Transaction Per Second (TPS)

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Transaksi per detik atau Transaction Per Second (TPS) adalah ukuran maksimal jumlah transaksi yang bisa diproses oleh sebuah jaringan dalam satuan detik. Ini berhubungan dengan kecepatan transaksi setiap jaringan. Semakin besar TPS, semakin cepat setiap transaksi bisa selesai. Solana dan ICP (Internet Computer) merupakan salah satu blockchain yang memiliki TPS yang cukup besar dibandingkan yang lainnya dengan sekitar 3.000 transaksi per detik.

Transactions per second bisa dijadikan ukuran untuk mengevaluasi kapabilitas sebuah blockchain dalam memproses transaksi. TPS yang besar merupakan sebuah keharusan bagi blockchain yang ingin memiliki ekosistem aplikasi yang digunakan oleh banyak orang.

Namun, terdapat banyak faktor yang menentukan transactions per second sebuah blockchain seperti block time, transaction size, dan block size. Sebuah blockchain bisa saja memanipulasi ketiga hal ini untuk menampilkan TPS yang tinggi. Pada akhirnya, TPS tinggi perlu dibuktikan langsung dengan situasi nyata saat jaringan padat.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí