Apa Itu Stimulus, Peran dan Jenisnya

Updated
May 17, 2023
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa Itu Stimulus, Peran dan Jenisnya
Reading Time: 3 minutes

Apa itu stimulus? Kamu tentu pernah mendengar istilah ini ketika membaca artikel atau berita terkait ekonomi. Secara literal, stimulus berarti rangsangan atau dorongan yang diberikan kepada seseorang atau sesuatu untuk menghasilkan reaksi atau respon yang diharapkan. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap tentang definisi dan jenis-jenis stimulus.

Mengenal Lebih Dekat Tentang Stimulus

Stimulus adalah istilah yang secara umum berarti rangsangan atau dorongan. Tapi, tahukah kamu asal-usul kata stimulus? Istilah ini berasal dari bahasa Inggris yang pertama kali digunakan pada abad pertengahan awal. Di dalam bahasa Indonesia, kata stimulus termasuk dalam kategori kata benda (nomina) dan memiliki beberapa arti lain seperti ajakan, penggerak, dan pendorong.

Dalam konteks ekonomi, istilah stimulus sering digunakan untuk menjelaskan kondisi krisis ekonomi. Krisis ekonomi adalah suatu kondisi di mana perekonomian suatu negara mengalami penurunan yang sangat drastis. Krisis ekonomi bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti bencana, utang negara yang berlebihan, perkembangan ekonomi yang stagnan, atau tingginya laju inflasi.

Saat ini, beberapa negara, termasuk Indonesia, sedang mengalami krisis ekonomi global akibat pandemi COVID-19. Akibat pandemi ini, pemerintah menerapkan berbagai pembatasan, seperti sektor wisata, perjalanan ke luar negeri, dan perdagangan fisik. Oleh karena itu, sektor logistik, perdagangan, dan pariwisata menjadi sektor-sektor yang paling terdampak oleh pandemi ini.

Baca juga: Apa itu Goodwill?

Krisis Ekonomi dan Peran Stimulus

Dalam situasi krisis ekonomi, sektor perdagangan, misalnya, akan mengalami dampak yang signifikan. Para pelaku ekspor dan impor akan mengalami kesulitan dalam memperoleh bahan baku dan barang modal. Jumlah produksi rata-rata akan menurun dan harga barang akan meningkat tajam karena kelangkaan atau keterbatasan barang. Krisis ini berlangsung dalam waktu yang lama dan semakin memburuk.

Seiring dengan penyebaran pandemi yang luas, pemerintah harus mengalokasikan jumlah dana yang besar untuk perawatan, penyediaan obat, dan fasilitas lainnya untuk menekan penyebaran virus. Pemerintah kemudian menerapkan lockdown yang membuat perekonomian semakin memburuk. Oleh karena itu, pemerintah memutuskan untuk memberikan dana stimulus yang dibagi menjadi tiga jenis untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dana stimulus adalah dana darurat yang digunakan oleh pemerintah untuk memulihkan ekonomi nasional. Dana stimulus biasanya berkisar antara miliaran hingga triliunan. Indonesia sendiri telah mengeluarkan lebih dari US$ 8 triliun atau lebih dari 10% dari PDB dunia.

Jenis-jenis Stimulus

jenis-jenis stimulus

Stimulus Ekonomi

Stimulus, dalam konteks ekonomi, adalah pendekatan strategis yang ditempuh pemerintah dengan menerapkan berbagai kebijakan moneter dan fiskal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi demi kesejahteraan rakyat. Saat suatu negara dihadapkan pada bencana besar, wabah, atau kejadian luar biasa lainnya yang berdampak signifikan pada sektor-sektor kehidupan masyarakat, kebijakan ekonomi seperti stimulus diperlukan untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Stimulus ekonomi biasanya dikeluarkan oleh kementerian perekonomian, dengan catatan pemerintah memiliki dana yang cukup. Dalam program stimulus, biasanya akan ada peningkatan pengeluaran dan pemotongan pajak. Sebagai contoh stimulus, pemerintah Indonesia melalui Presiden Jokowi telah memberikan stimulus ekonomi yang meliputi tiga sektor: Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM).

Stimulus Fiskal

Selain stimulus untuk tiga jenis usaha tersebut, pemerintah juga merilis stimulus fiskal. Apa itu stimulus fiskal? Stimulus fiskal adalah kebijakan ekonomi pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi jumlah pajak atau persyaratan keuangan lainnya guna merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Stimulus Non-Fiskal

Untuk mendukung industri manufaktur dan perdagangan nasional di tengah pandemi, pemerintah Indonesia merilis beberapa kebijakan non-fiskal. Tujuannya tidak hanya untuk meningkatkan daya saing, tetapi juga untuk melancarkan kegiatan ekspor.

Stimulus Eksternal

Dalam konteks perekonomian, stimulus eksternal merujuk pada faktor-faktor luar yang mempengaruhi siklus ekonomi suatu negara. Beberapa faktor eksternal, seperti perlambatan pertumbuhan ekonomi di China atau berkurangnya stimulus ekonomi dari Amerika Serikat, dapat berpengaruh signifikan pada perekonomian suatu negara, termasuk Indonesia.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Terbaik Buat Generasi Sandwich

Kesimpulan

Jadi, apa itu stimulus? Dalam konteks ekonomi, stimulus adalah strategi dan kebijakan yang ditempuh pemerintah untuk memulihkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di masa krisis. Dengan menerapkan berbagai jenis stimulus—baik itu stimulus ekonomi, fiskal, non-fiskal, maupun eksternal—pemerintah berusaha menjaga agar perekonomian negara tetap bergerak dan bertumbuh, meski di tengah tantangan ekonomi yang luar biasa.

Berbicara mengenai stimulus, tentu saja kita juga memerlukan stimulus yang bisa datang dari investasi, salah satunya adalah investasi cryptocurrency. Cryptocurrency adalah bentuk mata uang digital yang menggunakan teknologi blockchain untuk memastikan keamanan dan transparansi transaksi. Beberapa contoh populer dari cryptocurrency termasuk Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin.

Melalui Pintu, Anda bisa melakukan transaksi jual beli berbagai jenis cryptocurrency dengan mudah dan aman. Dengan user interface yang ramah pengguna dan layanan pelanggan yang responsif, Pintu berusaha untuk membuat pengalaman berinvestasi cryptocurrency menjadi lebih nyaman dan efisien.

Mau investasi crypto secara mudah mulai dari Rp 11.000 saja? Download aplikasi crypto Pintu dan mulai investasi crypto sekarang!

Dapatkan juga informasi terbaru seputar berita crypto di Pintu News dan perdalam wawasan kamu melalui Pintu Academy untuk mendapatkan materi belajar crypto untuk level pemula hingga level mahir.

Jangan tunda lagi dan segera install aplikasi Pintu melalui App Store atau Play Store.

Referensi:

Investopedia, What Is Economic Stimulus?, diakses tanggal 17 Mei 2023

Bank Rate, What Is Economic Stimulus And How Does It Work?, diakses tanggal 17 Mei 2023

Forbes, What Is Fiscal Stimulus? How Does It Work?, diakses tanggal 17 Mei 2023

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->