Merosot! Bitcoin ETF Alami Penarikan Bersih Hampir $65 Juta, Memutus Rekor 19 Hari

Updated
June 12, 2024
Gambar Merosot! Bitcoin ETF Alami Penarikan Bersih Hampir $65 Juta, Memutus Rekor 19 Hari

Jakarta, Pintu News ‚Äď Pasar kripto tengah mengalami penurunan, dengan Bitcoin turun 0,32% dalam 24 jam terakhir (12/6/24), menyebabkan penarikan bersih dari ETF Bitcoin yang terdaftar di AS.

Setelah 19 hari berturut-turut mencatat aliran masuk bersih, ETF Bitcoin yang terdaftar di AS mengalami penarikan bersih hampir sebesar $65 juta pada hari Senin (10/6/24), menurut data awal.

Penarikan ini terjadi di tengah penurunan pasar kripto yang lebih luas, dengan Bitcoin turun 2,7% dalam 24 jam terakhir pada 11 Juni 2024.

Penurunan ETF Bitcoin Spot

Baca juga: Bitcoin

Diprediksi Jatuh Drastis Menjelang Data CPI & Keputusan FOMC Pada 12 Juni 2024!

Menurut data dari So Sovalue, Grayscale GBTC memimpin arus keluar di antara rekan-rekannya dengan $40 juta. GBTC terus menjadi ETF berkinerja terburuk berdasarkan arus keluar sejak diluncurkan pada bulan Januari, dengan total arus keluar mencapai $18 miliar.

Sementara itu, BITCO dari Invesco dan Galaxy Digital mengalami arus keluar bersih sebesar $20 juta. ETF BRRR Valkyrie mengalami arus keluar bersih sebesar $16 juta. FBTC Fidelity mengalami arus keluar bersih sebesar $3 juta, arus keluar negatif pertama sejak awal Mei 2024.

Terakhir kali ETF melaporkan arus keluar bersih sebesar $84 juta pada 10 Mei 2024 setelah bulan April yang suram yang menyaksikan arus keluar selama berminggu-minggu.

Arus masuk sejak saat itu meningkat dan melihat produk menambahkan lebih dari $4 miliar dalam 19 hari perdagangan.

Efek Jadwal Pembacaan CPI AS

Menurut laporan, arus keluar tersebut terjadi di tengah penurunan pasar kripto secara luas dan kerugian di pasar saham yang lebih luas.

Trader pada hari Senin (10/6/24) memperingatkan minggu yang bergejolak menjelang minggu ini karena investor menunggu pembacaan CPI AS pada hari Rabu dan pidato Menteri Keuangan AS Janet Yellen yang dijadwalkan pada hari Jumat ‚Äď yang dapat menyebabkan reaksi pada aset berisiko seperti cryptocurrency.

Kebijakan moneter The Fed juga akan diputuskan pada pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dua hari yang dimulai hari ini, yang dapat menambah ketidakpastian pasar berdasarkan komentar.

Baca juga: Robert Kiyosaki Ungkap Bitcoin adalah Jalan Termudah untuk Menjadi Jutawan!

Pada 12 Juni 2024, Bitcoin telah turun 0,32% dalam 24 jam terakhir, menjauh dari keuntungan dari minggu lalu ketika secara singkat diperdagangkan di atas level tertinggi dua bulan di $70.000.

Penarikan Bersih ETF Bitcoin: Apa Artinya?

Penarikan bersih dari ETF Bitcoin yang terdaftar di AS menandai perubahan sentimen investor terhadap aset digital. Setelah 19 hari berturut-turut mencatat aliran masuk bersih, arus keluar pada hari Senin (10/6/24) menunjukkan bahwa investor mungkin menjadi lebih berhati-hati terhadap prospek Bitcoin dalam jangka pendek.

Ada beberapa faktor yang dapat berkontribusi terhadap arus keluar tersebut. Pertama, penurunan pasar kripto secara luas dalam beberapa hari terakhir mungkin telah menyebabkan beberapa investor menjual kepemilikan Bitcoin mereka.

Kedua, ketidakpastian seputar kebijakan moneter The Fed dapat menyebabkan investor menghindari aset berisiko seperti Bitcoin.

Terlepas dari arus keluar pada hari Senin, penting untuk dicatat bahwa ETF Bitcoin yang terdaftar di AS masih mengalami arus masuk bersih yang signifikan tahun ini.

Apa yang Diharapkan Selanjutnya untuk ETF Bitcoin?

etf bitcoin spot disetujui
The image created by AI

Arah masa depan ETF Bitcoin yang terdaftar di AS tidak pasti. Namun, beberapa faktor dapat memengaruhi kinerja mereka di masa mendatang.

Pertama, kinerja pasar kripto secara keseluruhan akan berdampak signifikan pada ETF Bitcoin. Jika pasar kripto terus pulih, ETF Bitcoin kemungkinan akan mengalami arus masuk bersih. Namun, jika pasar kripto mengalami penurunan lebih lanjut, ETF Bitcoin dapat mengalami arus keluar.

Baca juga: Metaplanet Jepang Borong Bitcoin Lagi, Total Aset Tembus $9,6 Juta!

Kedua, kebijakan moneter The Fed juga akan berdampak pada ETF Bitcoin. Jika The Fed menaikkan suku bunga atau mengurangi neracanya, hal itu dapat menyebabkan investor menghindari aset berisiko seperti Bitcoin.

Namun, jika The Fed mempertahankan kebijakan moneter yang longgar, hal itu dapat mendukung kinerja ETF Bitcoin.

Secara keseluruhan, arah masa depan ETF Bitcoin yang terdaftar di AS tidak pasti. Namun, investor yang bullish pada Bitcoin dalam jangka panjang mungkin masih mempertimbangkan untuk berinvestasi pada produk ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->