Ciri-Ciri Investasi Bodong, Catat Sekarang!

Updated
July 21, 2023
• Waktu baca 5 Menit
Gambar Ciri-Ciri Investasi Bodong, Catat Sekarang!
Reading Time: 5 minutes

Investasi bodong adalah jenis penipuan investasi yang dapat ditemui dalam berbagai bentuk, mulai dari penawaran produk investasi, penasihat Keuangan, hingga pengelolaan dana pensiun.

Berbekal situs web dan iklan yang meyakinkan, disertai kemampuan bicara yang persuasif, pelaku investasi bodong menawarkan skema investasi yang terdengar terlalu indah untuk menjadi kenyataan.

Untuk kamu yang sudah melek investasi dan memiliki kemampuan literasi keuangan yang baik, risiko terjebak risiko investasi bodong masih bisa diminimalisir. Namun diantara kita pasti ada saudara atau anggota keluarga kita yang masih belum memiliki kemampuan literasi keuangan yang baik.

Bayangkan tabungan pensiun yang dikumpulkan seumur hidup justru lenyap karena oknum tidak bertanggung jawab. Yuk cari tahu apa itu investasi bodong dan cara mengenalinya melalui penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Investasi Bodong

Menurut kamus bisnis Cambridge University, investasi bodong adalah aktivitas ilegal yang memberikan informasi palsu kepada seseorang sehingga mereka akan berinvestasi dalam suatu instrumen tertentu.

Investasi bodong adalah jenis instrumen investasi yang tidak memiliki izin resmi dari otoritas berwenang dan tidak sesuai dengan regulasi yang berlaku. Ciri umum investasi bodong adalah menjanjikan keuntungan yang sangat tinggi dan cepat tanpa risiko. Namun pada kenyataannya tidak ada imbal hasil yang sesuai seperti yang dijanjikan. 

Modus operandi paling umum pada investasi bodong adalah skema Ponzi yang mengajak orang untuk merekrut anggota baru. Keuntungan diperoleh dari biaya pendaftaran  investor baru untuk membayar investor lama, sehingga pada akhirnya hanya para pelaku pada level atas saja yang  mendapatkan keuntungan. Sedangkan para korban kehilangan uang mereka. 

Investasi bodong adalah hal yang seringkali dikaitkan dengan tindakan penipuan yang juga merupakan kegiatan ilegal.

Baca juga: 5 Jenis Investasi Jangka Pendek dan Cara Memulainya

Jenis-Jenis Investasi Bodong

jenis-jenis investasi bodong

Investasi bodong adalah tindakan ilegal yang hadir dalam berbagai bentuk, tidak hanya skema ponzi. Investasi bodong seringkali juga dijumpai dalam bentuk ajakan untuk menanamkan dana pada instrumen yang tidak dapat dibuktikan keberadaannya secara yuridis dan konkret. Penjelasan lebih detail mengenai jenis-jenis investasi bodong adalah sebagai berikut:

Skema Pump and Dump

Skema pump and dump adalah upaya untuk menaikkan harga saham atau instrumen investasi lainnya dengan menyebarkan informasi palsu. Harga saham dimanipulasi sedemikian rupa mulai dari memanipulasi perdagangan pada bursa efek hingga menyebarkan berita palsu di media sosial.

Setelah harga saham naik, penipu menjual saham yang dimiliki sehingga harga saham anjlok. Korban yang terlena dengan skema ini berakhir dengan saham yang nilainya turun dan sulit untuk dijual kembali.

Romance Scam

Romance Scam atau penipuan berkedok  asmara terjadi saat penipu memikat korban ke dalam hubungan palsu dengan maksud untuk mencuri uang atau melakukan jenis penipuan lainnya.

Romance scam biasa terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk penawaran investasi atau permintaan transfer dana. Beberapa langkah umum yang akan dilakukan penipu untuk menemukan target adalah dengan membuat akun di aplikasi kencan dengan informasi diri dan persona palsu dibantu dengan stok foto curian.

Kemudian, pada titik tertentu, penipu akan menunjukkan kondisi keuangannya agar korban mengirimkan uang. Hal ini bisa berupa berbagai macam skenario mulai dari menceritakan kondisi bisnisnya, menawarkan peluang investasi, keadaan darurat keluarga, atau bahkan meminta uang untuk membeli tiket pesawat agar mereka bisa datang mengunjungi korban.

Skema Boiler Room

Boiler room adalah skema dimana penipu menghubungi calon korban melalui telepon untuk menekan mereka agar mau membeli saham. Operator boiler room biasanya beroperasi di yurisdiksi atau negara lain yang berbeda dari target untuk menghindari deteksi oleh regulator sekuritas dan lembaga penegak hukum.

Skema ini dimulai dengan panggilan telepon yang mencoba membujuk korban untuk berinvestasi di perusahaan yang mereka promosikan.  Pelaku akan mendesak korban untuk mentransfer uang ke rekening bank dan berjanji akan mengirimkan sertifikat saham. Namun sertifikat saham yang dijanjikan tidak pernah datang

Skema Real Estate

Skema penipuan real estat adalah skema penipuan yang ditawarkan dalam bentuk aset nyata seperti proyek pembangunan rumah, gedung, hingga perusahaan fisik seperti pertanian atau peternakan yang menjanjikan hasil besar. 

Pelaku akan menawarkan berbagai bentuk kerjasama seperti pinjaman jangka pendek dengan bunga tinggi rendah risiko atau penawaran saham atas gedung atau perusahaan yang akan menghasilkan pendapatan besar. 

Awalnya korban mendapatkan imbal hasil yang dijanjikan pada bulan-bulan pertama. Namun pada akhirnya pelaku membawa lari pokok pinjaman yang terlanjur disetorkan.

Dampak Investasi Bodong

Investasi bodong adalah tindakan kriminal yang memberi dampak serius pada masyarakat dan perekonomian. Tidak hanya kerugian materiil, korban juga mengalami kerugian lain yang lebih serius hingga menyebabkan masalah besar dalam kehidupannya. Berikut ini beberapa dampak investasi bodong yang harus kamu ketahui:

Kerugian finansial

Investasi bodong adalah kegiatan yang dapat menghancurkan kehidupan seorang individu. Korban investasi bodong adalah individu yang tidak memiliki literasi keuangan dan kemampuan berpikir kritis yang cukup. Bahkan tidak jarang korban investasi bodong adalah orang-orang dengan pendidikan dan profesi tinggi seperti dokter, guru, dosen, dan sebagainya.

Korban yang tergiur biasanya menggunakan uang pinjaman, uang tabungan pernikahan, hingga tabungan biaya perawatan kesehatan anggota keluarga. Tidak jarang korban investasi bodong kehilangan aset berharga, hingga terjadi perceraian dan bunuh diri. 

 Menciptakan Ketidakpercayaan Masyarakat

Dampak lain dari investasi bodong adalah menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga investasi legal. Hal ini menyebabkan pasar modal menjadi kurang diminati sehingga perusahaan kesulitan mendapatkan modal usaha. Dalam jangka panjang hal ini juga dapat berpengaruh pada kondisi ekonomi agregat.

Meningkatkan angka kriminalitas

Dampak negatif lain investasi bodong adalah meningkatkan angka kriminalitas, hal ini dikarenakan skema yang digunakan untuk menipu korban adalah tindakan ilegal. Selain itu korban yang mengalami kerugian cenderung mencoba untuk mengembalikan kerugian yang diderita dengan cara ilegal pula.

Contohnya korban skema ponzi yang justru menyeret korban lain agar uang yang disetorkan dapat kembali. Contoh tindakan ilegal lain yang dilakukan korban investasi bodong adalah melakukan pencurian, perampokan, penipuan, hingga penggelapan dana.

Baca juga: 7 Cara Investasi Emas Bagi Pemula, Segini Untungnya!

Ciri-Ciri Investasi Bodong

Meskipun modus yang digunakan pelaku investasi adalah modus baru yang lebih canggih, namun bukan berarti mods tersebut tidak dapat dikenali. Pasalnya investasi bodong selalu hadir dengan pola yang sama, berikut ini penjelasannya:

Imbal Hasil Tidak Realistis

Ciri-ciri investasi bodong adalah menawarkan imbal hasil hingga puluhan atau ratusan persen dalam waktu singkat. Hal ini jelas tidak realistis karena jika memang bisnis yang dijalankan menghasilkan laba yang besar, mereka seharusnya meminjam modal kepada bank daripada menawarkan ke masyarakat umum. 

Tidak ada transparansi 

Tidak ada transparansi dalam pengelolaan dana pada investasi bodong adalah ciri-ciri yang patut menjadi perhatian masyarakat. Umumnya pelaku investasi bodong tidak memberikan penjelasan bagaimana bisnis dan cara kerja produk investasi mereka. Mereka juga enggan dalam membahas risiko yang ada dalam investasi tersebut.

Tidak Terdaftar 

Tidak terdaftar dalam otoritas keuangan atau tidak adanya izin resmi  pada investasi bodong adalah ciri-ciri yang umum dijumpai dalam skema penipuan. Sebab perusahaan resmi akan selalu terdaftar dalam otoritas keuangan seperti OJK dan Bappebti terutama saat menggalang dana untuk keperluan modal usaha.

Tidak Adanya Dokumen Resmi 

Perusahaan legal selalu menerbitkan prospektus atau laporan keuangan resmi yang bisa diunduh di situs Bursa Efek atau situs resmi perusahaan. Jika seseorang tidak dapat menunjukkan dokumen ini berarti besar kemungkinan investasi yang ditawarkan adalah investasi bodong.

Metode Pemasaran Tidak Konvensional

Media promosi yang sering digunakan oleh pelaku investasi bodong adalah media sosial, SMS, atau email. Padahal hal ini bertentangan dengan praktik pemasaran investasi yang sah yang seharusnya dilakukan pada saluran-saluran resmi dan terdaftar.

Penanganan Investasi Bodong

Investasi bodong  adalah praktik yang sebenarnya sudah diperangi pemerintah bersama masyarakat. Pemerintah melalui lembaga-lembaga terkait berusaha memberikan sosialisasi dan pemahaman mengenai investasi bodong. Selain itu pemerintah juga memberikan sanksi yang tegas bagi pelaku investasi bodong serta membentuk lembaga penjamin investasi.

Akan tetapi memberantas investasi bodong adalah hal yang memerlukan sinergi antara masyarakat dan pemerintah termasuk lembaga keuangan, regulator, dan masyarakat. Dengan upaya koordinasi, praktik investasi bodong dapat diminimalisir sehingga masyarakat dapat terhindar dari dampak negatif.

Salah satu platform yang sudah mendapatkan izin dari otoritas pemerintah seperti Bappebti dan OJK adalah investasi cryptocurrency dengan aplikasi Pintu. 

Mau investasi crypto secara mudah mulai dari Rp 11.000 saja? Download aplikasi crypto Pintu dan mulai investasi crypto sekarang!

Dapatkan juga informasi terbaru seputar berita crypto di Pintu News dan perdalam wawasan kamu melalui Pintu Academy untuk mendapatkan materi belajar crypto untuk level pemula hingga level mahir.

Aplikasi Pintu dapat diunduh melalui App Store atau Play Store, jangan lewatkan kesempatan ini!

Referensi:

Jonathan Skrmetti, What You Need to Know about Investment Scams, diakses tanggal 7 April 2023 

James Chen, Ponzi Schemes: Definition, Examples, and Origins, diakses tanggal 7 April 2023

Investright.org, Investment Scams, diakses tanggal 7 April 2023

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->