Hong Kong Pertimbangkan Libatkan SFC dalam Regulasi Perdagangan Kripto OTC

Updated
September 13, 2024
Gambar Hong Kong Pertimbangkan Libatkan SFC dalam Regulasi Perdagangan Kripto OTC

Jakarta, Pintu News – Hong Kong sedang mengeksplorasi kemungkinan untuk melibatkan Komisi Sekuritas dan Berjangka (SFC) dalam regulasi layanan perdagangan aset virtual over-the-counter (OTC), bersama dengan Departemen Bea Cukai dan Cukai (C&ED). Simak berita lengkapnya berikut ini!

SFC Diminta Atur Perdagangan Kripto OTC

SFC telah meminta pendapat dari pelaku industri tentang kemungkinan penerapan rezim lisensi baru untuk layanan OTC kripto, yang akan membuat regulator sekuritas bekerja sama dengan C&ED untuk mengawasi perusahaan-perusahaan ini.

Sebelumnya, rencana regulasi dan lisensi OTC berada di bawah domain C&ED berdasarkan proposal yang dipublikasikan pada bulan Februari. Layanan OTC memfasilitasi transaksi kripto langsung dan pribadi dalam jumlah besar antara dua pihak.

SFC juga telah berkonsultasi dengan perusahaan dalam beberapa bulan terakhir tentang pengenalan rezim lisensi baru untuk layanan kustodian kripto. Diskusi tentang kedua lisensi masih dalam tahap awal dan dapat berubah.

Baca Juga: Hamster Kombat Siap Meluncur, Token HMSTR Segera Tersedia di BitGet, Bybit, dan OKX!

“Untuk mendorong pengembangan industri aset virtual yang berkelanjutan dan bertanggung jawab di Hong Kong, SFC bekerja erat dengan pemerintah dan regulator lain dalam mengembangkan lingkungan regulasi yang kuat, jelas, dan konsisten di Hong Kong,” kata perwakilan SFC dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu.

Regulasi OTC Muncul Setelah Penipuan Kripto Besar

Rencana rinci untuk mengatur layanan OTC pertama kali muncul beberapa bulan setelah salah satu penipuan keuangan terbesar dalam sejarah Hong Kong, yang melibatkan bursa kripto JPEX yang diduga curang. Penipuan ini mengakibatkan kerugian sekitar HK$1,6 miliar (US$225 juta).

bitcoin etf hong kong
Generated by Ai

Hal ini menarik perhatian pada toko OTC fisik, yang ditemukan sebagai salah satu “jalan utama untuk menyalurkan dana investor ritel” ke dalam skema penipuan.

Namun, beberapa pihak di industri mengeluh bahwa menempatkan semua toko OTC di bawah C&ED, yang mengatur penukar uang, menyebabkan kebingungan mengingat SFC mengatur area lain dari investasi kripto.

Baca Juga: Update Harga Tukar 9.000 Koin Hamster Kombat Per 13 September 2024, Setara dengan 3x Gaji UMR di Jakarta?

Biro Layanan Keuangan dan Perbendaharaan (FSTB), yang meminta tanggapan publik tentang regulasi OTC selama dua bulan, belum menerbitkan hasil apa pun dari konsultasi tersebut.

Proposal tersebut telah “menerima dukungan umum dari responden,” kata perwakilan FSTB dalam sebuah pernyataan. “Kami sedang meninjau desain kerangka regulasi berdasarkan komentar yang diterima.”

Hong Kong Berjuang Menarik Bisnis Kripto

Selama dua tahun terakhir, Hong Kong telah mengembangkan pendekatannya terhadap industri kripto dalam upaya untuk menarik bisnis ke kota melalui “kejelasan regulasi”. Pemerintah telah berusaha untuk membuat Hong Kong menarik bagi investor sambil juga menjaga terhadap risiko bagi investor ritel.

Pusat keuangan Asia mengumumkan perubahan kebijakannya menjelang Pekan FinTech pada tahun 2022, dan persyaratan lisensi pertama untuk bursa kripto mulai berlaku pada bulan Juni 2023.

Sejak itu, Hong Kong telah mengizinkan peluncuran exchange-traded funds (ETF) yang berinvestasi langsung ke token kripto, menjadi pasar keuangan utama pertama yang mengizinkan ETF eter spot. Hong Kong juga sedang mengerjakan rezim regulasi untuk stablecoin, yang dipatok ke aset lain, biasanya mata uang fiat seperti dolar AS.

Namun, persepsi lingkungan yang lebih ramah kripto di AS telah mengurangi daya tarik Hong Kong tahun ini. Kedua kandidat presiden AS, Donald Trump dan Kamala Harris, telah menyuarakan setidaknya beberapa dukungan untuk industri kripto.

Baca Juga: Panduan Lengkap: Cara Memaksimalkan Hadiah dari Airdrop Rocky Rabbit ($RBTC)

AS juga telah meluncurkan ETF bitcoin dan eter spot tahun ini, dengan perdagangan di pasar ETF yang jauh lebih besar yang mengerdilkan yang terlihat di Hong Kong. SFC telah mempertimbangkan apakah akan mengizinkan staking ETF eter – mengunci token pada blockchain untuk tujuan memvalidasi transaksi sambil mendapatkan hasil pasif – sesuatu yang tidak diizinkan di AS.

Hong Kong juga telah menghadapi kritik dalam industri kripto atas peraturan yang dianggap terlalu memberatkan. Beberapa bursa kripto besar menarik aplikasi lisensi mereka tahun ini, sementara platform yang telah diizinkan untuk terus beroperasi di kota tersebut belum menerima lisensi penuh sejak batas waktu aplikasi pada bulan Februari.

Itu dia informasi terkini seputar berita crypto hari ini. Dapatkan berbagai informasi lengkap lainnya seputar akademi crypto dari level pemula hingga ahli hanya di Pintu Academy dan perkaya pengetahuanmu mengenai dunia crypto dan blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan informasi terkini seputar dunia crypto dan teknologi blockchain. Nikmati pengalaman trading crypto yang mudah dan aman dengan mengunduh aplikasi kripto Pintu melalui Google Play Store maupun App Store sekarang juga.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset crypto lainnya menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->