7 Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan Buat Kumpulkan Cuan

Updated
October 28, 2021
• Waktu baca 4 Menit
Gambar 7 Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan Buat Kumpulkan Cuan
Reading Time: 4 minutes

Buat kamu yang sedang mencari ide mendapatkan tambahan cuan, menggeluti usaha yang langka tapi menguntungkan bisa jadi pilihan. Memiliki usaha yang langka akan menarik perhatian orang, dan kamu juga belum punya banyak pesaing.

Apa saja ide usaha langka tapi menguntungkan yang bisa kamu coba? Simak pembahasannya dibawah ini!

Daftar Usaha Langka Tapi Menguntungkan

Ada berbagai macam usaha langka menguntungkan, baik yang sudah ada di Indonesia maupun dunia. Kami akan merangkumnya menjadi 7 usaha yang bisa cocok menjadi sarana kamu mengumpulkan cuan. Berikut daftar usaha yang langka tapi menguntungkan:

1. Jual beli barang mantan

Barang dari mantan tentu tidak ingin disimpan, tapi dibuang juga sayang. Apalagi kalau harganya mahal. Kamu bisa melihat ini sebagai peluang seperti yang dilakukan oleh Josh Opperman dengan membuat situs I Do, Now I Don’t.

Usaha ini dimulai ketika Josh Opperman gagal nikah dan ditinggal tunangannya, lalu ketika mau menjual cincin tunangan harganya sangat jatuh. Di situs yang ia buat, orang bisa menjual perhiasan dan barang lain dari mantan. Tertarik buat coba usaha ini?

2. Jasa pelihara ternak

usaha langaka jasa pelihara ternak

Memelihara ternak merupakan salah satu hal yang menguntungkan, selain bisa dijual kembali juga bisa untuk dikonsumsi sendiri. Tapi tidak semua orang memiliki waktu dan tempat untuk memelihara hewan ternak. Hal ini bisa menjadi peluang buat kamu membuka jasa pelihara ternak, seperti ternak ayam, kambing, dan sapi.

3. Bisnis pet diaper

Usaha yang langka tapi menguntungkan satu ini mungkin terdengar aneh, tapi kenyataannya sudah ada yang memulainya. Pet diaper atau popok untuk hewan peliharaan dibutuhkan oleh pemilik hewan saat mereka mau bepergian. Terutama kalau berpergiannya menggunakan pesawat, kereta, atau kendaraan umum.

4. Bisnis rage room

usaha langka sewa rage room

Rage room adalah ruangan yang disediakan untuk meluapkan kemarahan dan meredakan stres. Bisa dengan berteriak atau menghancurkan barang-barang yang disediakan. Jadi tidak heran kalau di beberapa tempat, usaha sejenis ini disebut juga dengan smashing room.

Bisnis rage room merupakan peluang usaha yang langka tapi menguntungkan, cocok buat manusia jaman now. Keuntungan lainnya, kamu bisa bebas meluapkan stres di rage room milik kamu sesuka hati.

5. Jasa bersihkan dinding

Corat-coret di dinding sudah bukan hal yang asing lagi, yang tentunya merusak pemandangan dan keindahan. Kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang dengan membuka usaha membersihkan dinding yang dicorat-coret tersebut.

Apalagi kalau kamu jago menghias dinding juga, bisa menjadi nilai tambah dari layanan yang kamu berikan. Setelah dibersihkan, dilukis dengan pemandangan indah.

6. Bisnis spa truck

Food truck mungkin sudah biasa, tapi spa truck masih jarang ditemukan. Ada beragam layanan yang bisa kamu berikan di salon keliling ini. Mulai dari massage tubuh, luluran, sampai potong rambut. Spa truck ini cocok sekali untuk masa seperti sekarang ini, dimana orang-orang masih terbatas untuk beraktivitas keluar.

7. Bisnis delivery by drone

usaha langka delivery drone

Usaha yang langka tapi menguntungkan terakhir yang bisa kamu coba adalah bisnis delivery by drone. Konsep intinya adalah pengiriman barang, bisa kamu kerucutkan menjadi pengiriman hadiah seperti bunga.

Namun bedanya pengiriman hadiah itu dilakukan dengan drone, yang tentu akan membuat terasa lebih istimewa. Cocok untuk orang-orang yang ingin memberikan kejutan spesial bagi orang terkasih.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Mau Mulai Usaha

Kita tentu tahu bahwa selalu ada resiko ketika menjalankan usaha. Hal ini sering menghambat orang untuk memulai bisnis, apalagi usaha yang langka tapi menguntungkan. Padahal sebenarnya resiko bisa diminimalisir selama kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum kamu memulai usaha:

1. Riset pasar

Hal mendasar yang harus kamu lakukan sebelum memulai usaha adalah mengenali pasar dan target konsumen. Lakukan riset sedetail mungkin mengenai pasar yang ingin kamu bidik, terutama untuk usaha yang masih langka. Kamu juga perlu memahami dengan baik produk yang akan ditawarkan, baik barang maupun jasa.

2. Perencanaan matang

Setelah mengetahui apa yang ingin kamu jual, buatlah perencanaan sematang mungkin. Jangan hanya membuat rencana dasar, tapi buat sedetail mungkin. Ini akan mengurangi resiko yang mungkin terjadi dari usaha yang akan kamu geluti.

3. Sumber modal

Hal terakhir yang tak kalah pentingnya saat hendak memulai usaha adalah menyiapkan sumber modal. Pastikan kamu memiliki sumber modal yang tepat, misalnya tabungan atau pinjaman bank.

Mendapatkan Sumber Modal Untuk Usaha

Perkara modal memang selalu menjadi bahan pertimbangan besar untuk memulai usaha. Apalagi kalau usaha yang akan dilakukan butuh modal yang tidak sedikit. Mau tidak mau, kamu perlu menguras tabungan atau mencari pinjaman jika masih kurang.

Tapi sebenarnya kamu bisa mendapatkan modal tambahan bukan hanya dari tabungan atau pinjaman. Kamu bisa mencari pemasukan lain, salah satunya dengan jual beli aset crypto. Pasar crypto bisa memberikan suntikan tambahan untuk modal usaha yang akan kamu geluti.

Kalau kamu tertarik untuk berkecimpung di pasar crypto, kamu bisa memulainya dengan mudah melalui Pintu. Di Pintu, kamu bisa melihat berbagai aset crypto dengan harga yang selalu update setiap harinya. Jadi kamu bisa memantau terus untuk jual beli crypto supaya dapat tambahan buat modal usaha yang ingin kamu jalankan.

Selamat mencoba!

Referensi:

Heather Levin, 6 Weird But Successful Small Business Ideas. Diakses pada tanggal 22-10-2021.

Susan Ward, 11 Unique Business Ideas That Make Money. Diakses pada tanggal 22-10-2021.

Meredith Wood, The 23 Most Profitable Businesses in 2021. Diakses pada tanggal 22-10-2021.

BusinessNES, 40 Extremely Unique Business Ideas To Make Big Money. Diakses pada tanggal 22-10-2021.

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->