Pengertian dan Contoh Ekonomi Deskriptif

Updated
January 19, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Pengertian dan Contoh Ekonomi Deskriptif
Reading Time: 4 minutes

Kajian ilmu ekonomi sangat beragam. Ada yang mengkaji ekonomi dari sisi peristiwa nyata, dan ada pula dari segi teori. Ilmu ekonomi deskriptif adalah salah satu contohnya. Ilmu ini mengkaji ekonomi dari segi data dan fakta. Lalu, apa itu ekonomi deskriptif sebenarnya? Simak pengertian, cara kerja hingga contoh ekonomi deskriptif dalam artikel berikut.

Baca juga: Apa itu Motif Ekonomi dan Jenis-Jenisnya?

Apa itu Ekonomi Deskriptif?

apa itu ekonomi deskriptif

Ekonomi deskriptif adalah ilmu ekonomi yang menjelaskan kondisi perekonomian dengan pernyataan yang sebenarnya dan dapat diukur dengan jelas.

Ekonomi ini bersifat objektif dan bergantung pada angka-angka yang terkait, fakta yang relevan, dan analisis data yang objektif. Ini tandanya setiap data yang dikaji tidak boleh hanya sebatas teori semata, melainkan harus sesuai dan mengacu pada fakta yang ada di lapangan serta sesuai dengan kenyataan.

Hal itu dilakukan untuk membangun hubungan sebab akibat atau hubungan perilaku yang dapat membantu dalam memastikan serta menguji perkembangan teori ekonomi.

Bidang bahasan ekonomi deskriptif biasanya berkaitan dengan fakta atau data empiris dari peristiwa ekonomi. Karena hanya terdiri dari data dan fakta, tidak ada pertimbangan nilai dalam ekonomi deskriptif.

Kelebihan ekonomi deskriptif adalah memungkinkan pembuat kebijakan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat guna mengatasi setiap kondisi ekonomi yang ada untuk mendorong ekonomi ke arah tertentu.

Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa pokok bahasan ekonomi deskriptif adalah:

  • Terdiri dari fakta dan tidak direkayasa
  • Menjelaskan kondisi dan masalah ekonomi
  • Dapat digunakan untuk mengetahui kondisi ekonomi yang ada

Contoh Ekonomi Deskriptif

contoh ekonomi deskriptif

Contoh ekonomi deskriptif bisa kamu baca di bawah ini.

Peningkatan Inflasi Tahun 1998

Di tahun 1998, ekonomi Indonesia mengalami kemerosotan yang sangat signifikan dan tidak pernah terjadi sebelumnya. Penurunan ini menyebabkan terjadinya krisis moneter karena semakin rendahnya tingkat kepercayaan masyarakat kepada kondisi ekonomi di masa mendatang.

Bahkan, per bulan Maret 1998, tercatat utang luar negeri Indonesia menyentuh angka 13 miliar dolar AS. Sekitar 2/3 dari utang tersebut merupakan utang jangka pendek yang jatuh temponya pada tahun itu juga.

Dampak dari krisis moneter saat itu kemudian merambah ke banyak sektor industri seperti perusahaan hingga bank.

Baca juga: Apa itu Ekonomi Kreatif dan Manfaatnya Bagi Negara

Penetapan APBN di Tahun 2019

Contoh ekonomi deskriptif lainnya adalah penetapan APBN di tahun 2019. Pada tahun 2019 ini, jumlah APBN tidak mengalami nilai defisit, bahkan menuju angka yang positif, dan angka kemiskinan juga menurun.

Di tahun 2019, juga terjadi peningkatan target penerimaan pajak sebanyak 15,4% dari outlook APBN di tahun 2018 lalu. Angka rasio pajaknya berkisar di angka 12,2%. Kontribusi penerimaan pajak pun meningkat dan bisa digunakan sebagai stimulus motor agar iklim investasi juga daya saing ikut meningkat.

Alokasi belanja Pemerintah Pusat di tahun 2019 digunakan untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui peningkatan SDM, efektivitas program perlindungan sosial, memperkuat infrastruktur, birokrasi, dan mengantisipasi ketidakpastian bencana.

Wisata Bidang Pertanian di Bali

Selain pantainya, Bali juga memiliki objek wisata di bidang pertanian karena terdapat banyak sekali persawahan yang masih asri. Namun, keberadaan persawahan di Bali semakin tergusur akibat banyaknya pembangunan hotel, tempat objek wisata dan infrastruktur jalan raya.

Maraknya pembangunan itu secara tidak langsung berdampak pada ekonomi di Bali karena membuat wisata persawahan semakin sedikit jumlahnya.

Cara Kerja Ekonomi Deskriptif

Untuk bisa memahami bagaimana cara kerja ekonomi deskriptif, kamu bisa lihat contoh ekonomi deskriptif berikut ini:

  • Belanja publik akan meningkat bila ada layanan kesehatan dari pemerintah. Pernyataan ini dibuktikan, maka diperlukan data untuk mendukungnya.
  • Data tersebut didapatkan dengan mempelajari jumlah pengeluaran perawatan kesehatan yang disediakan oleh pemerintah.

Dengan mempelajari dan mencatat data-data yang didapat tanpa direkayasa, maka data-data yang didapat itu bisa digunakan sebagai pendukung dari pernyataan mengenai perawatan kesehatan oleh pemerintah yang ada di atas.

Dapat disimpulkan bahwa cara kerja ekonomi deskriptif adalah dengan menyuguhkan data dan fakta sebenarnya.

Perbedaan Ekonomi Deskriptif dan Terapan

Perbedaan ekonomi deskripsi dan terapan dapat dilihat berdasarkan pengertian, fungsi, dan pemanfaatannya.

Berdasarkan Definisi

Ilmu ekonomi deskriptif adalah ilmu ekonomi yang menjelaskan kondisi ekonomi melalui data-data yang nyata dan objektif, sedangkan ekonomi terapan adalah penerapan kesimpulan dari teori ekonomi ke situasi dunia nyata.

Berdasarkan Fungsi

Jika ekonomi deskriptif digunakan untuk mengetahui kondisi perekonomian dari wilayah atau suatu tempat, ekonomi terapan digunakan untuk memecahkan masalah ekonomi di dunia nyata.

Ekonomi terapan juga bertujuan untuk meningkatkan kebijakan publik, kualitas praktik dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari dengan memikirkan secara cermat mengenai perilaku manusia, insentif, serta keuntungan dan biaya.

Pemanfaatannya

Meski terdapat perbedaan, keduanya bisa dimanfaatkan secara bersama-sama. Ekonomi terapan bisa mengkaji data dari ekonomi deskriptif sebagai dasar saat menyelesaikan masalah ekonomi dalam kehidupan masyarakat.

Nah, itu dia pengertian dan contoh ekonomi deskriptif dalam kehidupan sehari-hari serta perbedaannya dengan ilmu ekonomi terapan.

Pintu, Aplikasi Investasi Bitcoin dan Crypto

Halo, kami adalah Pintu, aplikasi investasi bitcoin dan crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Untuk kamu yang tertarik melakukan jual beli crypto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja, download Pintu sekarang!

Referensi:

Christina Majaski. Positive Economics. Diakses tanggal: 13-01-2022.

CFI. Applied Economics. Diakses tanggal: 13-01-2022.

Reference. What Is Descriptive Economics?. Diakses tanggal: 13-01-2022.

Kompas. Pembagian Ilmu Ekonomi dan Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi. Diakses tanggal: 13-01-2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->