Pengumuman Terkait Token Gala di Pintu

Updated
November 7, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Pengumuman Terkait Token Gala di Pintu
Reading Time: 3 minutes

Hai Teman PINTU.

Kami terus berusaha untuk memberikan layanan yang terbaik kepada Teman PINTU. Terkait kejadian yang menyangkut aset GALA, ada beberapa hal yang dapat kami simpulkan kepada Teman PINTU dari dokumen yang disusun oleh tim pNetwork yang dapat diakses melalui link berikut: https://medium.com/pnetwork/pgala-post-mortem-measures-taken-to-safeguard-the-ecosystem-from-malicious-actors-and-recovery-6407048f4497.

  • pGALA adalah token BEP20/Binance Smart Chain yang aslinya dibacking 1:1 dengan GALA ERC20 di Ethereum.
  • Pada kondisi normal, pGala memiliki rasio 1:1 dengan aset GALA. Fungsi dari versi tokenized ini adalah untuk membuat Token GALA juga tersedia di ekosistem blockchain lainnya, dalam hal ini adalah BNB Chain (BEP-20).
  • Pada tanggal 4 November 2022, tim pNetwork menemukan celah keamanan pada kepemilikan smart contract pGALA. Akibatnya, kepemilikan smart contract pGALA yang ada di jaringan BSC telah diambil alih secara diam-diam oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dapat ditemukan pada transaksi di tanggal 03 November 2022 pada Binance Smart Chain melalui link https://bscscan.com/tx/0x482af8b420cd7e0bdf4f3306c68b7c01e01412ec6ffd338a5bf7e7933e5b5fab.
  • Pihak pNetwork kemudian menghubungi GalaGames untuk menyampaikan celah keamanan yang ditemukan.
  • Terkait insiden tersebut pihak pNetwork dan GalaGames berusaha menghubungi beberapa exchange. Merujuk pada dokumen yang dirilis oleh tim pNetwork, tim pNetwork dan GalaGames menghubungi beberapa exchange diantaranya Binance dan Huobi untuk segera menutup fitur deposit dan penarikan terhadap aset GALA pada jaringan BEP-20. Namun, informasi ini tidak pernah sampai ke PINTU.
  • Pada 04 November 2022, pukul 3:13 (WIB), pihak internal pNetwork menerbitkan 27,814,200,000 pGALA baru tanpa jaminan (uncollateralized) dan menjualnya di Pancakeswap. Hal ini dilakukan untuk memperoleh likuiditas terhadap BNB yang nantinya akan dikembalikan kepada pemilik yang sebenarnya.
  • Di saat bersamaan, aset pGALA baru tanpa jaminan (uncollateralized) yang telah dijual di Pancakeswap tersebut kemudian dibeli dan ditransfer ke berbagai exchange untuk bisa dijual/dibeli dengan harga yang murah, menyebabkan harga pGALA turun secara signifikan. Karena hal tersebut, pGALA yang beredar saat ini sudah tidak memiliki rasio 1:1 dengan GALA.

Berdasarkan informasi tersebut, berikut adalah langkah – langkah yang sudah dan akan diambil oleh Tim PINTU:

  • Tim PINTU telah melakukan penutupan fitur jual/beli, deposit, dan kirim/terima aset GALA sejak Jumat, 4 November 2022. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena didapati bahwa aset pGala baru tanpa jaminan (uncollateralized) telah masuk ke PINTU dengan jumlah yang besar.
  • Tim PINTU terus melakukan investigasi dan berkoordinasi dengan tim terkait untuk menangani hal ini agar dapat diselesaikan secepatnya.

Kami mohon maaf atas ketidaknyaman ini, atas pengertian teman Pintu kami ucapkan terima kasih.

Salam,

Tim Pintu


Dear our valued customers,

We always try to provide you the best service. Regarding the incident involving GALA asset, there are several things that we can conclude from the post-mortem document prepared by the pNetwork team which can be accessed via the following link: https://medium.com/pnetwork/pgala-post-mortem-measures-taken-to-safeguard-the-ecosystem-from-malicious-actors-and-recovery-6407048f4497.

  • pGala is a BEP-20/Binance Smart Chain token which is backed 1:1 by GALA ERC-20 that runs on the Ethereum network.
  • Under normal conditions, pGala has a 1:1 ratio with GALA. The function of this tokenized version is to make GALA also available on other blockchain ecosystems, in this case the BNB Chain (BEP-20).
  • On November 4, 2022, the pNetwork team discovered a security breach in the ownership of pGALA smart contracts. As a result, the ownership of pGALA smart contracts on the BEP-20 network has been secretly taken over by irresponsible parties. This transaction was done on the Binance Smart Chain on November 3, 2022 and can be seen through this link: https://bscscan.com/tx/0x482af8b420cd7e0bdf4f3306c68b7c01e01412ec6ffd338a5bf7e7933e5b5fab.
  • pNetwork then contacted GalaGames to convey the security holes found.
  • Regarding the incident, pNetwork and GalaGames tried to contact several exchanges. Referring to the post-mortem documents released by the pNetwork team, the pNetwork team and GalaGames contacted several exchanges including Binance and Huobi to immediately disable the deposit and withdrawal features for GALA assets on the BEP-20 network. However, this information was never given to Pintu.
  • On November 4, 2022 at 3:13 (WIB), pNetwork internal party issued 27,814,200,000 new uncollataralized pGALA and sold them on Pancakeswap. This is done to obtain liquidity for BNB which will later be returned to the actual owners.
  • At the same time, the new uncollateralized pGALA assets that have been sold on Pancakeswape are then purchased and transferred to various exchanges to be sold/purchased at low prices, causing pGALA prices to drop significantly. Because of this, the currently circulating pGALA no longer has a 1:1 ratio with GALA.

Based on this information, these are the steps that have been and will be taken by PINTU Team:

  • PINTU team has disabled the sell/buy, deposit, and send/receive features for GALA since Friday, November 4, 2022. This was done to anticipate any unfavorable outcomes because it was found that the new uncollateralized pGala has been received in Pintu in a large number.
  • PINTU team will continue to investigate and coordinate with related teams to resolve the issue as soon as possible.

We apologize for this inconvenience, thank you for your understanding.

Best,

PINTU Team

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->