Apa Itu Red Ocean Strategy dan Contohnya?

Updated
January 4, 2023
‚ÄĘ Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa Itu Red Ocean Strategy dan Contohnya?
Reading Time: 3 minutes

Sebelumnya, Pintu telah membahas tentang strategi Blue Ocean Strategy yang telah banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan ternama di dunia. Kali ini, akan dibahas mengenai strategi lain yang dikenal sebagai Red Ocean Strategy. Apa perbedaan di antara kedua jenis strategi tersebut? Simak selengkapnya berikut ini!

Pengertian Red Ocean Strategy

cara melakukan red ocean strategy

Red Ocean Strategy adalah strategi dan taktik yang digunakan dalam bisnis di pasar yang terdiri dari banyak kompetitor. Calon pembelinya banyak, namun pelaku bisnisnya juga banyak. Jadi perusahaan harus menemukan cara agar pembeli melirik produk atau layanan mereka. Terdapat banyak persaingan ‚Äúkejam‚ÄĚ di dalamnya, sehingga mengubah lautan menjadi merah darah. Oleh karena itulah disebut ‚Äėred‚Äô.¬†

Dasar Red Ocean Strategy

Dasar Red Ocean Strategy adalah pasar yang sudah terbentuk dengan pelaku bisnis dan pembeli yang banyak. Untuk bisa bersaing dengan kompetitor lainnya, maka harus dibuat strategi tertentu agar bisnismu tidak terlupakan di tengah persaingan

Baca juga: 15 Bisnis Online Terbaru yang Menarik Buat Kamu Coba!

Cara Melakukan Red Ocean Strategy

Berikut ini adalah 5 framework utama Red Ocean Strategy:

  • Compete: berkompetisi di pasar yang sudah ada.
  • Beat: kalahkan para kompetitor di pasar.
  • Exploit: eksploitasi atau cari tahu apa minat pasar.
  • Value-cost: tawarkan produk atau layanan yang nilainya akan diminati pasar. Namun, bagaimanapun juga perusahaan harus bisa menghasilkan untung.
  • Align the system: Analisis sistem yang sudah berjalan di pasar dan sesuaikan dengan pilihan strategi yang akan digunakan.¬†

3 Contoh Implementasi Red Ocean Strategy di Indonesia

Berikut ini contoh penerapan Red Ocean Strategy di Indonesia:

  1. Indofood: merupakan perusahaan dan merek consumer goods populer di Indonesia. Tapi sektor ini tentu banyak pesaingnya. Misalnya dari mi instan saja, pesaingnya ada Wings, dan masih banyak lagi. Karena itu, Indofood perlu menggunakan tepung terbaik untuk membuat mie instannya. Caranya adalah dengan mengakuisisi produsen tepung populer, Bogasari.
  2. Shopee Food: merupakan layanan pengantar makanan. Di tengah industri online yang marak, Shopee Food memiliki beberapa pesaing besar. Karena itu, Shopee Food berusaha berkompetisi dengan membuat diskon besar-besaran. Mulai dari harga makanan dan ongkos kirim.
  3. Air Asia: pasar makin tertarik dengan tiket penerbangan yang terjangkau. Oleh karena itu, beberapa hal harus dikurangi. Air Asia memperhatikan bahwa untuk perjalanan jarak dekat, tidak diperlukan in-flight meal. Maka dari sini, biaya bisa dipotong.

Perbedaan Blue Ocean Strategy dan Red Ocean Strategy

perbedaan blue ocean vs red ocean strategy

Perbedaan yang jelas dari Blue Ocean Strategy dan Red Ocean Strategy adalah dari pasar dan jenis bisnisnya. Blue Ocean bisnisnya belum pernah ada sebelumnya, jadi saat bisnis atau produk dirilis, perusahaan tidak akan memiliki pesaing. Biasanya perusahaan yang menggunakan strategi ini akan menjadi trendsetter.

Sedangkan Red Oceans Strategy bermain di pasar yang sudah ada, dengan pesaing yang sudah ramai. Jadi perusahaan akan berkompetisi untuk memproduksi produk atau layanan yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing. Strategi ini cenderung mengikuti tren yang sudah ada di pasar. 

Perbedaan Blue Ocean Strategy dan Red Ocean Strategy bisa kamu simak selengkapnya berikut ini!

AspekBlue Ocean StrategyRed Ocean Strategy
KompetisiTidak adaTinggi
Target PasarBenar-benar baruLama
InovasiTinggi, trendsetterMinimal, mengikuti tren

Itu dia penjelasan lengkap tentang Red Ocean Strategy dan contohnya. Bagaimana? Apakah strategi ini cocok untuk bisnis kamu? Selain berbisnis, salah satu aktivitas lain yang bisa kamu gunakan untuk memperoleh passive income adalah berinvestasi. 

Namun, penting bagi kamu untuk mempelajari dengan baik instrumen investasi yang kamu pilih. Buat kamu yang ingin belajar tentang investasi, simak 5 prinsip dasar investasi ini. Buat kamu yang ingin belajar crypto yang kini tengah populer, kunjungi Pintu Academy!  

Referensi: 

Topik
#bisnis
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->