18 Kripto Teratas Ungguli Bitcoin, Altcoin Season akan Segera Datang?

Updated
July 20, 2024
Gambar 18 Kripto Teratas Ungguli Bitcoin, Altcoin Season akan Segera Datang?

Jakarta, Pintu News – Selagi pasar menunggu peluncuran dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang akan melacak harga spot Ethereum , spekulasi berkembang bahwa ini akan menandai dimulainya musim altcoin (altcoin season).

Mengutip laporan BeInCrypto, periode altcoin season biasanya ditandai dengan lonjakan nilai mata uang kripto alternatif (altcoin) dibandingkan dengan Bitcoin.

Beberapa Koin yang Mengungguli Bitcoin

Altcoin season umumnya dimulai ketika setidaknya 75% dari 50 altcoin teratas mengungguli Bitcoin selama 3 bulan.

Meski begitu, menurut laporan tercatat hanya 18 dari aset-aset ini yang telah melampaui kinerja Bitcoin dalam 90 hari terakhir, menunjukkan bahwa kita mungkin akan memasuki tahap awal musim ini.

Baca juga: Jangan Ketinggalan! Ether.Fi Luncurkan Airdrop Token $ETHFI Season 2

Indeks musim altcoin – Sumber: Blockchaincenter

Berdasarkan data, tiga aset teratas yang telah mengungguli Bitcoin dalam tiga bulan terakhir adalah token keuangan terdesentralisasi MakerDao , meme coin Bonk , dan Ripple .

Maker Melintasi di Atas SMA 50-hari dan Siap untuk Kenaikan Lebih Lanjut

Dilansir BeInCrypto, harga Maker (MKR) telah naik secara signifikan dalam seminggu terakhir. Bertukar tangan pada $3,024 pada penulisan (17/7/24), harga altcoin ini telah tumbuh 33% dalam tujuh hari terakhir.

Selama periode tersebut, token melintas di atas rata-rata pergerakan kecil (SMA) 50 hari – yang mengukur harga rata-rata selama 50 hari perdagangan terakhir.

Ketika harga aset naik melewati rata-rata pergerakan utama ini, ini menunjukkan pergeseran momentum yang positif. Hal ini sering dianggap sebagai sinyal bullish oleh para trader dan investor. Ini menegaskan bahwa harga aset sedang dalam tren naik dan dapat berlanjut.

Sumber: TradingView via BeInCrypto

Jika MKR mempertahankan tren ini, harganya akan naik ke $3.277.

Bulls BONK Berada di Atas Angin

Selama 90 hari terakhir, harga Bonk (BONK) telah naik 19%. Nilainya telah meningkat lebih dari 20% dalam sebulan terakhir saja. Pada 17 Juli 2024, altcoin ini diperdagangkan pada level tertinggi bulanan di $0.00002836.

Pembacaan dari Indeks Elder-Ray yang dinilai pada grafik satu hari menunjukkan bahwa bias bullish terhadap koin meme tetap signifikan. Nilai indikator per 17 Juli 2024 berada di atas garis nol di 0,0000069. Indikator ini hanya menghasilkan nilai positif sejak 15 Juli.

Baca juga: Laporan Terbaru: Volume Perdagangan Crypto Turun Menjadi $4,2 Triliun di Bulan Juni 2024

Lebih lanjut, pengaturan Directional Movement Index (DMI) BONK mendukung posisi di atas. Pada 17 Juli 2024, indikator arah positif (+DI) (biru) berada di atas indikator arah negatif (-DI).

Sumber: TradingView via BeInCrypto

DMI aset menilai kekuatan dan arah harganya. Ketika +DI berada di atas -DI, ini menandakan bahwa harga aset mengalami lebih banyak tren naik daripada pergerakan turun. Trader melihat ini sebagai sinyal bullish, yang menunjukkan bahwa pembeli lebih kuat daripada penjual.

Jika aktivitas pembelian BONK terus berlanjut, harga BONK dapat naik ke $0,000031.

Ripple (XRP) Diperdagangkan di Level Tertinggi Multi-bulan

Kenaikan harga Ripple (XRP) sebesar 38% dalam tujuh hari terakhir telah mendorongnya ke level tertinggi multi-bulan. Per 17 Juli 2024, token XRP diperdagangkan pada $0,61, tingkat harga yang terakhir diamati pada 12 April.

Namun, altcoin ini mungkin berisiko kehilangan sebagian dari keuntungan ini. Pembacaan dari Relative Strength Index (RSI) menunjukkan bahwa XRP sudah overbought dan akan mengalami penurunan. Nilai indikator ini adalah 77,21.

Sumber: TradingView via BeInCrypto

RSI aset mengukur kondisi pasar yang overbought dan oversold. Kisarannya antara 0 dan 100, dengan nilai di atas 70 menunjukkan bahwa aset tersebut overbought dan akan mengalami penurunan dan nilai di bawah 30 menunjukkan bahwa aset tersebut oversold dan mungkin akan mengalami rebound.

Jika harga XRP menelusuri kembali, harga dapat turun di bawah $0,60 untuk diperdagangkan pada $0,56. Namun, jika mempertahankan tren naiknya, koin ini dapat diperdagangkan di harga $0,66.

Prediksi Analisa Svenson tentang Altseason

Sementara itu, mengutip laporan The Bit Times, analis mata uang kripto Kevin Svenson memprediksi bahwa periode yang dikenal sebagai “altseason”, yang menandakan fase di mana altcoin secara signifikan mengungguli Bitcoin , akan segera terjadi.

Baca juga: Prediksi Harga Ondo (ONDO) untuk 2024, 2025, dan 2023: Siap Melonjak Hingga $2,55?

Optimisme Svenson didasarkan pada tren pasar terkini yang diamati pada harga Bitcoin dan Ethereum (ETH).

Dalam wawasan terbarunya yang dibagikan kepada 78.600 pelanggan YouTube-nya, Svenson menjelaskan bahwa Bitcoin telah mematahkan tren parabola dan sekarang sedang berkonsolidasi, sedangkan Ethereum melanjutkan tren eksponensial. Pola ini, menurutnya, mengindikasikan bahwa altcoin akan segera mulai mengejar momentum Bitcoin.

Indikator utama yang menjadi fokus Svenson adalah dominasi Bitcoin (BTC.D), sebuah metrik yang mengukur kapitalisasi pasar Bitcoin relatif terhadap pasar kripto secara keseluruhan.

Secara historis, tren turun dalam metrik ini menandakan kenaikan pasar altcoin. Meskipun dominasi Bitcoin (BTC) belum mencapai titik terendah yang lebih rendah, Bitcoin telah menembus garis trennya dan menunjukkan tanda-tanda titik tertinggi yang lebih rendah. Perkembangan ini bisa menjadi pendahulu altseason, menurut Svenson.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*DISCLAIMER
Konten ini bertujuan untuk memperkaya informasi pembaca. Pintu mengumpulkan informasi ini dari berbagai sumber relevan dan tidak terpengaruh oleh pihak luar. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Foxbit

Bagikan

Berita Terbaru

Lihat Semua Berita ->