Web3

Bagikan
Reading Time: < 1 minute

Web 3.0 atau Web3 adalah istilah yang mengacu kepada konsep ekosistem internet yang lebih terbuka, beroperasi secara otonom, dan dikelola dalam cara yang terdesentralisasi. Pertama kali dicetuskan oleh Gavin Wood, konsep Web3 merupakan evolusi internet yang ingin menjauh dari sistem Web2 yang bersifat tersentralisasi di dalam perusahaan-perusahaan besar yang mengontrol internet (Google dan Amazon).

Konsep desentralisasi yang menjadi pusat Web3 secara alami kompatibel dengan teknologi cryptocurrency dan blockchain. Bahkan, banyak pengembang aplikasi web3 berasal dari industri kripto dan secara aktif bekerja sama dengan berbagai blockchain seperti Ethereum. Banyak komunitas kripto yang menganggap bahwa masa depan Web3 akan menggunakan teknologi blockchain sebagai fondasinya. Anggapan ini didasarkan kepada sifat blockchain yang trustless, permissionless, dan open-source.

Pada dasarnya, blockchain dapat memfasilitasi sistem terbuka di mana data dan algoritma komputer menjadi perantara yang menghubungkan semua penggunanya tanpa harus ada pihak perantara.

Jelajahi Kosakata Lainnya →