Mengenal Blur, Marketplace NFT untuk Para Trader Profesional

Update 24 Feb 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 8 Menit
Gambar Mengenal Blur, Marketplace NFT untuk Para Trader Profesional
Reading Time: 8 minutes

Sejak peluncuran token BLUR pada 14 Januari 2023 lalu, volume perdagangan NFT Ethereum di marketplace Blur telah mencapai lebih dari 500 juta dolar AS dalam seminggu! Ini bahkan melampaui Opensea yang hanya mencapai hampir 150 juta dolar. Lalu, apa itu Blur dan apa yang membuat ia unggul dari Opensea? Yuk, cari tahu semuanya di artikel ini.

block-heading joli-heading" id="ringkasan-artikel">Ringkasan Artikel

  • ūüĖľÔłŹBlur adalah marketplace NFT yang memiliki beragam fitur untuk para trader NFT profesional. Platform ini memiliki banyak fitur untuk mendukung pengalaman trading NFT yang lebih baik sehingga dapat membantu trader mengoptimalkan keuntungan.
  • ‚ö° Marketplace NFT Blur memiliki keunggulan di antaranya adalah memiliki fitur trading dan analisis NFT yang lengkap, tanpa biaya marketplace, dapat memproses transaksi NFT lebih banyak dan cepat, dan lain sebagainya.
  • ūü™ô BLUR adalah token tata kelola dari Blur. Token ini juga berfungsi sebagai imbalan bagi para pengguna yang aktif melakukan transaksi NFT di Blur.
  • ūüíį Peluncuran token BLUR dilakukan dengan sistem airdrop pada tanggal 14 Februari 2023. Pengguna yang memenuhi syarat airdop mendapatkan ‚ÄúCare Package‚Äúberisi token BLUR dan dapat melakukan klaim dalam 60 hari.

Apa itu Blur?

Apa itu Blur? Blur adalah marketplace NFT yang memiliki beragam fitur untuk para trader NFT profesional. Blur dibangun di atas jaringan Ethereum dan memiliki banyak fitur yang mendukung pengalaman trading NFT yang lebih baik sehingga dapat membantu trader mengoptimalkan keuntungan.

Sejak peluncurannya pada Oktober 2022, Blur telah mendominasi pasar NFT berdasarkan volume perdagangan yang didorong oleh tiga tahap airdrop token BLUR. Dikutip dari Messari, sejak Desember 2022, Blur secara rutin menyumbang 40-60% dari volume perdagangan NFT harian, mengungguli semua pesaing lainnya termasuk OpenSea, yang merupakan marketplace NFT terbesar.

Mengenal Blur, Marketplace NFT untuk Para Trader Profesional
Penjualan NFT mingguan di berbagai marketplace NFT. Sumber: Messari

Blur dapat dikatakan sebagai real-time spot exchange untuk NFT yang memberikan pengguna pengalaman trading NFT dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak. Ada banyak informasi dan fitur di dalam Blur, seperti depth chart, penjualan real-time, live activity feed, dan lain-lain.

Selain sebagai marketplace, Blur juga memiliki fitur sebagai agregator NFT yang membandingkan NFT dengan dengan marketplace lainnya, seperti Opensea, LooksRare, dan X2Y2.

Cari tahu juga 8 Daftar NFT Marketplace Pada Ethereum.

Blur dirancang untuk mendorong aktivitas trading NFT melalui kombinasi gamification dan juga pemberian reward berupa token kepada penggunanya. Kedua hal ini membuat platform ini mencatat lebih banyak aktivitas jual beli ketimbang Opensea yang sebelumnya memimpin di pasar jual beli NFT.

Blur memberikan reward kepada trader yang menggunakan bidding pools untuk jual beli dalam jumlah besar atau secara bulk. Tidak hanya itu, platform ini juga memberikan insentif bagi trader yang sering melakukan jual beli NFT.

Siapa Pencipta Blur NFT Marketplace?

Marketplace NFT ini dibangun oleh seorang NFT enthusiast, Pacman, yang sebelumnya menggunakan identitas samaran. Meskipun baru-baru ini ia sudah mengungkap identitas aslinya, dalam Tweet-nya ia menyatakan akan tetap menggunakan nama Pacman dan avatar Vtuber untuk setiap wawancara.

Ia bersama timnya membangun Blur pada 2021 dan meluncurkannya secara resmi pada Oktober 2022. Tim developer Blur terdiri dari para trader NFT profesional dan developer dari MIT, Citadel, Five Rings Capital, Twitch, Breaks, Square, dan Y Combinator.

Pada Maret 2022, Blur berhasil mendapatkan pendanaan awal sebesar 11 juta dolar AS dari Paradigm bersama beberapa investor seperti eGirls Capital, 0xMaki, LedgerStatus, Keyboard Monkey dan investor lainnya.

Cara Menggunakan Blur NFT Marketplace

Mengenal Blur, Marketplace NFT untuk Para Trader Profesional
Tampilan koleksi NFT Mutant Ape Yacht Club. Sumber: Blur

Untuk menggunakan Blur, kamu cukup menyambungkan crypto wallet kamu seperti Metamask, Walletconnect, dan Coinbase wallet. Setelah crypto wallet-mu tersambung, kamu bisa langsung melakukan jual beli NFT.

Ada pilihan tampilan dashboard di pengaturan untuk para collector dan trader NFT. Pada tampilan collector, gambar-gambar terlihat lebih besar dan tampilan halaman lebih sederhana. Sedangkan tampilan untuk trader, ada lebih banyak grafik, data, dan informasi yang lebih padat. Selain itu, kamu juga bisa memilih warna layar, seperti dark, medium dan light mode.

Kelebihan Blur NFT Marketplace

Fitur Analisis yang Lengkap

Blur menyediakan fitur “Sweep the Floor“yang memungkinkan para pro-trader untuk membeli beberapa NFT sekaligus hingga 30 NFT. Platform ini juga menawarkan depth chart yang menampilkan jumlah NFT yang tersedia pada interval berbeda. Fitur ini dapat membantu pembeli memahami dampak pasar dari pembelian mereka. Selain itu, Blur juga dapat membuang NFT dengan transaksi yang tertunda dan NFT yang ditandai sebagai NFT yang mencurigakan.

Saat mengklik NFT tertentu, Blur akan menampilkan fitur-fitur spesifik dari NFT tersebut. Akan muncul sidebar yang memberikan informasi waktu penjualan terakhir, harga dasar, dan persentase volume dari setiap fitur. Informasi tersebut memungkinkan para pedagang untuk menilai sendiri kelangkaan suatu NFT.

Deteksi NFT Langka yang Undervalued

Interface Blur mampu menampilkan dengan jelas traits NFT yang langka dan harga minimum untuk traits tertentu. Ini menyederhanakan proses menentukan nilai yang sesuai untuk NFT dan membuatnya lebih mudah untuk menemukan NFT yang undervalued.

NFT traits adalah sesuatu yang menghidupkan gambar dan membuatnya menyenangkan. Yang termasuk dalam NFT traits seperti atribut, sikap, karakteristik, pakaian, aksesori, ekspresi wajah dan lain-lain.

0% Biaya Marketplace

Marketplace NFT ini menawarkan fitur yang lebih lengkap untuk para trader NFT profesional dengan 0% biaya marketplace. Dengan kata lain, Blur menawarkan fasilitas marketplace, agregator NFT dan trading tools yang canggih tanpa biaya apapun.

Royalti NFT

Blur memberi kesempatan pada pengguna untuk mengatur royalti untuk aset mereka saat melakukan listing NFT. Me-listing NFT adalah salah satu cara bagi pengguna untuk memiliki akses ke porsi yang lebih besar untuk mendapatkan airdrop token BLUR.

Pengaturan ini memberi insentif kepada pengguna yang mengejar keuntungan untuk berkontribusi lebih banyak pada platform Blur. Semakin sering melakukan transaksi, semakin banyak juga kesempatan mendapatkan token BLUR.

Proses Transaksi dengan Cepat

Mengenal Blur, Marketplace NFT untuk Para Trader Profesional
Perbandingan kecepatan Blur vs. Gem. Sumber: Blur

Salah satu alasan tim developer Blur membangun Blur NFT Marketplace adalah untuk merasakan pengalaman trading NFT dengan cepat. Blur dapat memproses transaksi NFT sepuluh kali lebih cepat dibandingkan salah satu agregator NFT terkemuka, Gem.

Blur dapat menampilkan transaksi NFT yang tertunda dalam waktu kurang dari satu detik dan memperbarui daftar listing setiap empat detik. Tampilan secepat kilat untuk transaksi yang tertunda, dikombinasikan dengan pembaruan metadata yang sangat cepat pada koleksi NFT, memberikan keuntungan besar bagi pengguna Blur dalam identifikasi NFT.

Portfolio dengan Analysis Tools yang Lengkap

Ketika pengguna menyambungkan wallet mereka ke akun Blur, pengguna dapat melihat tampilan terperinci dari semua hal yang mereka miliki. Blur menyediakan fitur analisis yang lengkap pada bagian portfolio untuk melihat informasi NFT, keuntungan dan kerugian dari harga NFT, kelangkaan NFT, dan lain-lain.

Baca juga 15 Istilah Populer Dalam NFT yang Perlu Kamu Ketahui.

Tokenomics BLUR

Setelah mengetahui apa itu Blur, kini kita beralih ke token BLUR. BLUR adalah token tata kelola dengan standard ERC-20 yang diluncurkan pada 14 Februari 2023 lalu. Para pemegang token BLUR memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam menentukan perkembangan sistem Blur di masa depan dan menjadikannya lebih terdesentralisasi.

Selain itu, BLUR juga digunakan untuk memberikan royalti kepada pembuat NFT. Para pengguna Blur yang menggunakan platform Blur juga mendapatkan token BLUR dengan cara sistem airdrop.

Mengenal Blur, Marketplace NFT untuk Para Trader Profesional
Alokasi token BLUR. Sumber: Blur Foundation

Total pasokan BLUR adalah 3 miliar token dan telah di-minting di awal. Alokasi token BLUR berdasarkan diagram di atas adalah sebagai berikut:

  • 51% untuk anggota komunitas Blur sebanyak 1.530.000.000 BLUR
  • 29% untuk kontributor inti dengan periode penguncian token 4 tahun sebanyak 867.601.888 BLUR
  • 19% untuk investor dengan periode penguncian token 4 tahun sebanyak 565.633.826 BLUR
  • 1% untuk advisor dengan periode penguncian token 4 hingga 5 tahun sebanyak 36.764.286

Baca juga Apa Itu Minting NFT dan Bagaimana Caranya?

Airdrop Token BLUR

Mengenal Blur, Marketplace NFT untuk Para Trader Profesional
Token BLUR yang dikemas dalam ‚ÄúCare Package‚ÄĚ. Sumber: Blur

Apa itu airdrop token Blur? Airdrop adalah sebuah metode distribusi token BLUR kepada sebagian orang atau komunitas yang diberikan secara cuma-cuma.

Mekanisme airdrop token ini untuk memastikan hanya pengguna yang secara aktif menggunakan platform Blur yang berhak mendapatkan token dan melakukan kontrol terhadap protokol. Ini juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi pengguna dalam bertransaksi di platform ini.

Jumlah token airdrop yang baru saja dirilis Blur ke komunitasnya untuk diklaim adalah 12% dari total pasokan atau sebanyak 360 juta BLUR.

Sistem airdrop token BLUR dibagi dalam tiga tahap:

  1. Pertama, diberikan kepada siapa pun yang memperdagangkan NFT di Ethereum dalam enam bulan menjelang peluncuran Blur di bulan Oktober 2022.
  2. Kedua, diberikan kepada pengguna yang telah me-listing NFT di Blur antara 19 Oktober dan 5 Desember 2022.
  3. Ketiga, diberikan kepada pengguna yang pernah melakukan bidding atau penawaran NFT di Blur.

Semua airdrop diberikan dalam tiga tahap secara berturut-turut pada bulan Oktober, November dan Desember. Pengguna yang telah berpartisipasi dalam listing, trading, dan bidding NFT di Blur akan mendapatkan token BLUR yang dikemas dalam bentuk koleksi NFT dengan berbagai tingkat kelangkaan, yang dikenal sebagai “Care Package“.

Namun, paket baru bisa dibuka setelah token BLUR secara resmi diluncurkan yaitu pada 14 Februari 2023 pukul 1.30 PM ET. Pengguna memiliki 60 hari untuk dapat mengklaim paket tersebut.

BLUR sebagai Investasi

Harga BLUR saat ini (22 Februari 2023) berada di 0.95 dolar AS dengan volume perdagangan harian mencapai lebih dari 590 juta dolar AS. Dari Coinmarketcap, BLUR berada di posisi ke 117 dengan jumlah market cap mencapai lebih dari 370 juta dolar AS.

Di awal peluncurannya, BLUR sempat mencapai harga 5.1 dolar AS pada 15 Februari 2023 lalu. Tetapi tekanan jual yang besar mendorong harga kembali turun serendah 0,5 dolar AS sebelum akhirnya mulai naik kembali.

Mengenal Blur, Marketplace NFT untuk Para Trader Profesional
Peringkat marketplace NFT berdasarkan volume perdagangan di seluruh jaringan. Sumber: DappRadar

Menurut data dari DappRadar, Blur telah menghasilkan perdagangan NFT Ethereum senilai lebih dari 894 juta selama sebulan terakhir (Februari 2023), meningkat 117% dari periode yang sama sebelumnya. Sementara itu, Opensea mengalami peningkatan volume perdagangan sebesar 64% menjadi lebih dari 486 juta selama periode tersebut. Di posisi ketiga, X2Y2, mencatat 63.5 juta dolar AS dalam perdagangan pada waktu tersebut.

Walaupun Opensea unggul dalam jumlah active user, namun Blur mendominasi pasar NFT dalam jumlah volume trading yang lebih tinggi. Hal ini membuktikan bahwa para trader profesional atau whales NFT membeli lebih banyak NFT di Blur, dibandingkan para retail yang membeli beberapa NFT saja di Opensea.

Mengenal Blur, Marketplace NFT untuk Para Trader Profesional
Sumber: DefiLlama

Dari gambar di atas, terlihat jumlah dana yang terkunci (TVL) pada bidding pool Blur mencapai 125 juta dolar AS. Penawaran atau bidding sangat penting untuk mendukung harga dasar koleksi NFT.

Bidding NFT merupakan penjualan NFT melalui lelang pada platform terdesentralisasi. Kepemilikan NFT ditransfer dari penjual ke penawar tertinggi, sebagai pemenang lelang.

Secara keseluruhan, melihat pertumbuhannya yang signifikan, BLUR memiliki potensi yang menarik dalam dunia NFT. Terlebih sistem airdrop yang terus diterapkan oleh tim developer untuk meningkatkan keterikatan pengguna dengan platform marketplace NFT tersebut.

Namun, Blur masih relatif baru sebagai marketplace NFT sehingga untuk saat ini Blur baru dapat mendukung NFT Ethereum saja. Selain itu, Blur didesain untuk para trader profesional dengan memiliki analysis tools lengkap. Banyak pengguna NFT baru yang memasuki pasar mungkin mencari platform yang lebih sederhana yang dapat mereka pelajari.

Dengan jumlah market cap yang saat ini, membuat volatilitas harga BLUR cukup tinggi. Oleh karena itu, untuk berinvestasi pada token ini pastikan kamu sudah mempertimbangkan risikonya. Sehingga, kamu bisa menyusun strategi dan melakukan riset sebelum melakukan investasi. Itulah penjelasan mengenai apa itu BLUR pada kali ini.

Cara Membeli Token BLUR di Pintu

Setelah mengetahui apa itu Blur, kamu bisa mulai berinvestasi pada token BLUR dengan membelinya di aplikasi Pintu. Berikut cara membeli BLUR pada aplikasi Pintu:

  1. Buat akun Pintu dan ikuti proses verifikasi identitasmu untuk mulai trading.
  2. Pada homepage, klik tombol deposit dan isi saldo Pintu menggunakan metode pembayaran pilihanmu.
  3. Buka halaman market dan cari token BLUR.
  4. Klik beli dan isi nominal yang kamu mau.
  5. Sekarang kamu sudah mempunyai token BLUR!

Selain token BLUR, kamu juga bisa berinvestasi pada aset crypto lainnya seperti BTC, BNB, ETH, dan yang lainnya melalui Pintu secara aman dan mudah. Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu.

Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Pacman, Blur is LIVE!, Blur, diakses 21 Februari 2023
  2. Shawn Johnson, Blur NFT Marketplace: The New NFT Heaven for Professional Traders, Business News, diakses 21 Februari 2023
  3. William M. Peaster, Blur Day, Bankless, diakses 21 Februari 2023
  4. Eric James Beyer, Blur’s Token is Live: Here’s Everything You Need to Know, NFT Now, diakses 21 Februari 2023
  5. Bitkan, Blur ($BLUR) Explained: What is Blur and how to buy BLUR coin (2023/2024 Edition), Medium, diakses 21 Februari 2023
  6. @0xMavWisdom, New player Blur: another challenge to OpenSea, Wu Blockchain, diakses 21 Februari 2023
  7. Andrew Hayward, Blur Overtakes OpenSea as Ethereum NFT Trading Skyrockets, Decrypt, diakses 24 Februari 2023
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan