Pintu Blog
/
Investasi 101
/
7 Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency Menurut CEO Ternama Dunia

7 Kelebihan dan Kekurangan Cryptocurrency Menurut CEO Ternama Dunia

July 2, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Reading Time: 3 minutes

Di era ini, kehadiran cryptocurrency mulai semakin menarik minat masyarakat. Namun sebagian orang masih ragu untuk berinvestasi di dalamnya. Bagi kamu yang masih bimbang dalam memutuskan apakah akan berinvestasi di kripto atau tidak, simak beberapa kelebihan dan kekurangan cryptocurrency berikut ini!

Kelebihan Cryptocurrency

keuntungan cryptocurrency

Berikut adalah beberapa kelebihan cryptocurrency sebagai aset investasi dan trading:

Potensi Investasi yang Bagus

Pengacara Len Garza dari Garza Business and Estate Law berpendapat bahwa investasi cryptocurrency seperti bitcoin berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar di masa depan. Hal senada juga diungkapkan oleh Drew Hamilton, CEO Rubix.io. Ia percaya bahwa bahwa cryptocurrency masih akan terus bertumbuh ke depannya.

Cryptocurrency telah berhasil menghantarkan sejumlah investornya menuju jajaran miliarder dunia. Hal ini cukup menjadi bukti bahwa keuntungan investasi cryptocurrency tidak dapat diremehkan. Dalam wawancara bersama Times of London, CEO Twitter dan Square, Jack Dorsey, mengklaim bahwa cryptocurrency seperti bitcoin memiliki potensi untuk menjadi mata uang dunia di tahun 2030 nanti.

Baca juga : Cara Trading Bitcoin di Android dan iPhone

Kemudahan Akses dan Transaksi

Cryptocurrency menggunakan sistem terdesentralisasi sehingga mampu menghilangkan titik lemah sistem perbankan dengan menyediakan akses langsung ke konsumen tanpa perantara pihak ketiga.

Dan Schulman, CEO Paypal menyatakan bahwa mereka akan menyediakan sarana agar cryptocurrency dapat diakses dengan mudah sebagai alat pembayaran pada sistem PayPal.

Transparansi Data

Seluruh aktivitas transaksi cryptocurrency tercatat dalam ledger terbuka (blockchain), sehingga data tersebut dapat dilihat oleh publik kapan saja. Selain itu, data yang ditambahkan ke dalam blockchain juga tidak dapat diubah sembarangan sehingga relatif aman.

Claire Lovell, Direktur Asosiasi Manajemen Produk di Gemini, menuturkan hal yang senada kepada Forbes bahwa keuntungan cryptocurrency yang utama adalah mampu memberi konsumen pilihan, kemandirian dan peluang lebih besar dalam akses keuangan karena sifatnya open-source.

Transaksi 24 Jam

Salah satu kelebihan dari aktivitas dan transaksi cryptocurrency adalah dapat dilakukan kapan saja selama 24 jam, berbeda dengan bursa saham yang hanya bisa dilakukan pada jam-jam tertentu.

Pseudonimitas Cryptocurrency

Pseudonimitas merupakan keuntungan trading cryptocurrency yang dipandang baik oleh penyuka privasi online dan cenderung berhati-hati dalam memberikan data digital. Kemungkinan pencurian identitas atau kebocoran informasi pribadi tergolong kecil karena hanya alamat dompet kamu saja yang akan diketahui.

Kelemahan Cryptocurrency

kelemahan cryptocurrency

Di balik potensi keuntungan investasi cryptocurrency yang besar, ada beberapa kelemahan cryptocurrency yang harus diperhatikan investor, antara lain:

Volatilitas Nilai

Jika bicara mengenai kripto, tentu tidak bisa terlepas dari volatilitasnya yang cukup besar. Bitcoin misalnya. Selama paruh pertama tahun 2021, nilai bitcoin mengalami pergerakan yang sangat dinamis. Memulai awal tahun dengan nilai sekitar Rp412 juta, bitcoin mencapai puncaknya di angka Rp939 juta pada April 2021 dan berada di kisaran Rp480 juta per 1 Juli lalu.

Rentan Penipuan

Jenis aset kripto sangatlah beragam, namun tidak semuanya aman untuk diperdagangkan. Di Turki, investor kripto kehilangan sekitar Rp29 triliun uangnya karena salah memilih pedagang aset kripto.

Sebagai bentuk tanggapan dan pencegahan atas permasalahan keamanan yang terjadi di perdagangan aset kripto, Kementerian Perdagangan Indonesia melalui BAPPEBTI telah memberikan kepastian hukum mengenai peraturan perdagangan aset kripto yang tercantum dalam Peraturan Bappebti No. 5 tahun 2019 dan No. 7 tahun 2020. Regulasi lainnya pun masih terus dikembangkan untuk menciptakan iklim investasi kripto yang lebih aman bagi masyarakat.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan cryptocurrency diatas, penilaian dan keputusan tetap berada di tangan individu. Oleh karenanya, diperlukan pengetahuan, pemahaman dan kebijaksanaan dalam menimbang dan memutuskan eksposur cryptocurrency dalam portofolio investasi kamu. Simak terus artikel-artikel terbaru dari Pintu untuk memperoleh informasi dan pengetahuan baru mengenai investasi dan trading aset kripto.

Aplikasi jual beli cryptocurrency terbaik

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan cryptocurrency, kini kamu bisa coba membeli aset kripto pertama kamu di Pintu, aplikasi jual beli cryptocurrency yang telah terdaftar resmi di BAPPEBTI. Dimulai dari Rp22.000 saja lho!

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset kripto menjadi tanggung jawab pembaca.

Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.