10 Mata Uang Terendah di Dunia, Ada Indonesia?

Updated
September 23, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 10 Mata Uang Terendah di Dunia, Ada Indonesia?
Reading Time: 4 minutes

Setiap negara memiliki mata uang masing-masing, yang mana nilainya bisa tinggi maupun rendah sesuai dengan inflasi mata uang tersebut pada dolar Amerika. Hal ini karena Amerika masih menjadi penguasa perekonomian dunia. 

Jadi tidak heran jika nilai sebuah mata uang seluruh dunia masih tergantung pada nilai tukarnya pada dolar Amerika. Saat ini setidaknya ada 10 negara yang memiliki nilai mata uang terendah di dunia. Bahkan, Indonesia menjadi salah satunya. Adapun 10 daftar mata uang terendah di dunia adalah:

Daftar Mata Uang Terendah di Dunia

Sepuluh negara yang menduduki peringkat mata uang terendah di dunia adalah:

1. Negara Venezuela

Urutan mata uang terendah di dunia yang pertama diduduki oleh VES (Venezuelan Sovereign Bolivar). Mata uang ini merupakan mata uang negara Venezuela, yang mana nilai tukar 1 USD sama dengan 1.035.333 VES (per Agustus 2021).

Penurunan nilai mata uang negara Venezuela terjadi semenjak adanya inflasi dan ditambah buruk karena dampak pandemi Covid-19. Bahkan pada tahun 2020 lalu, mata uang negara Venezuela dinobatkan sebagai mata uang terendah di dunia.

2. Negara Iran

Mata uang dari Negara Iran adalah Iranian Rial atau IRR. Saat ini mata uang IRR menjadi salah satu mata uang terendah di dunia. Yang mana nilai tukarnya pada dolar Amerika adalah 1 USD sama dengan 42.105 IRR (per Agustus 2021). Setelah revolusi Islam pada tahun 1979, devaluasi mata uang terjadi di negara Iran. Ada banyak sekali bisnis yang gulung tikar dan ditarik karena situasi negara yang tidak kondusif. 

Kemudian keadaan ini diperburuk karena adanya perang Iran-Irak. Bahkan Iran mendapat sanksi ekonomi karena terbukti memiliki program nuklir negara. Lalu pada Bulan Mei 2020, Iran mengalami inflasi mata uang mencapai 600%. Yang mana hal ini menyebabkan negara Iran menjadi negara dengan mata uang terendah di dunia nomor dua.

3. Negara Vietnam

Vietnamese Dong atau yang disingkat menjadi VND, adalah mata uang negara Vietnam. Saat ini, nilai tukar mata uang VND terhadap dolar adalah 1 US sama dengan 23.089 VND (per Agustus 2021). Nilai tukar yang sangat rendah jika dibandingkan dengan negara lainnya.

Penyebab utama dari menurunnya nilai mata uang Vietnam karena negara ini masih berjuang untuk merubah sistem ekonomi tersentralisasi menjadi ekonomi pasar. Sehingga sistem ekonomi negara masih belum stabil dan berdampak pada nilai tukar mata uang.

4. Negara Indonesia

Siapa yang menyangka jika Indonesia masuk ke dalam jajaran negara dengan mata uang terendah di dunia? Negara dengan sumber daya alam melimpah ini ternyata berada di urutan keempat setelah Vietnam. Mata uang negara Indonesia adalah Rupiah atau IDR, dan nilai tukarnya pada 1 USD adalah 14.382 IDR (per Agustus 2021).

Meski perekonomian di Indonesia cukup stabil namun angka ekspor impornya tidak sebanding. Dimana kegiatan ekspor barang lebih rendah daripada impor barangnya. Hal inilah yang kemudian menjadikan mata uang negara Indonesia menjadi turun nilainya.

5. Negara Uzbekistan

Mata uang negara Uzbekistan adalah Uzbek Sum (UZS), dengan nilai tukar 1 USD sama dengan 10.460 UZS (per Agustus 2021). Nilai tukar mata uang yang rendah terhadap dolar ini membuat negara Uzbekistan masuk ke dalam kelompok negara dengan mata uang terendah di dunia.

Keadaan perekonomian Uzbekistan yang masih berkembang menjadi salah satu pemicunya. Perekonomian negara Uzbekistan berada di tahap transisi atau perubahan ke ekonomi pasar yang menggunakan kebijakan perdagangan luar negeri dengan substitusi impor.

6. Negara Guinea

Negara Guinea termasuk ke dalam negara dengan mata uang terendah di dunia. Guinean Franc (GNF) yang menjadi mata uang negara ini hanya bernilai 10.283 GNF per 1 US (per Agustus 2021). Padahal negara Guinea mempunyai cadangan emas dan berlian yang melimpah.

Namun sayangnya kemiskinan di negara ini masih banyak sekali dan di tambah dengan inflasi mata uang yang tinggi membuat nilai GNF jatuh. Penyebab kemiskinan dari negara yang kaya SDA ini adalah adanya para gangster yang semena-mena pada rakyat Guinea yang lain.

7. Negara Sierra Leone

Mata uang terendah di dunia selanjutnya dimiliki oleh SLL (Sierra Leonean Leone) yang merupakan mata uang dari negara Sierra Leone. Negara ini terletak di Afrika dan menjadi salah satu negara paling miskin saat ini. Banyaknya wabah virus seperti Ebola hingga sering terjadinya perang membuat nilai mata uang Sierra Leone menjadi terjun bebas.

8. Negara Laos

Sulit dipercaya jika mata uang negara Laos kini menjadi salah satu mata uang terendah di dunia. Padahal pada tahun 1952, LAK (Lao or Laotian Kip) pernah menguat nilainya dan hampir menyamai nilai mata uang dolar Amerika. Namun kini nilai mata uang LAK terus menurun, yang mana 1 US hanya setara 9.322 LAK (per Agustus 2021).

9. Negara Paraguay

Menjadi salah satu negara termiskin di Amerika Selatan, tidak heran jika mata uang negara Paraguay masuk ke kategori mata uang terendah di dunia. Paraguayan Guarani (PYG) dinilai sebesar 6.874 PYG untuk 1 dolar Amerika (per Agustus 2021). Banyaknya korupsi dan rendahnya tingkat pendidikan menjadi penyebab utama kemerosotan ekonomi negara Paraguay.

10. Negara Kamboja

Mata uang dari negara Kamboja adalah KHR (Cambodian Riel) Saat ini, nilai tukarnya pada 1 USD adalah 4.055 KHR (per Agustus 2021). Nilai mata uang juga semakin mengalami penurunan karena masyarakat lokal lebih suka menggunakan dolar Amerika sebagai alat pembayaran daripada KHR. Akibatnya, inflasi mata uang Kamboja semakin tinggi terhadap dolar Amerika.

Cara Menaikkan Nilai Mata Uang Rupiah

Dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan, terdapat beberapa cara untuk menaikkan nilai mata uang rupiah. Beberapa diantaranya adalah dengan membeli produk dalam negeri dan berinvestasi pada instrumen investasi dalam negeri. 

Crypto adalah salah satu investasi yang banyak menarik masyarakat Indonesia saat ini. Per Mei 2021 lalu, jumlah investor aset crypto Indonesia telah mencapai 6,5 juta orang, lebih tinggi dibandingkan investor pasar modal. 

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi atau trading crypto, dapat mencoba melakukan jual beli bitcoin sebagai salah satu pilihan aset crypto di Pintu. Pintu sendiri merupakan aplikasi jual beli aset crypto terpercaya dengan berbagai pilihan aset crypto yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Aplikasi ini juga menyediakan update harga crypto hari ini yang bisa kamu cek secara real-time. Tunggu apalagi? Segera berinvestasi dan trading bersama Pintu sekarang!

Referensi:

Advika Reddy, 10 Weakest Currencies | Cheapest Currency In The World. Diakses tanggal: 20-09-2021.

Fxxsi, TOP 10 – The Lowest World Currencies in 2021. Diakses tanggal: 20-09-2021.

John Muller, Top 15 Lowest Currency In The World in 2021. Diakses tanggal: 20-09-2021.

OJKAyo Bantu Pemerintah Menguatkan Nilai Tukar Rupiah.  Diakses tanggal: 20-09-2021.

Wildana Husada
Author
Wildana Husada
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.