Akhirnya Sahkan UU Crypto, El Salvador Bakal Pakai Bitcoin Untuk Bayar Hutang Negara?

Updated
January 12, 2023
Gambar Akhirnya Sahkan UU Crypto, El Salvador Bakal Pakai Bitcoin Untuk Bayar Hutang Negara?

Pada bulan November 2022, El Salvador mengumumkan bahwa mereka sedang merancang UU khusus crypto yang disebut Digital Assets Issuance Law. Baru-baru ini, negara tersebut telah resmi mengesahkannya.

UU khusus crypto tersebut menyediakan kerangka hukum untuk obligasi yang didukung Bitcoin, yang dikenal sebagai ‚ÄúVolcano Bond‚ÄĚ, yang mana akan digunakan untuk membayar hutang negara dan mendanai pembangunan ‚ÄúKota Bitcoin‚ÄĚ yang diusulkan.

Untuk mengetahui secara rinci terkait pengesahan UU crypto oleh El Salvador, simak berita lengkapnya berikut ini!

Hasil Voting Menunjukkan ‚ÄėDigital Assets Issuance Law‚Äô El Salvador Disahkan

Hasil Voting Menunjukkan ‚ÄėDigital Assets Issuance Law‚Äô El Salvador Disahkan
Sumber: Akun Twitter Asamblea Legislativa ‚Äď @AsambleaSV

Dikutip dari Coindesk, Kantor Bitcoin Nasional El Salvador (ONBTC) mengumumkan bahwa RUU tersebut telah disahkan pada 11 Januari 2023 dengan total 62 voting memilih setuju dan 16 voting memilih menentang, dan nantinya akan segera menjadi UU setelah diratifikasi oleh Presiden Bukele.

ONBTC Twitter - 1
Sumber: Thread Akun Twitter The Bitcoin Office ‚Äď @bitcoinofficesv

Pengumuman tersebut secara khusus menyatakan bahwa El Salvador telah menjadi penggerak pertama dengan mengesahkan undang-undang yang menetapkan kerangka hukum untuk semua aset digital yang bukan Bitcoin.

Selain itu, ONBTC El Salvador juga menyampaikan bahwa penerapan undang-undang tersebut, membuka jalan bagi ‚ÄúVolcano Bond‚ÄĚ yang kabarnya akan mulai diterbitkan dalam waktu dekat.

Baca juga: Serok 1 BTC per Hari, Presiden El Salvador Bukele Mengatakan Bitcoin Berbeda dari FTX

Komitmen Crypto El Salvador Berlanjut Dengan Adanya Legislasi Penting

Dilansir dari Watcher Guru, El Salvador memang sudah menjadi salah satu negara yang terkenal karena komitmennya terhadap pertumbuhan dan adopsi aset digital. Setelah disahkannya UU tersebut, menunjukkan bahwa El Salvador akan terus berkomitmen dengan crypto.

ONBTC Twitter - 2
Sumber: Thread Akun Twitter The Bitcoin Office ‚Äď @bitcoinofficesv

Selain itu, ONBTC menyatakan bahwa pengesahan undang-undang sekuritas digital tersebut menawarkan ‚Äúperlindungan konsumen yang belum pernah terjadi sebelumnya dari pelaku kriminal di industri crypto. Sementara itu, dengan tegas menetapkan bahwa kami terbuka untuk bisnis bagi semua orang yang ingin membangun masa depan bersama kami di Bitcoin‚ÄĚ.

ONBTC Crypto El Salvador
Sumber: Thread Akun Twitter The Bitcoin Office ‚Äď @bitcoinofficesv

Selain itu, dalam thread Twitter ONBTC, mereka juga menyebutkan bahwa undang-undang tersebut menciptakan ‚ÄúNational Digital Assets Commision‚ÄĚ.

Komisi baru itu didefinisikan oleh undang-undang sebagai badan pengatur yang bertanggung jawab untuk menerapkan UU sekuritas dan untuk melindungi pembeli dan penerbit aset digital di El Salvador, serta untuk mencegah pelaku kriminal di yang masuk ke industri crypto.

ONBTC Crypto El Salvador - 2
Sumber: Thread Akun Twitter The Bitcoin Office ‚Äď @bitcoinofficesv

Secara meyakinkan, pernyataan itu diakhiri dengan memastikan bahwa, ‚ÄúUU tersebut menanamkan bendera baru dalam sejarah untuk El Salvador‚ÄĚ. Dikutip dari Watcher Guru, pernyataan tersebut menunjukkan komitmen yang jelas dan konsisten untuk tidak hanya memperluas penggunaan dan adopsi aset digital tetapi juga melindungi warga El Salvador masuk ke dunia aset digital.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->