15 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil

Updated
February 23, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 15 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil
Reading Time: 4 minutes

Saat ini untuk bisa mendapatkan uang tidak hanya bisa dilakukan dengan bekerja saja. Namun kamu juga bisa mencoba membuka usaha. Beberapa jenis usaha memang membutuhkan modal yang besar, namun ada juga jenis usaha yang hanya butuh modal kecil seperti usaha rumahan. Yang mana usaha rumahan ini bisa menjadi penghasilan tambahan ketika masa pandemi seperti ini.

Jenis Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Usaha rumahan dengan modal kecil bisa jadi passive income yang menjanjikan. Yang mana jika usaha ini kamu kelola dengan benar maka hasilnya bisa lebih banyak dari gaji kamu tiap bulan. Adapun jenis usaha rumahan modal kecil adalah:

1. Fotografer

Apakah kamu memiliki kemampuan fotografer? Jika iya maka hal ini bisa menjadi usaha rumahan modal kecil. Yang mana kamu hanya memerlukan satu set alat fotografi dan kamu bisa menjadikan rumah kamu sebagai tempat usahanya. Untuk usaha fotografer pastikan sering melakukan iklan secara online di sosial media.

2. Membuat camilan

usaha rumahan membuat camilan

Contoh usaha rumahan modal kecil selanjutnya adalah dengan berjualan cemilan atau jajanan. Usaha jenis ini memang tidak membutuhkan modal yang besar sebab kamu bisa menerapkan sistem made by order atau jika ada yang beli maka baru kamu buatkan. Beberapa ide camilan yang bisa kamu coba seperti kue brownies, berbagai macam kue kering, hingga permen coklat.

3. Berjualan pulsa & token listrik

Di era digital seperti ini, berjualan pulsa dan token listrik bisa menjadi ide usaha rumahan modal kecil. Kamu bisa mulai berjualan dengan menawarkan ke tetangga, ataupun memasang banner yang berisikan iklan tentang usaha kamu.

4. Laundry

Laundry kiloan bisa menjadi usaha rumahan modal kecil menguntungkan. Yang mana jenis usaha satu ini bisa dilakukan dirumah. Agar usaha laundry kamu berjalan lancar dan banyak peminatnya maka tetapkan tarif yang rendah. Atau kamu juga bisa menawarkan jasa ambil laundry-an gratis sampai ke rumah pelanggan.

5. Jasa jahit pakaian

Meski zaman sudah modern namun jasa penjahit pakaian masih sangat dibutuhkan. Oleh karena itu jika kamu memiliki kemampuan jahit yang mumpuni maka tidak ada salahnya membuka usaha jenis ini. Apalagi jika kamu bisa mendesain model baju juga, maka jasa jahit pakaian bisa jadi usaha rumahan modal kecil dengan keuntungan yang menjanjikan.

6. Service peralatan elektronik

Apakah kamu punya keahlian untuk memperbaiki barang elektronik? Jika iya, maka manfaatkan kemampuan kamu ini untuk memulai usaha rumahan modal kecil. Service peralatan elektronik termasuk jenis usaha yang bisa dilakukan dimana saja dan tidak membutuhkan modal besar. 

7. Membuka warung

Kebanyakan remaja milenial masa kini lebih suka nongkrong di warung kopi. Ini karena harga minuman dan makanannya lebih murah jika dibandingkan dengan makanan di cafe. Oleh karena itu membuka warung kopi ataupun warung makanan bisa menjadi salah satu ide bisnis dengan modal kecil. Jangan lupa untuk menjadikan warung kamu aesthetic agar lebih banyak peminatnya.

8. Jasa desain grafis

Jenis usaha rumahan modal kecil berikutnya adalah jasa desain grafis. Menawarkan jasa kamu ke beberapa perusahaan atau perorangan pribadi bisa mendatangkan keuntungan yang besar. Kamu bisa membuka jasa desain grafis ini dirumah dan tawarkan jasa kamu melalui internet, seperti website maupun media sosial.

9. Budidaya ikan hias

Saat ini harga ikan hias sedang melambung tinggi, yang mana hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai ladang usaha baru. Kamu bisa memulai budidaya ikan hias dengan membuat kolam di pekarangan rumah. Setelah itu mulai beli bibit ikan hias yang masih kecil. Namun jangan gunakan semua modal kamu hanya untuk membeli bibit ikan.

10. Daftar agen PPOB

PPOB atau Payment Point Online Banking adalah cara pembayaran secara online untuk beberapa produk seperti tagihan PDAM, pembelian tiket pesawat dan kereta api, serta masih banyak lagi. Coba untuk mendaftar agen PPOB di daerah kamu, sebab jenis usaha rumahan satu ini menawarkan keuntungan yang cukup besar.

11. Jasa les anak-anak

Selama pandemi ini banyak sekolah yang diliburkan, yang mana para orang tua mulai mencari guru les untuk anak mereka. Oleh karena itulah coba buka jasa les untuk anak-anak di rumah kamu. Atau kamu juga bisa menawarkan untuk datang ke rumah mereka. Sesuaikan usia anak dengan kemampuan les yang kamu miliki.

12. Jasa potong rambut

usaha rumahan jasa potong rambut

Jasa potong rambut bisa menjadi usaha rumahan modal kecil selanjutnya. Kamu cukup memiliki satu set alat potong rambut dengan meja, kursi, dan cermin. Jika modal yang kamu miliki cukup minim maka buka usaha potong rambut untuk pria. Pastikan juga tarif yang kamu gunakan lebih terjangkau dari barbershop.

13. Usaha cucian motor & mobil

Usaha cucian motor & mobil bisa dibilang sebagai usaha dengan omset besar namun modal minim. Jika kamu membuka usaha ini dirumah maka cukup miliki alat untuk mencuci motor dan mobil yang lengkap. Kamu tidak perlu membayar sewa lokasi sehingga modal kamu bisa digunakan untuk keperluan yang lain.

14. Jasa kursus keahlian tertentu

Apakah kamu hobi masak ataupun bermain alat musik? Apapun keahlian kamu bisa menjadi usaha rumahan modal kecil. Jika kamu hobi memasak maka coba buka kursus memasak untuk ibu-ibu ataupun para remaja. Kamu juga bisa membuka kursus sesuai keahlian yang kamu miliki.

15. Menjadi Trader

Trader merupakan salah satu jenis usaha yang sedang populer saat ini. Kamu bisa mencoba trading di pasar saham, pasar uang / forex dan pada pasar cryptocurrency. Dengan modal mulai dari Rp 11.000 saja kamu sudah bisa bertransaksi di pasar yang kamu inginkan. Jika kamu tertarik untuk trading terutama untuk pasar crypto, kamu bisa membaca artikel Cara Trading Crypto Harian untuk mendapatkan tips trading crypto. Trader bisa dibilang usaha rumahan juga karena kamu bisa menjalankannya kapan saja dimana saja.

Usaha Rumahan Modal Kecil Masa Kini

Selain 15 jenis usaha rumahan modal kecil diatas, kamu juga bisa menawarkan jasa kursus untuk trading dan investasi. Karena di era modern ini semakin banyak yang tertarik dengan jual beli crypto namun belum tau caranya. 

Oleh karena itu manfaatkan hal ini untuk memulai usaha rumahan kamu. Caranya pilih aplikasi terpercaya seperti Pintu. Yang mana aplikasi ini bisa dipakai melalui laptop maupun handphone. Di aplikasi Pintu terdapat produk trading yang lengkap seperti crypto, bitcoin, hingga eth (ethereum). 

Bahkan Pintu juga menyediakan info secara lengkap tentang dunia trading. Setelah mendapatkan aplikasi yang terpercaya, maka selanjutnya adalah memiliki koneksi internet yang stabil. Karena lancar atau tidaknya kursus yang kamu lakukan tergantung dengan koneksi internet yang kamu miliki.

Lakukan promosi melalui platform online agar lebih banyak yang tahu tentang usaha yang sedang kamu rintis. Kamu juga bisa menawarkan diskon agar lebih banyak pelanggan yang tertarik pada usaha kamu. Selamat mencoba!

Referensi:

Wikipedia, Investment Strategy. Diakses tanggal: 08-10-2021

Capital, Investment Strategi Definition. Diakses tanggal: 08-10-2021

Hariyanto, Apa Itu Strategi Investasi Beserta Fungsinya. Diakses tanggal: 08-10-2021

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->