Cara Mengatur Keuangan Terbaik Buat Generasi Sandwich

Updated
November 23, 2022
• Waktu baca 5 Menit
Gambar Cara Mengatur Keuangan Terbaik Buat Generasi Sandwich
Reading Time: 5 minutes

Untuk menemukan cara mengatur keuangan terbaik, kamu perlu mempelajari ilmu manajemen keuangan pribadi. Di dalamnya kamu akan mempelajari cara membuat perencanaan keuangan mulai membuat anggaran, melacak pengeluaran, hingga menabung. Hal ini menjadi sangat penting buat kamu yang ingin segera menyelesaikan masalah keuangan sekaligus mencapai tujuan keuanganmu.

Jadi, apa saja cara mengatur keuangan yang diperlukan untuk dapat mengelola keuangan dengan tepat? Baca penjelasan beberapa langkah menuju manajemen keuangan yang sehat berikut ini!

Buat Rencana Jangka Pendek dan Panjang

Beberapa tujuan keuangan jangka pendek membutuhkan skala waktu bulanan untuk bisa tercapai, sedangkan tujuan jangka panjang seperti pensiun butuh waktu dekade. Rencana jangka pendek biasanya terdiri dari beberapa hal, diantaranya adalah membuat anggaran bulanan, melunasi hutang jangka pendek, membangun dana darurat. Sedangkan rencana jangka panjang umumnya terdiri dari perencanaan dana pensiun dan investasi.

membuat daftar check list pada setiap tujuan keuangan yang ingin dicapai adalah langkah awal yang cerdas. Menuliskan rencana keuangan pada selembar kertas akan membantu kamu memvisualisasikan rencana keuangan ke dalam tindakan nyata.

Selalu lakukan tugas yang mudah terlebih dahulu sebelum melakukan hal yang lebih sulit, setelah itu kamu akan takjub dengan perkembangan yang kamu rasakan dalam kehidupan finansialmu. Ingatlah bahwa tujuan utama membangun perencanaan keuangan adalah untuk merasakan ketenangan dalam hidup dan tidak menghabiskan waktu dalam kecemasan.

Sebuah survei yang diadakan pada 2019 mengatakan, 9 dari 10 orang dewasa menyatakan bahwa tidak ada hal yang lebih membuat mereka bahagia dan percaya diri selain mengetahui bahwa rencana keuangannya berjalan dengan baik.

Pastikan Rencana Keuangan yang Dibuat Masuk Akal

Jadilah perencana keuangan pribadimu sendiri dan jangan bergantung pada opini orang lain. Buatlah rencana keuangan yang mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya adalah realistis, dapat dicapai dengan mudah, terukur, dan spesifik. Bagian terpenting dalam menyusun rencana keuangan adalah mengenali diri sendiri.

Jangan membuat ekspektasi berlebih dengan menggunakan standar orang lain. Pastikan tujuan keuangan yang kamu buat sesuai dengan kondisi finansial mu saat ini. Setelah tujuan keuangan saat ini tercapai, kamu selalu bisa membuat tujuan keuangan baru yang lebih tinggi. Namun sebelum melakukan hal itu, penuhi kebutuhan primer terlebih dahulu.

Baca juga: Alternatif Investasi Untuk Sandwich Generation

Lacak Pengeluaran

Langkah ini merupakan tindak lanjut dari pembuatan anggaran. Jika kamu tidak memantau kemana uangmu digunakan, kamu tidak akan pernah menyangka tagihan besar yang menunggumu di akhir bulan.

Kebanyakan orang tidak tahu secara pasti berapa uang yang dihabiskan saat belanja kebutuhan bulanan, pergi makan di restoran, atau pengeluaran lainnya. Melacak pengeluaran yang kamu lakukan akan membuka mata lebar-lebar dan membuatmu sadar betapa pentingnya untuk merubah kebiasaan belanja kompulsif menjadi lebih bijak. Kamu juga tidak akan menyangka berapa pengeluaran yang bisa diminimalisir dengan membuat kopi sendiri di rumah ketimbang membelinya di cafe.

Untuk bisa melacak pengeluaran dengan mudah dan menyenangkan, kamu bisa menggunakan aplikasi pelacak keuangan yang bisa kamu unduh secara gratis.

Lunasi Hutang dan Jauhi Hutang

Hutang adalah beban di pagi hari dan belenggu di malam hari. Tidak ada rasa percaya diri dengan banyaknya hutang dan tidak ada kebebasan di dalamnya. Gunakan sebagian besar pendapatan yang kamu terima untuk segera terbebas dari hutang. Pikiran yang bebas dari hutang akan memudahkan kamu untuk berpikir jernih. Dengan pikiran yang jernih kamu bisa mendapatkan pekerjaan atau bisnis sampingan yang dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan.  Itu sebabnya melunasi hutang secepat mungkin adalah cara mengatur keuangan terbaik.

Gunakan Fitur AutoDebet

Hal yang paling menyita energi adalah membuat keputusan keuangan. Terlalu sering mengambil keputusan keuangan akan menyebabkan kamu mengalami decision fatigue yang mengurangi kemampuan untuk mengambil keputusan dengan tepat. Oleh karena itu gunakan semua hal yang bisa kamu pakai untuk mengotomatisasi pembayaran dan aktivitas menabung bulanan.

Kamu bisa gunakan fitur auto debit yang bisa melakukan pembayaran rutin seperti pembayaran cicilan kredit, asuransi, air, listrik, dan tabungan. Hal ini dapat membantumu menghindari denda akibat telat melakukan pembayaran rutin. Fitur autodebet adalah cara mengatur keuangan terbaik untuk sistem keuangan pribadi yang lebih disiplin.

Manfaatkan Semua Peluang untuk Berhemat

tips menabung untuk sandwich generation

Ada banyak hal yang sebenarnya bisa digunakan untuk berhemat namun jarang terpikirkan oleh banyak orang. Sebagai contoh membeli kebutuhan bulanan dengan harga grosir daripada harga eceran.  Bahkan bisa dibilang, orang yang sudah melakukan strategi keuangan ini memiliki cara mengatur keuangan yang terbaik.

Tahukah kamu membeli 12 botol shampo dapat membantumu mendapatkan potongan harga hingga 20 persen ketimbang membeli secara eceran? Meskipun kamu harus membeli dalam jumlah yang lebih banyak untuk mendapatkan harga grosir, namun setidaknya kamu memiliki persediaan dalam jumlah yang lebih aman. Selain itu, kamu juga bisa menghemat biaya transportasi dan parkir dengan berbelanja secara grosir.

Manfaatkan setiap momen diskon yang diselenggarakan oleh swalayan. Biasanya momen ini berlangsung saat mereka ingin mengurangi stok lama atau sedang melakukan promosi. Beberapa vendor juga akan memberi diskon untuk pelanggan yang menginstall aplikasi atau potongan kupon tertentu. Jadi jangan lewatkan setiap kesempatan berhemat yang kamu temukan.

Baca juga: Apa Itu Masalah Finansial dan Contohnya?

Cara Mengatur Keuangan untuk Generasi Sandwich

Buat kamu generasi milenial yang saat ini memiliki tanggung jawab berlapis, kamu harus tahu cara mengatur keuangan terbaik agar tetap dapat mencapai tujuan finansial sembari memenuhi tanggung jawabmu. Strategi keuangan seperti melakukan penghematan harus diikuti dengan strategi keuangan untuk meningkatkan pendapatan.

Kamu gak perlu khawatir, sebagai generasi milenial kamu memiliki keunggulan tersendiri dibanding generasi sebelumnya yaitu penguasaan teknologi yang lebih baik. Kamu bisa memanfaatkan keunggulan ini untuk menemukan dan mengimplementasikan strategi keuangan yang tepat, berikut ini penjelasannya:

Pekerjaan dan Bisnis Sampingan

Berkat teknologi internet dan keuangan digital yang semakin maju, kamu bisa memanfaatkan perkembangan ini untuk meningkatkan pendapatan. Kamu bisa mencari pekerjaan sampingan seperti kerja online atau mengisi survey online di akhir pekan sebagai pekerjaan tambahan yang tidak mengganggu pekerjaan utama.

Kamu juga bisa memulai bisnis online hanya dengan berbekal koneksi internet saja, misalkan saja dengan melakukan dropshipping atau menjual produk buatanmu di marketplace terkenal. Mulai saja dulu dan tekuni bisnis yang kamu rintis, bisa jadi pendapatan dari bisnis sampinganmu jauh lebih besar daripada pekerjaan utama.

Prinsip 50 30 20

Generasi milenial memiliki kebutuhan pokok yang lebih besar, untuk bisa mengalokasikan dananya dengan tepat mereka harus menerapkan prinsip 50 30 20. Prinsip ini membagi kelompok dana menjadi proporsi 50 persen untuk kebutuhan pokok, 30 persen untuk keinginan pribadi, dan 20 persen untuk investasi.  Jangan menabung apa yang tersisa dari gaji yang kamu dapatkan, tapi habiskan apa yang tersisa dari dana setelah kamu menabung. Prinsip ini mengajari cara mengatur keuangan terbaik buat generasi milenial.

Investasi

Meskipun memiliki tanggung jawab berlapis, generasi milenial adalah generasi yang paling melek investasi. Ada banyak instrumen investasi yang dipilih oleh generasi milenial, mulai dari saham, deposito, hingga cryptocurrency.

Bahkan untuk investor pemula sekali pun kini bisa mulai investasi melalui smartphone saja. Contohnya dengan mendownload aplikasi Pintu untuk investasi cryptocurrency. Tampilannya yang sederhana sangat mudah digunakan bahkan untuk investor pemula sekalipun.

Modal awal yang dibutuhkan juga sangat terjangkau, karena kamu bisa mulai investasi ke berbagai aset kripto unggulan seperti Cardano, Polkadot, Ethereum, Bitcoin hanya dengan Rp11.000. jangan khawatir dengan pengetahuanmu mengenai cryptocurrency saat ini, karena kamu bisa belajar semua tentang cryptocurrency melalui Pintu Academy. Kamu juga bisa mendapatkan pendapatan pasif dengan memanfaatkan PTU Staking dan Pintu Earn. Menarik bukan? Download aplikasi Pintu sekarang juga!

Referensi:

Carla Fried, Personal Finance 101: The complete guide to managing your money, diakses tanggal 1 November 2022

Capital One, 7 Money Management Tips, diakses tanggal 1 November 2022

Nomoredebts.org, Manage Money Better, diakses tanggal 1 November 2022

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->