Apa itu Bored Ape NFT? Gambar NFT “Monyet” yang Berharga Miliaran

Updated
March 17, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa itu Bored Ape NFT? Gambar NFT “Monyet” yang Berharga Miliaran
Reading Time: 4 minutes

Bored Ape NFT dikenal sebagai gambar NFT “monyet” yang berharga tinggi. Popularitasnya di kalangan kolektor NFT pun sangatlah tinggi, terutama karena pembeli Bored Ape NFT banyak yang berasal kalangan artis ternama. Apa itu Bored Ape NFT? Siapa pembuatnya serta mengapa NFT ini sangat diminati para kolektor NFT? Simak selengkapnya di artikel ini!

Apa itu Bored Ape NFT?

NFT Bored Ape merupakan NFT yang dibuat dalam proyek Bored Ape Yacht Club (BAYC). Proyek ini berada di bawah naungan perusahaan Yuga Labs.

BAYC adalah ruang virtual eksklusif khusus untuk para pemegang NFT Bored Ape. Klub ini hanya akan diisi dengan kapasitas tidak lebih dari 10 ribu anggota.

Sementara itu, Bored Ape NFT adalah token visual berbentuk gambar NFT monyet dengan berbagai ekspresi dan aksesori unik yang tidak bisa ditemukan salinannya. Dengan kata lain, setiap gambar yang ada dalam koleksi tersebut adalah unik dan menjadi satu-satunya di dunia.

Nantinya, token non-fungible yang dibeli ini akan berfungsi sebagai identitas keanggotaan klub seperti semacam profil avatar.

Token tersebut memberikan akses ke beberapa fasilitas eksklusif yang tersedia hanya untuk anggota. Tentunya, inilah salah satu hal yang menyebabkan nilai kelangkaan yang tinggi pada NFT ini.

Siapa Pembuat Bored Ape NFT?

Buzzfeed melakukan sejumlah investigasi untuk menemukan siapa pemilik di balik perusahaan Yuga Labs.

Berawal dari laporan mengenai tim di balik proyek BAYC, ditemukan nama-nama seperti Gargamel, Gordon Goner, Emperor Tomato Ketchup, dan No Sass. Tentunya, keempat nama ini hanya merupakan pseudonym saja.

Buzzfeed selanjutnya menemukan bahwa Gargamel merujuk pada Greg Solano, seorang penulis dan kritikus buku. Sementara Gordon Goner adalah Wylie Aronow. Keduanya berasal dari Florida, AS.

Dengan terbukanya informasi ini, mereka memberi respon dengan melakukan perkenalan diri secara resmi melalui akun Twitter mereka. Beberapa hari kemudian, Emperor Tomato Ketchup dan No Sass ikut mengungkapkan identitas mereka yang sebenarnya.

Keempat pendiri Yuga Labs tersebut akhirnya mengunggah foto diri dan identitas Bored Apes mereka. Namun, ternyata keempat pendiri ini bukanlah seniman yang menggambar langsung BAYC. Hingga hari ini, hanya diketahui sang artis adalah bagian dari Yuga Labs dengan nama samaran Seneca.

Kelebihan Bored Ape NFT

Yang membuat harga Bored Ape NFT tinggi sebenarnya sangat subjektif. Namun, berikut beberapa alasan di baliknya.

  • Terdapat beberapa Influencer atau keterlibatan selebriti
  • Kekuatan komunitas
  • Utilitas untuk anggota.

Salah satu fasilitas virtual yang ditawarkan dalam BAYC adalah ‘Bathroom’, yaitu semacam ruang nongkrong virtual dengan kanvas yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, misalnya menggambar, menulis pesan rahasia, keluh kesah, dan lain-lain.

Keuntungan lainnya adalah kesempatan untuk “mengadopsi” Bored Ape Kennel Club atau  NFT gambar “anjing” dengan ciri-ciri yang meniru sifat-sifat dari NFT BAYC.

bored ape kennel club
(opensea.io)

Baru-baru, muncul juga program baru untuk membuat NFT “Kera Mutan” dengan cara memberikan serum ke NFT BAYC, yang tentunya akan memunculkan jenis NFT baru.

Eksklusivitas adalah hal utama yang ditawarkan dalam kepemilikan BAYC. Jimmy Fallon, Justin Bieber, Eminem, Paris Hilton, Snoop Dogg, Neymar, Serena Williams adalah beberapa nama yang diketahui memiliki NFT BAYC.

Kabarnya, hanya 10.000 anggota saja yang berkesempatan berinteraksi dengan nama-nama tersebut di ruang virtual ini karena jumlah anggota yang dibatasi pada ruang virtual tersebut.

Selain keanggotaan eksklusif, beberapa pengguna membeli NFT ini dengan alasan investasi karena suplainya yang terbatas di pasar akan membuat token ini semakin mahal seiring waktu.

Bored Ape NFT Termahal yang Pernah Terjual

Untuk bisa memiliki NFT BAYC, kamu setidaknya harus memiliki 94 ETH. Meskipun begitu, kebanyakan NFT ini terjual di atas harga 200 ETH.

Pada 25 Februari 2022, NFT Bored Ape #4580 terjual dengan harga 666 ETH. Nilai tersebut setara dengan $1,845,384 pada saat itu.

NFT Bored Ape #4580
(opensea.io)

Sementara yang termahal masih dipegang oleh Bored Ape #2087. Harga Bored Ape NFT Termahal ini adalah 769 ETH pada 30 September 2021. Nilai tersebut setara dengan $2,307,638 ketika itu.

Bored Ape #2087
(opensea.io)

Baca juga: 20 NFT Termahal di Dunia, Harganya Miliaran Rupiah?

Cara Membeli Bored Ape NFT

Saat ini, NFT Bored Ape dipasarkan di platform OpenSea. Untuk bisa mengaksesnya, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memiliki dompet digital yang bisa menyimpan ETH.

Baca selengkapnya mengenai Bagaimana Cara Membeli NFT di OpenSea?

Bagi kamu yang tertarik berinvestasi dan trading crypto aset-aset seperti Bitcoin, Ethereum, dan lainnya, download Pintu sekarang! Di Pintu, kamu bisa jual beli crypto mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Pintu juga menyediakan berbagai fitur yang bisa memudahkan investasi crypto kamu, di antaranya:

  • Pintu Akademi, pusat belajar crypto dari awal hingga mahir meliputi strategi trading, dasar-dasar crypto, blockchain, dan lain sebagainya.
  • Pintu Earn, fitur khusus Pintu di mana kamu bisa nabung crypto secara mudah dengan bunga tinggi capai 4%/tahun cukup dengan menyimpan aset kamu di dompet Earn.
  • PTU Staking, staking crypto aset PTU untuk mendukung ekosistem Pintu sekaligus memperoleh berbagai keuntungan seperti bonus komisi Referral Pintu dan keuntungan lainnya.

Referensi:

Benzinga. HOW TO BUY BORED APE YACHT CLUB (BAYC) NFT. Diakses tanggal: 12-03-2022.

CNET. Bored Ape Yacht Club NFTs: Everything you need to know. Diakses tanggal: 12-03-2022.

CNN Indonesia. Alasan NFT Bored Ape Yacht Club Mahal dan Diburu Para Artis. Diakses tanggal: 12-03-2022.

NFT’s Street. NFT Top 20 Most Expensive Bored Ape Yacht Club NFTs (Updated 2022). Diakses tanggal: 12-03-2022.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->