Apa itu Cryptocurrency dan Blockchain?

April 14, 2020
Combined Shape 2
4 Menit
Bagikan
Gambar Apa itu Cryptocurrency dan Blockchain?
Reading Time: 4 minutes

Apa itu aset crypto?

Aset crypto adalah salah satu bentuk aset digital. Kata crypto berasal dari kriptografi. Melalui matematika yang rumit, kriptografi dapat mengamankan dana Anda. Anda bisa menggunakan aset crypto untuk banyak hal, mulai dari membeli kopi, tiket pesawat, mobil, atau bahkan sekedar mengirimkannya ke teman dan keluarga di luar negeri.

Anda mungkin berpikir, Ovo atau Go-Pay juga bisa digunakan untuk bertransaksi, bukan? Nah, ada lebih banyak kegunaan dari aset crypto Saat Anda menggunakan layanan seperti Paypal, Anda memerlukan otoritas sentral untuk menyetujui transaksi Anda. Otoritas ini juga memutuskan apakah Anda boleh atau tidak boleh membelanjakan uang itu. Beberapa layanan dapat membekukan akun Anda jika mereka anggap perlu. Aset crypto, di sisi lain, bekerja tanpa otoritas sentral. Jadi uang yang ditransaksikan sebenarnya antara pengguna. Tidak ada otoritas sentral berarti anda memiliki kebebasan untuk menyimpan, mengirim atau menerima uang. Siapa pun di dunia dapat mengakses aset crypto hanya dengan mengunduh perangkat lunak open-source secara gratis.

Kenapa aset crypto itu penting?

Bentuk uang terus berkembang dari masa ke masa: dari kerang laut hingga manik-manik, dari emas hingga uang kertas. Kita sekarang memasuki dunia digital dan saatnya kita menggunakan uang digital yang lebih maju. Aset crypto penting karena:

  • Tanpa Perantara Anda dapat bertransaksi aset crypto secara langsung dari pengirim ke penerima, tanpa memerlukan adanya perantara yang mengatur transaksi anda. Setiap transaksi hanya dilakukan oleh pengirim ke penerima saja.
  • Metode Pembayaran Murah dan Cepat Saat Anda mengirim uang ke orang lain di belahan mana pun di dunia menggunakan aset crypto, uang itu akan tiba dalam beberapa detik dan diselesaikan saat itu juga.
  • Tahan sensor Tidak ada yang dapat mematikan aset crypto karena perangkat lunaknya gratis dan siapa pun di dunia dapat berpartisipasi untuk membuat jaringan aset crypto tersebut agar lebih aman.
  • Aman Hampir mustahil untuk meretas dan memecahkan aset crypto karena teknologinya dan bagaimana aset crypto tersebut dirancang.

Apa saja aset crypto di luar sana?

Ada banyak jenis aset crypto. Aset crypto paling populer dan yang pertama dibuat adalah Bitcoin. Pencipta Bitcoin, bernama Satoshi Nakamoto, membuat dokumen 9 halaman pada tahun 2008, ia menjelaskan tentang sistem pembayaran elektronik peer-to-peer baru yang disebut Bitcoin. Satoshi kemudian memulai server Bitcoin pertama pada tahun 2009.

Sampai saat ini, kita tidak tahu siapakah Satoshi Nakamoto sebenarnya. Satoshi bisa menjadi pria, wanita, sekelompok orang, atau bahkan alien dari luar angkasa. Inilah yang membuat aset crypto menarik karena identitas tidak diperlukan untuk mengeksekusi sebuah ide. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Bitcoin di sini.

Sejak kemunculan Bitcoin, ada jenis aset crypto lain yang memiliki tujuan berbeda dan memberikan solusi berbeda. Beberapa aset crypto lebih privat daripada yang lain, lebih cepat dari yang lain, lebih dapat diprogram daripada yang lain dan masih banyak lagi. Hingga saat ini, ada lebih dari 500+ aset crypto di luar sana. Beberapa Anda bisa mendapatkannya dari exchange, beberapa tidak.

Apa itu Blockchain?

Aset crypto menggunakan teknologi yang disebut sebagai blockchain. Blockchain sebenarnya hanyalah database yang tidak dapat diganti atau diubah. Anda hanya dapat menambahkan data dalam database ini tetapi Anda tidak dapat menghapus atau mengubahnya di masa mendatang. Masing-masing data ini dikelompokkan ke dalam struktur yang disebut “blok”, yang kemudian dihubungkan dengan blok sebelumnya. Blok-blok tersebut terhubung melalui sidik jari digital, yang disebut hash sehingga membuatnya sangat mudah untuk dideteksi jika seseorang mencoba untuk menipu / mengubah / memodifikasi transaksi sebelumnya. Karena setiap blok terhubung seperti rantai, itulah mengapa database ini disebut blockchain. Blockchain memastikan tidak ada yang dapat memanipulasi riwayat transaksi masa lalu.

Berinvestasi aset crypto

Saat investor membeli saham, mereka akan melihat fundamental dari perusahaan tersebut. Berinvestasi dalam aset crypto hampir serupa seperti berinvestasi saham, tetapi alih-alih melihat perusahaan, investor akan melihat teknologi dan tujuan dari aset crypto tersebut.

Beberapa orang percaya pada dasar fundamental dari sebuah aset crypto sehingga mereka akan menyimpan (HODL) aset crypto untuk waktu yang lama. Cara termudah untuk berinvestasi adalah dengan membeli dan mengumpulkan aset crypto sedikit demi sedikit, sebuah metode yang disebut Dollar Cost Averaging.

Hal terpenting dalam berinvestasi aset crypto adalah Anda dapat memulai berinvestasi dengan jumlah yang kecil. Bahkan hanya dengan Rp 20.000, Anda dapat membeli aset crypto dengan mudah menggunakan Aplikasi Pintu.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang membeli aset crypto di Pintu, baca di sini.

Trading aset crypto

Banyak pengguna aset crypto menggunakannya untuk trading, yang berarti mereka ingin mendapatkan untung dalam jangka waktu pendek. Cara yang paling umum bagi trader untuk mendapatkan keuntungan yaitu ia membeli aset crypto dengan harga rendah dan kemudian ketika harga naik, trader akan menjual posisinya. Seorang trader perlu menggunakan analisis teknis untuk melihat riwayat harga, grafik, dan sarana informasi lainnya untuk memprediksi pergerakan harga.

Trading aset crypto bisa menguntungkan tetapi juga memiliki risiko tinggi karena harga setiap aset crypto masih fluktuatif. Tidak seperti perdagangan saham atau valas, perdagangan aset crypto berjalan 24/7 sepanjang tahun tanpa waktu henti. Dibutuhkan disiplin dan juga jam terbang tinggi untuk menguasai perdagangan aset crypto.

Pemasukan pasif melalui aset crypto

Selain trading dan berinvestasi, ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan pasif melalui aset crypto. Beberapa diantaranya adalah:

  • Mining (Menambang) Mining adalah kegiatan untuk menggunakan kekuatan komputer untuk mengamankan jaringan mata uang crypto seperti Bitcoin dan sebagai imbalannya penambang akan mendapatkan Bitcoin baru. Untuk menerima imbalan ini, setiap penambang harus bersaing satu sama lain untuk membuat blok dengan menyelesaikan algoritma. Saat ini, menambang Bitcoin semakin kompetitif sehingga anda memerlukan ASIC (Sirkuit Terpadu Khusus Aplikasi) untuk melakukan tugas ini. Mining biasanya dilakukan dalam operasi skala besar, tetapi sebagai individu, anda juga dapat bergabung dengan penambang yang ada di mining pool
  • Staking (Bertaruh) Staking adalah alternatif dari mining. Staking menggunakan prosesor yang tidak membutuhkan banyak prosesor seperti kegiatan mining. Blockchain seperti Ethereum 2.0, Polkadot, atau Flow menggunakan staking daripada mining. Perbedaan antara mining dan staking adalah seorang staker perlu menyimpan dananya di dompet dan kemudian melakukan fungsi (seperti memvalidasi transaksi) sebelum menerima imbalan. Staking bisa menjadi cara yang lebih mudah untuk mendapatkan aset crypto daripada menambang.
  • Memberikan Pinjaman Anda bisa mendapatkan bunga dengan meminjamkan aset crypto anda ke dalam program pinjaman peer-to-peer. Suku bunga dapat berupa suku bunga tetap atau berdasarkan suku bunga pasar saat ini.
  • Program Afiliasi/ referral Beberapa bisnis dan pertukaran crypto memiliki program afiliasi atau referal yang dapat membantu anda menghasilkan lebih banyak crypto dengan bergabung dengan program mereka. Jangan lupa untuk membagikan kode referal anda yang tertera di dalam profil pintu kepada teman dan kerabat dekat supaya anda dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan dari pintu.

Apa anda siap untuk belajar lebih banyak?

Semoga dengan membaca pendahuluan ini anda mendapatkan gambaran tentang keajaiban dunia aset crypto. Di Pintu Academy, anda akan menemukan banyak artikel yang akan membantu anda mendapatkan ide yang lebih baik tentang cara berinvestasi, berdagang, dan mendapatkan penghasilan pasif melalui aset crypto. Kami memiliki berbagai topik untuk semua jenis level. Baik anda pengguna aset crypto pemula atau mahir, kami punya semua untuk anda.

Author
ichsan

Bagikan

Artikel Terkait

Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.