Speech Recognition: Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya dalam AI

Updated
February 27, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Speech Recognition: Fungsi, Cara Kerja, dan Jenisnya dalam AI
Reading Time: 3 minutes

Di zaman yang sudah semakin moder ini, speech recognition adalah salah satu teknologi yang banyak dimanfaatkan. Banyak orang yang menggunakan teknologi pengenalan suara ini untuk memudahkan aktivitasnya. Sebenarnya apa itu speech recognition, bagaimana cara kerjanya, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari? Semuanya akan diulas secara lengkap dalam artikel berikut ini!

Apa itu Speech Recognition?

apa itu speech recognition

Speech recognition adalah kemampuan yang dimiliki oleh mesin untuk mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan dengan keras, kemudian mengubahnya menjadi teks yang dapat dibaca. Speech recognition menggunakan banyak penelitian di bidang ilmu komputer, lingustik, dan teknik komputer. Teknologi ini juga dikenal sebagai automated speech recognition (ASR) dan speech to text (STT).

Saat ini, teknologi speech recognition sudah sangat canggih sehingga mesin dapat memahami berbagai bahasa, dialek, aksen, bahkan nada bicara.

Baca juga: Apa itu Transfer Learning dalam AI?

Fungsi Speech Recognition

Speech recognition menjadi teknologi yang dimanfaatkan oleh banyak pihak di seluruh dunia, baik itu perusahaan maupun orang pribadi. Ini karena speech recognition memiliki banyak fungsi dan manfaat. Beberapa fungsi speech recognition adalah sebagai berikut:

Mempercepat komunikasi

Konversi dari suara menjadi teks tentu lebih cepat daripada harus mengetik setiap huruf satu per satu. Kemudahan dalam berkomunikasi ini biasa dirasakan dalam hubungan antar manusia atau komunikasi dengan mesin. Contohnya ketika Anda ingin mengirim pesan, tinggal suarakan saja apa yang ingin Anda katakan dan smartphone Anda yang akan mengubahnya menjadi teks.

Memungkinkan multitasking

Menyelesaikan tugas hanya lewat suara tanpa perlu menggunakan tangan memungkinkan seseorang untuk melakukan beberapa hal sekaligus alias multitasking. Misalnya dengan menggunakan speech recognition untuk pencarian di internet yang bisa diakukan kapan saja atau menggunakan fitur tersebut untuk membacakan teks atau tulisan ketika kamu berada di perjalanan. 

Pertolongan untuk tuna netra dan tuna rungu

Speech recognition sangat penting untuk orang-orang yang menderita tuna netra dan tuna rungu. Mereka akan lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain serta melakukan berbagai pekerjaan dengan dibantu oleh teknologi ini.

Cara Kerja Speech Recognition

Ketika kamu menggunakan fitur speech recognition, kamu mungkin merasa bahwa fitur tersebut sangat mudah untuk digunakan karena mampu bekerja dengan cepat. Padahal, proses dibaliknya sendiri cukup rumit dan panjang.

Speech recognition adalah sistem yang menggabungkan linguistik, matematika, deep learning, dan statistik untuk bisa memproses bahasa lisan. Perangkat lunak yang ada pada gadget menggunakan model statistik atau jaringan saraf untuk mengubah masukan suara menjadi kata sebagai hasilnya. Peran natural language processing (NLP) dalam hal ini sangat besar karena diterapkan untuk mengembalikan teks yang relevan kepada perintah yang diberikan.

Ini dia langkah-langkah mesin komputer untuk menginterpretasikan ucapan manusia:

  1. Mikrofon pada alat menerjemahkan getara suara menjadi sinyal kistrik.
  2. Komputer mendigitalisasi sinyal yang diterima.
  3. Perangkat lunak speech recognition menganalisa sinyak digital untuk mengidentifikasi suara dan membedakan fonem.
  4. Algoritam mencocokan sinyal dengan teks yang sesuai yang mewakili suara.

Proses ini akan lebih rumit jika ada latar belakang yang bising, pembicaraan silang, bahasa gaul, dan faktor lainnya.

Jenis-Jenis Speech Recognition

jenis-jenis speech recognition dalam ai

Ada dua jenis speech recognition yaitu speaker-dependent dan speaker-independent. Speaker-dependent biasanya digunakan untuk perangkat lunak dikte, sementara speaker-independent banyak ditemukan di smartphone.

Baca juga: Apa itu Reinforcement Learning dalam AI?

Contoh Penerapan Speech Recognition

Penggunaan speech recognition mencakup aneka ragam ranah hidup manusia. Berikut ini adalah contoh penerapannya dalam tiga aspek yaitu pendidikan, teknologi, customer service, dan kesehatan.

  • Pendidikan: Para murid dapat memilih metode belajar yang mereka inginkan, serta terbantu dalam menyelesaikan tugas akademik. Kemudahan dalam mengubah bahasa lisan menjadi tulisan sangat memudahkan mereka.
  • Teknologi: Hampir semua perusahana teknologi raksasa dunia menggunakan speech recognition untuk produk mereka, sebut saja Google, Apple, Amazon, dan Microsoft.
  • Customer service: Adanya asisten virtual yang mampu mengenali suara pelanggan kemudian memproses ucapan mereka dan mengidentifikasi maksudnya.
  • Kesehatan: Dokter dan perawat menggunakan speech recognition untuk mencatat kondisi dan diagnosa pasien dengan cepat.

Speech recognition adalah teknologi yang membawa banyak manfaat bagi manusia. Melalui speech recognition, manusia dapat berkomunikasi dengan mesin hanya melalui suara saja. Meskipun dibalik itu ada suatu sistem dan proses yang kompleks, teknologi ini mampu berjalan sangat cepat hingga membuat manusia merasa nyaman menggunakannya.

Itu dia penjelasan lengkap tentang apa itu speech recognition, fungsi hingga cara kerjanya. Semoga informasi ini bermanfaat! Temukan informasi lainnya seputar artificial intelligence (AI), teknologi hingga finansial di Pintu Blog. Kamu juga bisa belajar crypto, salah satu aset yang tengah menarik perhatian di Pintu Academy. 

Referensi: 

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->