Decentralized Finance (DeFi)

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

DeFi atau decentralized finance adalah ekosistem yang terdiri dari aplikasi keuangan terdesentralisasi yang dikembangkan di atas jaringan blockchain.

Dibangunnya berbagai aplikasi DeFi pada dasarnya diawali oleh penemuan blockchain Ethereum dengan teknologi smart contract-nya. Smart contract adalah sebutan untuk program komputer yang ditulis di atas blockchain Ethereum, yang memberi developer kebebasan untuk bereksperimen dengan kode mereka sendiri dan membuat aplikasi yang disebut sebagai Decentralized Applications (DApps).

DeFi pada dasarnya adalah DApps yang berfokus untuk membuat layanan keuangan tradisional menjadi terdesentralisasi. Beberapa contoh DeFi antara lain aplikasi decentralized exchange (DEXs) seperti Uniswap dan Sushiswap, aplikasi pinjam meminjam seperti Compound dan Aave dan aplikasi manajemen aset seperti Yearn Finance.

Jika pada sistem keuangan tradisional layanan keuangan bergantung pada lembaga seperti bank untuk bertindak sebagai perantara, dengan DeFi, fungsi perantara dilakukan oleh kode yang tertulis pada smart contract.

Dengan DeFi, biaya menggunakan layanan keuangan berkurang secara signifikan, dan pada akhirnya membuka pintu bagi seluruh lapisan masyarakat untuk memanfaatkan layanan keuangan.

Baca juga: Apa itu Decentralized Finance (DeFi)?

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí