Ikuti Tutorial Pintu Web3 Mission Ini, dan Menangkan Total Hadiah Rp8 Juta!

Updated
March 15, 2024
• Waktu baca 5 Menit
Gambar Ikuti Tutorial Pintu Web3 Mission Ini, dan Menangkan Total Hadiah Rp8 Juta!
Reading Time: 5 minutes

Dalam rangka peluncuran Pintu Web3 wallet, Pintu mengadakan program Pintu Web3 Mission, di mana seluruh pengguna Pintu Web3 Wallet berkesempatan untuk memenangkan total hadiah senilai Rp8 juta.

Seperti yang tertera di Syarat dan Ketentuan Pintu Web3 Mission, terdapat beberapa misi yang perlu dipenuhi oleh peserta untuk mendapatkan poin. Semakin banyak misi yang dipenuhi, dan semakin sering kamu melakukan transaksi yang ada di daftar misi ini, maka semakin besar kesempatan kamu untuk menang.

Bagi kamu yang baru mulai menggunakan Web3 Wallet, tidak perlu khawatir. Pada artikel ini, kami akan memandumu untuk memenuhi misi-misi tersebut, sehingga kamu semakin berpeluang untuk mendapatkan hadiah.

Daftar Misi dan Poin yang Bisa Didapatkan

Berikut adalah daftar misi dan poin yang bisa didapatkan, sesuai yang tertera di Syarat dan Ketentuan Pintu Web3 Mission.

NoMissionPoint
1Deposit aset dari Pintu Exchange ke Pintu Web3 Wallet+10
2Deposit aset dari wallet di luar Pintu ke Pintu Web3 Wallet+5
3Menerima NFT dari wallet di luar Pintu ke Pintu Web3 Wallet+5
4Masuk dan sign ke dApp apapun+5
5Melakukan Swap pada dApp https://app.uniswap.org/swap atau https://pancakeswap.finance/swap+50
6Melakukan Staking dengan durasi berapapun pada dApps https://pancakeswap.finance/simple-staking (Cake Staking atau Simple Staking)+150
7Melakukan Farming / Add Liquidity Pool dengan pair aset apapun pada dApp https://pancakeswap.finance/farms atau https://www.sushi.com/pool+300
8Melakukan Lending Supply/Borrow pada dApps https://app.aave.com/ atau https://venus.io/+200

FAQ dan Tutorial Misi

Berikut ini adalah FAQ mengenai cara menggunakan Pintu Web3 Wallet yang dapat memandumu dalam melakukan misi ke-1 hingga ke-4 seperti yang tertera di tabel atas:

  1. Bagaimana cara deposit aset crypto ke Pintu Web3 Wallet dari akun Pintu?
  2. Bagaimana cara kirim aset crypto dari wallet lain ke Pintu Web3 Wallet?
  3. Bagaimana cara menerima NFT dari wallet di luar Pintu ke Pintu Web3 Wallet
  4. Bagaimana cara mengakses dApp melalui Pintu?

Adapun untuk mulai melakukan berbagai transaksi di dApps menggunakan Pintu Web3 Wallet pada misi ke -5 hingga ke-8, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cara Melakukan Swap pada dApp

Pada contoh tutorial ini, kami menggunakan PancakeSwap yang ada di jaringan Binance Smart Chain. Akan tetapi, kamu dapat memilih platform swap lain seperti Uniswap yang juga tersedia di Pintu Web3 Wallet. Berikut adalah langkah-langkah melakukan swap pada PancakeSwap:

  • Masuk ke halaman ‘Browser’ pada Pintu Web3 Wallet dengan klik ‘Browser’ yang berada di kanan bawah.
  • Pada halaman utama Browser, pilih Pancakeswap, dengan cara klik logo Pancakeswap yang akan langsung mengarahkanmu ke situsnya.
  • Hubungkan wallet-mu dengan klik ‘Connect’, lalu pilih ‘WalletConnect’.
  • Klik logo Pintu, lalu klik ‘Connect’. Jika logo ‘Pintu’ belum tersedia, maka klik ‘View All’, kemudian ketik ‘Pintu’ pada search bar yang ada di bagian atas.
  • Saat sudah terhubung, klik ‘Trade’ dan kamu bisa melakukan swap atau menukar aset crypto yang kamu miliki dengan aset lainnya.
  • Sebelum kamu melakukan transaksi, pastikan kamu memiliki saldo BNB pada Pintu Web3 Wallet kamu, yang akan digunakan sebagai gas fee untuk transaksi di Pancakeswap.

💡 Swap adalah adalah proses pertukaran satu jenis mata uang crypto dengan jenis lainnya. Perlu diperhatikan bahwa saat melakukan swap, kamu akan membayar sejumlah fee yang diperuntukan bagi liquidity provider atau penyedia likuiditas pada exchange yang kamu gunakan.

  1. Cara Melakukan Staking dengan durasi berapapun pada PancakeSwap (Cake Staking atau Simple Staking)

Pada tutorial ini, kami menggunakan PancakeSwap. Akan tetapi, kamu dapat memilih platform staking apapun yang kamu inginkan dan tersedia di Pintu Web3 Wallet, seperti Lido yang tersedia di jaringan Ethereum. Berikut adalah langkah-langkah melakukan Simple Staking pada PancakeSwap:

  • Masuk ke situs Pancakeswap menggunakan cara yang dijelaskan di atas.
  • Klik ‘Earn’ kemudian pilih ‘Simple Staking’.
  • PancakeSwap Simple Staking hadir dalam 3 pool berbeda untuk setiap token (30, 60, dan 90 hari). Pengguna yang mengunci token mereka dalam pool dengan periode lebih panjang akan mendapatkan imbalan APR yang lebih besar. Akan tetapi, stablecoin seperti USDC atau USDT hanya tersedia untuk staking dengan periode selama 30 hari.
  • Sebelum kamu melakukan transaksi, pastikan kamu memiliki saldo BNB pada Pintu Web3 Wallet kamu, yang akan digunakan sebagai gas fee untuk transaksi di Pancakeswap.
  • Deposit token pilihanmu ke dalam staking pool. Perlu diperhatikan bahwa terdapat minimum jumlah token yang bisa kamu stake. Oleh karenanya, pastikan kamu memiliki jumlah token yang cukup untuk melakukan staking.
  • Klik ‘Confirm’. Kamu akan mendapatkan notifkasi jika transaksi telah sukses.

💡 Staking adalah cara untuk mendapatkan penghasilan pasif dari kepemilikan aset crypto kamu dengan cara “mengunci” aset untuk sementara waktu seperti deposito di Bank, untuk kemudian mendapatkan imbalan.

  1. Cara Melakukan Add Liquidity Pool dengan pair aset apapun pada SushiSwap

Pada tutorial ini, kami menggunakan SushiSwap. Akan tetapi, kamu dapat memilih platform DEX lainnya seperti Pancakeswap untuk memenuhi misi ini. Berikut adalah langkah-langkah add liquidity pada SushiSwap:

  • Masuk ke situs Sushiswap melalui search bar yang ada di bagian atas halaman Pintu Web3 Wallet.
  • Ketik ‘Sushiswap’, masuk ke situs www.sushi.com yang muncul di halaman pencarian, kemudian klik ‘Enter App’.
  • Klik ‘Connect’, lalu pilih ‘WalletConnect’. Jika logo ‘Pintu’ belum tersedia maka kamu perlu klik ‘View All’ dan ketik ‘Pintu’ pada bar pencarian.
  • Setelah terkoneksi dengan Sushiswap, klik ‘Explore’ yang terdapat pada bagian atas situs, kemudian pilih ‘Pools’.
  • Sebelum kamu melakukan transaksi, pastikan kamu memiliki saldo dari native token jaringan yang kamu pilih. Apabila kamu menggunakan jaringan Ethereum, pastikan kamu memiliki ETH yang akan digunakan sebagai gas fee untuk memproses transaksi kamu.
  • Kemudian kamu dapat memilih pasangan token yang tersedia.
  • Perlu diketahui bahwa dengan memasukan pasangan token dengan likuiditas rendah, biasanya semakin tinggi juga imbalan yang bisa kamu dapatkan. Namun, semakin tinggi volatilitas aset, maka semakin tinggi juga risiko kerugian dari perubahan harga token tersebut.
  • Setelah menentukan pasangan token, klik ‘Add Liquidity’.
  • Jika kamu ingin melakukan penarikan aset, maka klik ‘Withdraw’ kemudian tentukan berapa banyak likuiditas yang ingin kamu tarik.

💡 Dengan melakukan add liquidity pool atau menjadi penyedia likuiditas pada platfrom decentralized exchange (DEX) berarti kamu berperan dalam memfasilitasi perdagangan token tertentu pada platform tersebut. Liquidity pool diperlukan untuk memastikan selalu terdapat dana yang tersedia bagi para traders yang hendak menjual atau membeli token.

Jika kamu menjadi penyedia likuiditas, maka kamu harus deposit dana setara dengan dua token yang berbeda pada liquidity pool. Sebagai imbalan kamu akan mendapatkan liquidity provider tokens (LP tokens) yang merepresentasikan kepemilikan dalam sebuah pool. Selain itu, para penyedia likuiditas juga akan mendapatkan passive income melalui biaya trading berdasarkan presentasi aset pada liquidity pool.

  1. Cara Melakukan Lending Supply/Borrow pada dApps

Pada tutorial ini, kami menggunakan Aave sebagai contoh untuk melakukan lending and borrowing. Akan tetapi, kamu dapat memilih platform lending and borrowing lainnya seperti Venus. Berikut adalah langkah-langkah lending and borrowing pada Aave:

  • Masuk ke situs Aave melalui search bar yang ada di bagian atas halaman Pintu Web3 Wallet.
  • Ketik ‘Aave’ masuk ke situs aave.com yang muncul di halaman pencarian, kemudian klik ‘Launch App’.
  • Klik ‘Connect Wallet’ lalu pilih ‘WalletConnect’. Jika logo ‘Pintu’ belum tersedia maka kamu perlu klik ‘View All’ dan ketik ‘Pintu’ pada bar pencarian.
  • Sebelum kamu melakukan transaksi, pastikan kamu memiliki saldo dari native token jaringan yang kamu pilih. Apabila kamu menggunakan jaringan Ethereum, pastikan kamu memiliki ETH yang akan digunakan sebagai gas fee untuk memproses transaksi kamu.
  • Saat wallet terhubung, pada halaman ‘Dashboard’, token yang kamu miliki di wallet dapat langsung terlihat.
  • Kamu juga dapat melihat berapa besar APY (Annual Percentage Yield) yang akan didapatkan jika kamu menyuplai token yang kamu miliki.
  • Jika kamu ingin menyuplai pinjaman pada platform Aave, maka kamu dapat langsung klik ‘Supply’ dan tentukan berapa banyak token yang ingin kamu depositkan.
  • Jika setelah kamu menyuplai kamu ingin melakukan pinjaman, maka klik ‘Borrow’ pilih token yang ingin kamu pinjam.
  • Perlu diketahui bahwa terdapat loan-to-value ratio sebesar 80% pada platform Aave. Ini berarti, kamu hanya dapat meminjam sebesar 80% dari nilai aset yang kamu suplai. Jika kamu menyuplai sebanyak 1 ETH, maka kamu hanya dapat mengambil pinjaman sebesar 0.8 ETH.

💡 Lending and borrowing pada platform DApps adalah salah cara untuk mendapatkan bunga atas suplai cryptocurrency kamu pada platform dApps, selain staking dan add liquidity. Dengan menyetorkan aset crypto kamu ke platform DApps sebagai pemberi pinjaman, kamu akan imbalan dalam bentuk bunga. Sementara, untuk melakukan pinjaman, kamu harus terlebih dahulu menyuplai atau menyetorkan dana (lending) sebagai jaminan.

Disclaimer:

  • Nilai crypto dapat berubah saat kamu menerima hadiah karena volatilitas harga.
  • Promo dan aktivitas yang diselenggarakan oleh Pintu, termasuk penggunaan dApps dan DEX yang tercantum, tidak dimaksudkan sebagai financial advice.
  • Pintu tidak memiliki afiliasi, keterkaitan apa pun dengan dApps dan Dex yang disebutkan.
  • Investasi cryptocurrency memiliki risiko tinggi. Pintu tidak bertanggung jawab atas kerugian yang mungkin timbul sebagai akibat dari aktivitas investasi/trading. Harap bijak dalam berinvestasi.
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->