Blockchain

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Blockchain adalah buku besar terdesentralisasi dan digital yang mencatat informasi transaksi aset crypto dalam urutan kronologis. Ia terdiri dari sambungan blok, atau unit informasi digital yang disimpan secara berurutan dalam database publik.

Blockchain adalah teknologi fundamental untuk cryptocurrency karena Ia menyimpan semua data dan catatan transaksi. Apa yang membuat blockchain berbeda dari sistem konvensional adalah catatannya yang terdesentralisasi. Alih-alih disimpan di satu lokasi pusat, blockchain disimpan di komputer setiap penggunanya.

Selain sifatnya yang terdesentralisasi, blockchain juga aman karena sifatnya yang tidak dapat diubah. Hal ini bisa terjadi karena karena kode unik setiap blok yang disebut sebagai hash, yang isinya adalah informasi dari setiap blok sebelumnya dalam suatu blockchain. Artinya, untuk memalsukan atau memodifikasi catatan dalam suatu blockchain, seseorang harus mengubah catatan dalam seluruh blok yang ada. Sistem ini memastikan keamanan blockchain karena datanya hampir tidak dapat dipalsukan.

Kebanyakan blockchain seperti Bitcoin dan Ethereum bersifat publik. Ini memastikan bahwa semua orang dapat melihat catatan transaksi yang dilakukan dalam sebuah blockchain menggunakan aplikasi yang disebut block explorer.

Jelajahi Kosakata Lainnya ‚Üí