Apa itu Win Rate dalam Crypto dan Cara Hitungnya?

Updated
July 5, 2023
• Waktu baca 2 Menit
Gambar Apa itu Win Rate dalam Crypto dan Cara Hitungnya?
Reading Time: 2 minutes

Dalam dunia trading, semua orang pasti ingin mendapatkan keuntungan. Namun, hal ini tentunya tidak bisa selalu dicapai. Simak apa itu win rate dalam crypto dan cara menghitungnya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Win Rate dalam Trading Crypto?

Win rate adalah istilah yang sering digunakan dalam dunia trading, termasuk trading crypto. Istilah ini merujuk pada persentase dari jumlah trading yang berhasil memberikan keuntungan. Misalnya, jika kamu melakukan 10 kali trading dan 5 di antaranya menghasilkan profit, maka win rate-mu adalah 50%.

Cara Menghitung Win Rate dalam Trading Crypto

cara mengitung winrate

Berikut adalah rumus win rate yang bisa kamu gunakan.

Win Rate = (Jumlah Trading Berhasil / Total Trading) x 100%

Mari kita coba terapkan rumus ini dengan sebuah simulasi.

Misalkan, kamu melakukan 100 kali trading dalam satu bulan.

Dari 100 kali trading tersebut, ada 60 kali trading yang berhasil memberikan keuntungan.

Maka, win rate-mu dalam bulan tersebut bisa dihitung sebagai berikut:

Win Rate = (60 / 100) x 100% = 60%

Perlu diingat bahwa win rate ini hanya menggambarkan persentase keberhasilan trading dalam periode tertentu dan tidak mencerminkan besarnya profit yang kamu peroleh.

Misalnya, meski win rate-mu 60%, bukan berarti kamu mendapatkan profit 60% dari modal. Besarnya profit yang kamu peroleh tergantung pada banyak faktor lain, seperti jumlah crypto yang kamu beli, harganya saat itu, dan seberapa jauh harganya bergerak ke arah yang menguntungkanmu.

Berapa Nilai Win Rate yang Ideal dalam Trading Crypto?

Lalu, berapa sih nilai win rate yang dianggap baik dalam trading crypto? Sebenarnya, tidak ada angka pasti yang bisa dijadikan patokan.

Namun, banyak trader beranggapan bahwa win rate di atas 50% sudah cukup baik. Namun, perlu diingat bahwa win rate bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan trading. Faktor lain seperti manajemen risiko dan strategi trading juga sangat penting.

Selain itu, perlu diingat bahwa dalam trading crypto, kamu tidak selalu harus ‘menang’ dalam setiap transaksi.

Bahkan, beberapa trader sukses memiliki win rate di bawah 50%. Lho, kok bisa? Ini karena mereka mampu memaksimalkan profit pada transaksi yang berhasil dan meminimalkan kerugian pada transaksi yang gagal.

Tertarik untuk belajar lebih lanjut tentang crypto? Kunjungi Pintu Academy untuk menemukan informasi soal fundamental crypto dan cara trading crypto serta temukan berita crypto terbaru di Pintu News.

Referensi:

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->