Analisis Pasar 13 Mar 2023: Crypto Melemah di Tengah Ketidakpastian Interest Rate, & Tutupnya Silvergate, SVB

Update 13 Mar 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Analisis Pasar 13 Mar 2023: Crypto Melemah di Tengah Ketidakpastian Interest Rate, & Tutupnya Silvergate, SVB
Reading Time: 6 minutes

Industri keuangan seminggu terakhir dipenuh gejolak karena berbagai peristiwa yang menyebabkan fluktuasi di pasar. Industri crypto sempat terpukul, dengan total pasar crypto anjlok ke bawah 1 triliun dolar AS. Apa saja yang terjadi dalam seminggu terakhir, dan bagaimana dampaknya terhadap pasar crypto?

Seperti biasa, tim trader Pintu telah mengumpulkan berbagai data penting yang melakukan analisis terhadap makroekonomi dan pergerakan pasar crypto selama sepekan terakhir. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • ūüŹ¶ Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada hari Selasa lalu memperingatkan bahwa suku bunga kemungkinan akan lebih tinggi dari yang diperkirakan. Pernyataan Jerome tersebut memupus harapan kenaikan suku sebesar 25 bps pada pertemuan 21-22 Maret mendatang, dan meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga yang lebih tinggi, yaitu sebesar 50 bps.
  • ūüŹĘ Silvergate Capital menutup operasi perbankannya. Tidak hanya itu, Silicon Valley Bank (SVB) juga ditutup oleh pengawas keuangan California pada 10 Maret.
  • ūüö® Circle, penerbit USD Coin (USDC), mengonfirmasi bahwa sebanyak $3,3 miliar dolar AS dari total $40 miliar dolar AS cadangan USDC masih disimpan di Silicon Valley Bank. Berita ini menyebabkan aksi jual, mengakibatkan nilai stablecoin ini turun hingga ke bawah $1.
  • ‚ö†ÔłŹ Kapitalisasi pasar crypto sempat anjlok ke bawah angka 1 triliun dolar AS, dan BTC mengalami minggu yang paling berat sejak November 2022.
  • ūüöÄ Akan tetapi, kapitalisasi pasar crypto kembali di atas angka $1 triliun dolar AS pada Senin (13 Maret 2023) setelah pernyataan dari Federal Reserve, Departemen Keuangan AS, dan FDIC bahwa semua deposan Silicon Valley Bank dan Signature Bank akan dapat menarik dana mereka.

Analisis Makroekonomi

Pernyataan Powell di hadapan Komite Jasa Keuangan Amerika Serikat (House Financial Services Committee) pada hari Selasa lalu, memupus harapan kenaikan suku bunga 25 basis poin pada pertemuan 21-22 Maret mendatang dan malah meningkatkan kemungkinan kenaikan sebesar 50 basis poin.

Powell pada hari Selasa lalu memperingatkan bahwa suku bunga kemungkinan akan lebih tinggi dari yang diperkirakan. Akibatnya, probabilitas target interest rate mencapai 5-5,25% telah meningkat secara dramatis dari 30% di minggu lalu menjadi 50% saat ini, seperti yang dapat dilihat pada data di bawah ini.

block-image size-large">Analisis Pasar 13 Mar 2023

Pada hari Jumat, Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat (Bureau of Labor Statistics) merilis laporan yang menunjukkan bahwa nonfarm payrolls telah meningkat sebesar 311.000 menyusul kenaikan 504.000 pada bulan Januari (vs ekspektasi 205.000). Data tersebut menggambarkan pasar tenaga kerja yang masih kuat.

Namun, terlepas dari pertumbuhan lapangan kerja, tingkat pengangguran meningkat menjadi 3,6% karena angkatan kerja yang lebih besar (vs 3,4% di bulan Januari, diharapkan angka berada pada 3,4%). Data ini dapat dilihat di grafik di bawah.

Analisis Pasar 13 Mar 2023

Sementara itu, kurva imbal hasil (yield curve) masih terbalik secara signifikan. Secara historis, kurva hasil yang terbalik telah menjadi indikasi bahwa investor khawatir bahwa pengetatan lebih lanjut oleh Fed dapat mengakibatkan krisis kredit dan pada akhirnya menyebabkan resesi.

Treasury yield spread 10-2 tahun yang negatif merupakan salah satu indikator resesi sejak tahun 1955 hingga 2018, dan biasanya ini terlihat sejak 6-24 bulan sebelum resesi terjadi. Dengan demikian treasury yield spread dipandang sebagai indikator yang unggul. Seperti yang dapat dilihat dari data di bawah, treasury yield spread 10-2 tahun berada di -0,97%, dibandingkan dengan -1,07% pada hari pasar sebelumnya dan 0,26% tahun lalu. Ini lebih rendah dari rata-rata jangka panjang sebesar 0,90%.

Analisis Pasar 13 Mar 2023

Selain itu, pasar ekuitas mengalami penurunan, yang sebagian besar disebabkan oleh terpukulnya saham bank. Hal ini didorong oleh persepsi bahwa ekonomi terlalu kuat dan ekspektasi kenaikan payroll ketenagakerjaan bulan Februari.

Selain itu, kekhawatiran tentang laporan Consumer Price Index (CPI) mendatang untuk bulan Februari, yang mungkin menunjukkan inflasi yang lebih tinggi dari yang diantisipasi, menyebabkan kekhawatiran bahwa Fed mungkin perlu menaikkan suku bunga dana federal untuk jangka waktu yang lebih lama.

Analisis Pasar 13 Mar 2023

Kegelisahan dimulai kemarin ketika Silvergate Capital, pemberi pinjaman utama untuk industri crypto, mengumumkan akan menutup operasi perbankannya, menyebabkan sahamnya anjlok. Kebangkrutan FTX juga merupakan faktor penyebab kematian Silvergate secara bertahap.

Sementara itu, harga saham Silicon Valley Bank turun drastis sebesar 60%, karena investor bergegas menjual saham sebagai tanggapan atas pengumuman bank bahwa akan mengambil tindakan segera dan luar biasa untuk menstabilkan keuangannya. Bank ini adalah penyedia kredit yang signifikan untuk start-up teknologi dan karyawan mereka.

Analisis Pasar 13 Mar 2023

Pada hari Kamis, Jaksa Agung New York Letitia James mengajukan gugatan terhadap KuCoin yang menuduh perusahaan tersebut melanggar hukum dengan menjual sekuritas yang tidak terdaftar, termasuk ETH. Meskipun diperlakukan sebagai komoditas oleh regulator negara bagian dan federal, termasuk Commodity Futures Trading Commission (CFTC), melabeli ETH sebagai sekuritas akan memiliki implikasi yang signifikan untuk pasar crypto, berpotensi menyebabkan perubahan besar dalam cara mata uang dan aset serupa lainnya diperdagangkan di Amerika Serikat.

Analisis Harga BTC

Dengan faktor-faktor mengkhawatirkan yang disebutkan di atas, termasuk aksi jual ekuitas, kekhawatiran tentang suku bunga yang lebih tinggi, dan peningkatan tindakan keras regulasi terhadap cryptocurrency di AS, BTC mengalami minggu yang paling menantang sejak November 2022. Pada hari Jumat, BTC turun sebanyak 3,2%, menembus di bawah angka 20 ribu dolar AS untuk pertama kalinya sejak Januari. Ini terjadi setelah penurunan lebih dari 8% pada hari Kamis.

Pada 3 candle mingguan yang lalu, BTC ditolak pada MA 200 minggu. Kita telah melihat harganya kemudian jatuh, bahkan menembus MA 250 minggu.

Analisis Pasar 13 Mar 2023

Total pasar crypto juga anjlok hingga ke bawah 1 triliun dolar AS minggu lalu, memecah MA 200 minggu seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Analisis Pasar 13 Mar 2023

on-chain" class="joli-heading">Analisis On-Chain

  • ūüďä Bursa Pertukaran: Cadangan devisa yang terus turun menunjukkan tekanan jual yang lebih rendah. Setoran bersih di bursa cenderung tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Deposito yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi.
  • ūüíĽ Penambang: Penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran sedang, dibandingkan dengan rata-rata satu tahunnya.
  • ūüĒó On-Chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan kerugian. Di tengah bear market, ini bisa menunjukkan dasar pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata. Mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka. Investor berada dalam fase ketakutan di mana mereka saat ini memiliki keuntungan yang belum direalisasi yang sedikit lebih banyak daripada kerugian.
  • ūüŹ¶Derivatif: Short position traders dominan dan bersedia membayar long traders. Sentimen beli dominan di pasar derivatif. Lebih banyak pesanan pembelian diisi oleh pembeli. Saat minat terbuka menurun, ini mengindikasikan investor menutup posisi berjangka dan kemungkinan pembalikan tren. Pada gilirannya, hal ini dapat memicu kemungkinan long/short-squeeze yang disebabkan oleh pergerakan harga yang tiba-tiba atau sebaliknya.
  • ūüĒÄ Indikator Teknikal: RSI mengindikasikan kondisi oversold di mana 81.00% pergerakan harga dalam 2 minggu terakhir telah turun dan pembalikan tren dapat terjadi. Ini menunjukkan kondisi netral di mana harga saat ini berada di lokasi moderat antara kisaran tertinggi-terendah dalam 2 minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • ūüö® USDC sempat depeg karena Circle mengonfirmasi $3,3 miliar tertahan di Silicon Valley Bank: Circle penerbit USD Coin (USDC) mengonfirmasi bahwa $3,3 miliar dari $40 miliar cadangan USDC masih disimpan di Silicon Valley Bank. Berita ini menyebabkan aksi jual, mengakibatkan nilai stablecoin ini sempat turun di bawah $1. Akibatnya, stablecoin lain seperti DAI, USDD, dan FRAX juga terpengaruh dan mengalami depegging dari dolar AS.
  • ‚úÖ Proposal Lido untuk upgrade versi V2 telah disetujui. Upgrade V2 ini akan menampilkan tambahan dukungan untuk penarikan staking Ethereum, serta penerapan arsitektur modular dalam bentuk Staking Router. Proposal tersebut menyatakan bahwa, jika disetujui, Lido bermaksud untuk melakukan pengujian di jaringan pengujian Goerli antara tanggal 7 dan 31 Maret. Penerapan versi V2 di mainnet akan bergantung pada waktu upgradeEthereum Shapella dan penyelesaian audit.

Berita Lainnya dari Dunia Kripto dalam Sepekan Terakhir

  • ‚ÄľÔłŹ Silicon Valley Bank ditutup oleh regulator California, dengan lebih dari $5 miliar untuk crypto VC terkemuka: Silicon Valley Bank (SVB) ditutup oleh pengawas keuangan California pada 10 Maret setelah mengumumkan penjualan aset dan saham yang signifikan. Pengawas California menunjuk Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) sebagai penerima untuk melindungi simpanan yang diasuransikan. Silicon Valley Bank adalah salah satu dari 20 bank terbesar di Amerika Serikat, menyediakan layanan perbankan untuk perusahaan ventura ramah crypto, seperti Sequoia Capital dan Andreessen Horowitz.

Performa Aset Kripto dalam Sepekan Terakhir

Analisis Pasar 13 Mar 2023

Aset Kripto dengan Performa Terbaik

  • Kava (KAVA) +24.09%
  • PAX Gold (PAXG) +11.25%
  • Aptos (APT) +3.71%
  • Ethereum (ETH) +1.52%

Aset Kripto dengan Performa Terburuk

  • Synthetix (SNX) -23.10%
  • SingularityNET (AGIX) -23.10%
  • Dash (DASH) -21.95%
  • Maker (MKR) -21.41%

Referensi

Penulis:Pintu Academy Team

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan

Artikel Terkait