Bagaimana Pengaruh Suku Bunga Terhadap Investasi?

Updated
May 20, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Bagaimana Pengaruh Suku Bunga Terhadap Investasi?
Reading Time: 3 minutes

Suku bunga acuan adalah salah satu faktor penting yang bisa mempengaruhi performa dari aset investasi pada portofolio kamu. Simak selengkapnya mengenai apa itu suku bunga acuan dan pengaruh suku bunga terhadap investasi kamu dalam artikel berikut ini!

Baca juga: Apa Perbedaan Bunga Majemuk dan Bunga Tunggal?

Apa itu Suku Bunga Acuan?

apa itu suku bunga acuan

Suku bunga adalah jumlah yang ditagihkan dari sejumlah dana pokok yang diberikan oleh pemberi pinjaman terhadap peminjam. Selain itu, suku bunga acuan juga dapat diartikan sebagai besaran dana yang didapatkan oleh bank atau badan kredit tertentu dari akun deposit.

Sementara itu, suku bunga acuan adalah suku bunga yang ditetapkan oleh badan otoritas tertentu yang nantinya akan menjadi referensi dari suku bunga kredit yang digunakan publik.

Dalam hal ini, terdapat dua jenis suku bunga, yaitu suku bunga acuan BI dan suku bunga acuan The Fed.

Suku Bunga Acuan BI

BI Rate atau suku bunga acuan BI adalah suku bunga acuan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia kepada publik dan mencerminkan sikap atau posisi kebijakan moneter dari Bank Indonesia. Suku bunga acuan Bank Indonesia ini akan diumumkan oleh Dewan Gubernur Bank Indonesia di setiap Rapat Dewan Gubernur Bulanan.

Berdasarkan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang diadakan pada 18-19 April 2022, suku bunga acuan BI 2022 adalah sebesar 3,5%. Nilai ini tetap dipertahankan dan tidak mengalami perubahan dari sejak Februari 2021 lalu.

Suku Bunga Acuan The Fed

Di Indonesia terdapat suku bunga acuan BI. Semenetara di US terdapat suku bunga acuan The Fed. Apa itu suku bunga acuan The Fed? Suku bunga acuan The Fed adalah suku bunga acuan yang dikeluarkan oleh bank sentral Amerika Serikat, The Fed. Perubahan pada suku bunga The Fed biasanya akan turut mempengaruhi suku bunga acuan BI.

Suku bunga acuan The Fed 2022 adalah sebesar 0,75-1%, yang mana didapatkan berdasarkan keputusan pertemuan FOMC pada 4 Mei 2022 lalu.

Baca juga: 5 Faktor yang Mempengaruhi Suku Bunga, Sudah Tau?

Bagaimana Pengaruh Suku Bunga Terhadap Investasi?

investasi ketika suku bunga naik dan turun

Dalam berinvestasi, memahami hubungan suku bunga dengan investasi bisa membantu kamu memahami bagaimana perubahan suku bunga bisa memengaruhi investasi kamu, sehingga kamu bisa mempersiapkan strategimu berikutnya secara tepat.

Tingkat bunga yang memengaruhi pasar aset investasi adalah tingkat bunga yang dikenakan oleh lembaga penyimpanan, seperti bank, pinjam-meminjam dan perkreditan. Tingkat bunga ini sangat memengaruhi tingkat persentase tahunan kartu kredit, dan bisnis lainnya.

Investasi Ketika Suku Bunga Naik

Hubungan suku bunga dengan investasi saham adalah berbanding terbalik. Dalam hal ini, jika suku bunga naik, investasi akan cenderung menjadi lesu. Alasannya adalah karena ketika lembaga keuangan menaikkan suku bunga, maka akan berpengaruh pada hampir semua biaya pinjaman perusahaan dan konsumen dalam suatu perekonomian.

Ketika tingkat bunga untuk kartu kredit dan hipotek meningkat, maka jumlah uang yang bisa dibelanjakan oleh konsumen akan berkurang. Oleh karena konsumen masih harus membayar tagihan mereka, maka dapat mengakibatkan pendapatan rumah tangga menjadi lebih sedikit.

Ketika hal itu terjadi, maka konsumen hanya memiliki sedikit uang untuk anggaran lainnya, sehingga keuntungan bisnis pun menurun dan akan membebani pendapatan juga harga aset investasi, terutama saham.

Investasi Ketika Suku Bunga Turun

Sementara itu apabila suku bunga menurun, maka yang terjadi adalah sebaliknya. Semakin rendah tingkat suku bunga, permintaan investasi akan semakin tinggi. Ketika ekonomi melambat, lembaga keuangan akan memangkas suku bunga untuk merangsang aktivitas keuangan.

Investor dan ekonom sama-sama memandang bahwa suku bunga yang rendah sebagai manfaat bagi pinjaman pribadi dan perusahaan yang membuat keuntungan lebih besar dan ekonomi yang lebih kuat.

Dengan suku bunga yang lebih rendah, konsumen akan lebih banyak membelanjakan uang mereka. Binsis akan menikmati kemampuan mereka dalam membiayai biaya operasi, akuisisi, dan ekspansi pada tingkat yang lebih murah, sehingga meningkatkan potensi pendapatan mereka di masa depan yang pada akhirnya menyebabkan harga aset investasi, terutama saham meningkat.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai apa itu suku bunga acuan dan bagaimana pengaruh suku bunga terhadap investasi. Cukup mudah dipahami, bukan?

Semoga informasi tersebut bermanfaat, ya!

Bicara soal investasi, baru-baru ini minat masyarakat terhadap investasi crypto semakin meningkat drastis. Sebut saja per Desember 2021 lalu, jumlah investor crypto bahkan telah mencapai 11 juta orang dan melampaui investor pasar modal.

Untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto namun tidak tau harus mulai dari mana, download Pintu sekarang!

Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappepti, di mana kamu bisa berinvestasi crypto mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Bank Indonesia, Suku Bunga Indonesia. Diakses tanggal 18 Mei 2022.

Bank Indonesia, Reverse Repo Rate Tetap 3,5%. Diakses tanggal 18 Mei 2022.

Investopedia. How Interest Rates Affect Stock Market. Diakses tanggal 26 Maret 2022.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->