan langsung dari perkembangan teknologi yang kian canggih.

Kamu juga harus memiliki kompetensi global agar bisa bersaing secara global, salah satunya dengan investasi kripto. Dengan hanya Rp11.000 saja kamu bisa berpartisipasi pada ekonomi global yang sedang trend ini. Kamu juga bisa membeli berbagai macam token dan menyimpanya hingga harganya naik. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan keuntungan besar. Segera install aplikasi Pintu di Hape kamu!

Dapatkan juga informasi berita crypto terbaru melalui Pintu News dan perdalam wawasan kamu dengan belajar crypto hanya di Pintu Academy.

Referensi:

Wikipedia, Economic Globalization, diakses tanggal 11 Agustus 2022

National Geographic, Effects of Economic Globalization, diakses tanggal 11 Agustus 2022

JL Pyle, Economic Globalization and Gender, diakses tanggal 11 Agustus 2022

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->