7 Cara Investasi Emas Bagi Pemula, Berapa Keuntungannya?

Updated
February 3, 2023
• Waktu baca 6 Menit
Gambar 7 Cara Investasi Emas Bagi Pemula, Berapa Keuntungannya?
Reading Time: 6 minutes

Cara investasi emas bagi pemula masih menjadi topik yang banyak dicari. Emas sering dianggap sebagai instrumen investasi yang tahan terhadap gempuran inflasi, krisis ekonomi hingga kondisi politik. Investasi emas adalah salah satu investasi tertua di dunia yang dianggap memiliki sifat lindung nilai atau safe haven. Simak bagaimana cara investasi emas secara tepat dalam artikel berikut ini. 

Apa itu Investasi Emas? 

cara investasi emas agar untung

Investasi emas adalah aktivitas menjadikan emas sebagai alat investasi. Bentuknya bisa beragam, bisa dalam bentuk emas perhiasan maupun emas batangan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan manfaat pertambahan nilai emas di masa depan. 

Untung Rugi Investasi Emas

Emas adalah investasi dengan resiko relatif kecil. Meski begitu, bukan berarti investasi emas tidak ada kekuranganya. Berikut untung rugi investasi emas.  

Keuntungan investasi emas 

  • Risiko Rendah. Harga logam mulia jarang mengalami penurunan secara signifikan. 
  • Mudah Dicairkan. Baik emas batangan ataupun perhiasan, emas bisa dicairkan dalam waktu relatif singkat apabila dibandingkan instrumen investasi lain misalnya properti
  • Bisa dimulai dengan modal kecil. Beberapa platform digital bahkan menyajikan jual beli emas digital mulai dari Rp50.000
  • Tidak ada Biaya Perawatan, berlaku untuk emas digital

Baca juga: Mengenal Investasi Dinar, Apakah Menguntungkan?

Kerugian Investasi Emas 

  • Kurang cocok untuk investasi jangka pendek. Emas bukan instrumen investasi jangka pendek, sekalipun yang kamu beli adalah emas antam. Kenaikan harga emas antam dalam waktu singkat tidak akan mampu meng-cover selisih harga beli dan harga jual. 
  • Harganya cenderung melambat saat ekonomi stabil. Kalau ekonomi sedang stabil, misalnya tidak ada inflasi, harga emas cenderung stabil. Tidak ada kenaikan, kalau ada pun biasanya sangat kecil.
  • Berdampak kecil bagi ekonomi secara riil. Bagi pertumbuhan ekonomi, investasi emas tidak ada dampaknya secara riil. Kamu yang memiliki sifat nasionalis, tentu kurang cocok. 

Resiko Investasi Emas 

Buat kamu yang berniat memilih emas sebagai investasi, berikut beberapa resiko investasi emas yang perlu kamu perhatikan. 

  • Risiko kehilangan. Terutama kalau kamu investasi emas dalam bentuk emas batangan atau emas perhiasan. 
  • Produk palsu. Tidak semua emas asli. Simak bagaimana ciri-ciri emas asli dan palsu serta cara membedakan keduanya berikut ini. 
  • Tidak ada passive income. Berbeda dengan instrumen investasi seperti deposito, obligasi, saham, hingga properti yang punya keuntungan berupa passive income baik dalam dividen maupun biaya sewa, keuntungan investasi emas hanyalah dalam bentuk perbedaan harga jual dan beli. 

Simak bagaimana 5 cara mendapatkan passive income lewat crypto berikut ini. 

Jenis-Jenis Emas untuk Investasi

jenis-jenis emas untuk investasi

1. Investasi Emas Antam (Batangan)

Emas Antam adalah adalah salah satu bentuk investasi emas batangan paling populer dan dianggap paling menguntungkan. Antam adalah produk logam mulia yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam). Selain Antam, sebenarnya masih ada banyak perusahaan yang memproduksi logam mulia. Misalnya UBS. 

Perbedaan Emas Antam dan UBS adalah dari segi harga, bentuk fisik, lokasi beli, ukuran dan sertifikat. Sementara dari segi kandungan sebenarnya sama saja, yang mana keduanya memiliki kadar kemurnian 99,99% atau 24 karat. 

2. Investasi Emas Perhiasan 

Buat kamu yang bertanya-tanya, apakah perhiasan emas bisa untuk investasi? Jawaban singkatanya adalah, ya. Emas perhiasan adalah bentuk investasi emas dengan peminat paling banyak, terutama didominasi oleh kaum hawa. Normal saja, selain sebagai investasi, emas perhiasan juga bisa dikenakan lantaran bentuknya yang bervariasi dan indah. 

Namun, salah satu kekurangan investasi emas perhiasan adalah adanya potongan biaya ongkos pembuatan perhiasan yang mana dapat menyebabkan profit yang kamu peroleh akan jauh lebih kecil. 

Salah satu tips investasi emas perhiasan adalah membeli di toko emas terpercaya dan pilih perhiasan dengan kadar emas di atas 50% atau emas tua. Biasanya, emas tua memiliki potongan harga yang lebih kecil saat kamu jual kembali. 

3. Investasi Emas Digital 

Emas Digital adalah bentuk investasi emas 24 karat yang bisa kamu beli secara online tanpa perlu kamu simpan secara fisik. Ketika melakukan pembelian, kamu hanya akan mendapatkan catatan pembelian jumlah emas yang kamu beli yang tersimpan di akun kamu. Kamu tidak akan mendapatkan emas secara fisik. Salah satu keunggulan emas digital adalah kamu bisa terhindari dari resiko kehilangan. 

Berbicara soal emas digital, belakangan ini dikenal aset Bitcoin yang sering disamakan dengan emas digital oleh tokoh ternama seperti Mark Cuban yang menganggap keduanya sama-sama “Penyimpan Nilai”. 

Apa perbedaan antara Bitcoin dan Emas? Mana yang lebih menguntungkan? Simak selengkapnya dalam video berikut ini. 

Buat kamu yang ingin memulai investasi bitcoin atau crypto pun tidaklah sulit, cukup download aplikasi Pintu, buat akun, lakukan verifikasi dan berinvestasi di lebih dari 60 pilihan aset crypto, mulai dari Rp11.000 saja!

7 Cara Investasi Emas Bagi Pemula

Tertarik untuk investasi emas? Berikut 7 cara investasi emas pemula yang perlu kamu perhatikan. 

1. Tentukan Tujuan Investasi

Investasi emas tidak cocok untuk jangka pendek, namun lebih cocok untuk jangka panjang. Setidaknya 5 hingga 10 tahun ke depan. Jadi tentukan dulu untuk apa kamu melakukan investasi emas, apakah itu untuk persiapan dana pensiun, liburan, biaya haji, dana pendidikan anak, atau tujuan keuangan lainnya. 

2. Kenali Kondisi Finansial

Setelah tahu tujuan investasi, saatnya mereview kondisi finansial kamu. Tujuannya untuk menentukan berapa nominal investasi emas yang siap untuk kamu komitmenkan. Cara investasi emas online saat ini bahkan sangat terjangkau, hanya dengan modal Rp 50 ribu saja bisa kamu lakukan. Jadi kamu bisa menyisihkan dana sesuai dengan kemampuan. 

Baca juga: Jaga Kondisi Keuangan, Kenali Cara Melakukan Financial Check-Up!

3. Pantau Harga Emas

Selanjutnya, pantau harga emas. Meski semakin dini berinvestasi maka semakin baik, tetapi salah satu cara investasi emas agar untung adalah dengan memperhatikan harga emas dalam jangka pendek. Dalam dunia investasi yang melibatkan jual beli aset, pemantauan harga adalah salah satu hal terpenting untuk menentukan kapan kamu harus “masuk” ke market. 

4. Kenali Kadar Karat Emas

Jika kamu memilih investasi emas batangan atau perhiasan, maka pilihlah yang punya kadar tertinggi. Misalnya untuk emas batangan, perusahaan logam mulia biasanya menyediakan produk 24 karat dan 18 karat. Dalam hal ini, pilihlah yang 24 karat. Begitu juga dengan investasi emas perhiasan, pilih yang memiliki kadar di atas 50%. Semakin tinggi kadarnya, nilainya cenderung lebih stabil.

5. Beli di Tempat yang Terpercaya

Terdapat berbagai tempat jual beli emas. Beberapa contoh tempat investasi emas yang paling umum adalah Pegadaian, Butik/Unit Bisnis Antam, toko emas, bank hingga marketplace. 

Yap, beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak serta dompet digital seperti DANA dan Gojek juga menyediakan investasi emas. Cara investasinya pun relatif mudah. 

Misalnya saja untuk berinvestasi emas di aplikasi DANA, kamu cukup membuat akun, lalu lakukan verifikas datai untuk bisa membeli emas digital. 

Untuk memilih tempat jual emas digital yang aman, pastikan bahwa aplikasi telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) 

6. Pilih Ukuran Produk yang Tepat

Selain kadar, tips investasi emas berikutnya adalah dengan memperhatikan ukuran produk. Pada emas batangan Antam misalnya, semakin kecil ukurannya, maka akan semakin mahal harga belinya. Ini karena ada biaya cetak dan sertifikat yang dibebankan. Jika kamu ingin beli emas dalam ukuran yang tidak tersedia di emas Antam atau UBS, lebih baik kamu beli emas digital saja. Selama tidak kamu cetak, maka kamu tidak akan dibebani biaya sertifikat. 

7. Simpan di Tempat yang Aman

Untuk menghindari resiko kehilangan dan kerusakan, simpan emas di tempat yang aman. Umumnya, investor memilih untuk menyimpan aset berharga di Safe Deposit Box (SDB) di bank atau di dalam brankas. Jika menyimpannya di SDB akan ada biaya tambahan, sementara kalau di brankas rumah dapat berisiko pencurian. 

Berapa Keuntungan Investasi Emas dalam Setahun?

Untuk menjawab pertanyaan ini, simak contoh histori harga emas dalam setahun berikut ini. 

keuntungan investasi emas selama setahun

(Sumber: Tokopedia)

Misalnya saja, pada grafik emas di atas, terlihat bahwa harga beli emas pada 27 September 2022 berada di titik terendah, yaitu Rp861.335 dalam rentang waktu 1 tahun. Jika kamu membeli emas pada saat itu dan menjualnya di tanggal 1 Februari 2023 di mana harga jual emas berada di angka Rp946.292, maka kamu sudah bisa mendapatkan profit investasi emas sebesar Rp84.957 (9,8%/tahun)

fluktuasi harga emas setahun

(Sumber: Tokopedia)

Dua hal yang harus diperhatikan di sini adalah: 

  • Harga beli dan harga jual emas memiliki perbedaan (disebut spread), sehingga pastikan kamu mempertimbangkan hal ini sebelum menjual emas milikmu. 
  • Perbedaan harga emas dalam waktu singkat (<1 tahun) tidak akan terlalu jauh sehingga emas relatif lebih cocok untuk investasi jangka panjang

Itu dia penjelasan lengkap tentang 7 cara investasi emas bagi pemula serta beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

Referensi:

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi menjadi tanggung jawab pembaca.

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->