Analisis Pasar 27 November 2023: Resistensi BTC di Level $39.000

Update 27 Nov 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Analisis Pasar 27 November 2023: Resistensi BTC di Level $39.000
Reading Time: 6 minutes

Pasar crypto setiap pekannya menghadapi peristiwa yang mengejutkan, salah satunya dengan mundurnya CEO Binance Changpeng Zhao. Pasar crypto sempat merespons berita tersebut dengan turun sekitar 5%, namun hanya berselang satu hari kondisi pasar kembali pulih kembali. Lantas, apakah ada dampak lain terhadap harga BTC di tengah kondisi pasar saat ini? Simak analisis lengkapnya di bawah ini.

Tim trader Pintu telah mengumpulkan informasi penting dan menganalisis keadaan ekonomi secara umum serta pergerakan pasar mata uang crypto selama satu minggu terakhir. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semua informasi pada Analisis Pasar ini bertujuan sebagai edukasi, bukan saran finansial.

Ringkasan Artikel

  • ūüö®¬†Pejabat the Fed mencapai konsensus akan melakukan pendekatan terhadap kenaikan suku bunga dengan hati-hati.
  • ūüŹ°¬†Pembangunan rumah baru di Amerika Serikat (AS) meningkat 1,9% di bulan Oktober ke tingkat tahunan 1,37 juta, sedangkan izin mendirikan bangunan meningkat 1,1% di bulan Oktober ke tingkat tahunan 1,49 juta.
  • ūüďȬ†Klaim pengangguran awal turun 24.000 menjadi 209.000 yang disesuaikan secara musiman untuk pekan yang berakhir pada 18 November. Klaim lanjutan turun 22.000 menjadi 1,840 juta untuk pekan yang berakhir 11 November.
  • ‚úćūüŹĽ¬†BTC masih bergerak sideways di kisaran harga $35,500 dan $38,000. Resistensi terbesar berada di $39.000 dan support di $36,250.
  • ūüĎĬ†ETH telah memulai tren bullish ringan dengan harga ETH mencapai $2087. Secara mingguan ETH naik 4,7%, meskipun volume perdagangan menurun 36%.

Analisis Makroekonomi

Pembangunan Perumahan dan Izin Mendirikan Bangunan

Pada bulan Oktober, pembangunan rumah baru di AS mencapai 1,37 juta unit, melampaui ekspektasi dan menunjukkan kenaikan 1,9% dari bulan September, sementara izin mendirikan bangunan naik ke tingkat tahunan 1,49 juta, menandakan potensi pertumbuhan pembangunan rumah di masa depan. Meskipun izin bangunan untuk keluarga tunggal hanya meningkat sedikit sebesar 0,5%, konstruksi secara keseluruhan masih di bawah norma historis karena tingginya tingkat hipotek. Di tengah kekhawatiran mengenai ketahanan sektor konsumen, laporan terkini menunjukkan, para pengembang tidak mengantisipasi resesi yang mendekat melainkan tetap optimis terhadap pasar perumahan baru. Pengembang percaya pada kemampuan mereka untuk menjual rumah dengan cepat tanpa menumpuk persediaan berlebih bahkan dalam skenario resesi.

Indikator Ekonomi Lainnya

  • Risalah FOMC: Pejabat Federal Reserve sepakat untuk melakukan pendekatan kenaikan suku bunga di masa depan dengan hati-hati. Saat ini inflasi menunjukkan tanda-tanda perlambatan, dengan bergesernya arah The Fed dalam mempertahankan tingkat kebijakan saat ini kecuali terjadi perkembangan inflasi yang tidak terduga. Selanjutnya, The Fed mengamati bahwa pengetatan kebijakan moneter tambahan akan disesuaikan jika informasi yang masuk menunjukkan tidak ada kemajuan terhadap tujuan inflasi.
  • Penjualan rumah yang sudah ada: Pada bulan Oktober, penjualan rumah yang sudah ada di AS turun 4,1% ke tingkat tahunan 3,79 juta, menandai level terendah dalam lebih dari 13 tahun. Penurunan sebagian besar disebabkan oleh tingginya suku bunga KPR dan kelangkaan rumah yang tersedia. Pada saat yang sama, median harga rumah yang ada naik 3,4% menjadi $391.800, mencetak rekor tertinggi untuk bulan ini. Kombinasi harga tinggi, kenaikan suku bunga KPR, dan rendahnya tingkat relokasi pemilik rumah telah menyebabkan stagnasi di pasar.
  • Barang Tahan Lama: Menurut laporan Biro Sensus pada hari Rabu, Pesanan Barang Tahan Lama di Amerika Serikat mengalami penurunan sebesar 5,4%, dengan total $16 miliar, dan mencapai $279,4 miliar pada bulan Oktober. Hal ini terjadi setelah kenaikan 4,6% pada bulan September dan lebih buruk dari kontraksi yang diantisipasi pasar sebesar 3,1%.
  • Klaim Pengangguran Awal: Data klaim pengangguran AS menunjukkan penurunan 24.000 menjadi 209.000 yang disesuaikan secara musiman untuk minggu yang berakhir pada tanggal 18 November. Penurunan ini menunjukkan perlambatan bertahap di pasar tenaga kerja yang dipengaruhi oleh tingkat suku bunga lebih tinggi saat ini. Selain itu, klaim yang terus berlanjut juga mengalami penurunan 22.000 menjadi 1,840 juta untuk pekan yang berakhir pada tanggal 11 November. Tren-tren ini mengindikasikan pasar tenaga kerja yang tangguh yang pada gilirannya menunjukkan berkurangnya kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut oleh Federal Reserve dalam waktu dekat. Penurunan dalam klaim awal dan klaim lanjutan mendukung pandangan pasar tenaga kerja yang kuat, meskipun terjadi perlambatan.

Analisis Harga BTC & ETH

BTC

Pasar crypto pekan lalu dikejutkan dengan pengakuan bersalah pendiri dan CEO Binance Changpeng Zhao (dikenal dengan CZ) atas pelanggaran pencucian uang. Atas berita tersebut, CZ mengundurkan diri dari bursa crypto terbesar di dunia ini sebagai bagian dari penyelesaian lebih lanjut dengan penegak hukum dan regulator keuangan AS.

Merespons berita tersebut, pasar crypto turun sekitar 5%, dengan arus keluar aset crypto dari Binance senilai sekitar $1 miliar. Dibandingkan dengan arus keluar saat kejatuhan bursa crypto FTX, jumlah ini relatif kecil. Anehnya setelah penurunan tersebut, keesokan harinya pasar kembali pulih mencapai level yang setara dengan hari Senin (20/11). Ini merupakan bukti nyata dari kekuatan dan ketahanan kondisi pasar crypto saat ini.

Dari sisi teknikal, BTC masih bergerak sideways di kisaran harga $35,500 dan $38,000. Resistensi terbesar akan berada di $39.000 dan support berada di $36,250. Bollinger Bands mengindikasikan volatilitas yang signifikan pada harga Bitcoin karena terdapat jarak yang lebar. Sementara itu, Relative Strength Index (RSI) berada di bawah garis rata-rata yang menandakan aktivitas bearish pada harga Bitcoin meskipun ada pergerakan naik.

ETH

ETH telah memulai tren bullish dengan harga ETH mencapai $2.087. Secara mingguan kenaikan ETH mencapai 4,7%, meskipun volume perdagangan menurun 36% selama periode yang sama saat ini mencapai $7,7 miliar.

Bollinger Bands menunjukkan volatilitas yang substansial dalam harga ETH karena jaraknya yang luas. Secara bersamaan, RSI berada di bawah garis rata-rata, menunjukkan aktivitas bearish dalam harga ETH meskipun ada pergerakan naik.

Analisis On-Chain

  • ūüďä Bursa Pertukaran: Cadangan devisa yang terus turun mengindikasikan tekanan jual semakin rendah. Simpanan bersih di bursa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Simpanan yang lebih tinggi dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih tinggi
  • ūüíĽ Penambang: Penambang menjual kepemilikan dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun dengan pendapatan berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • ‚õďÔłŹ¬†On-Chain: Di tengah pasar bullish, banyak investor yang menjual dengan keuntungan. Hal ini dapat mengindikasikan puncak pasar. Pergerakan pemegang jangka panjang dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata. Mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka.
  • ūüŹ¶ Derivatif: Trader posisi long sangat dominan dan bersedia membayar kepada trader posisi short. Sentimen beli mendominasi di pasar derivatif. Lebih banyak order jual yang diisi oleh pengambil posisi. Ketika open interest (OI) menurun mengindikasikan investor menutup posisi futures dan kemungkinan adanya pembalikan tren yang dapat memicu terjadinya tekanan jual/beli yang disebabkan oleh pergerakan harga yang tiba-tiba atau sebaliknya.
  • ūüĒĬ†Indikator Teknikal: Relative Strength Index¬†(RSI) mengindikasikan kondisi netral. Stochastic mengindikasikan kondisi netral di mana harga saat ini mendekati level moderat dalam kisaran tertinggi dan terendah dalam 2 minggu terakhir.

Berita Seputar Altcoins

  • Token BLUR Meroket 22% Setelah Binance Listing dan Optimism Protokol Blast. Token asli dari platform non-fungible token (NFT) Blur (BLUR) mengalami lonjakan signifikan sebesar 22%, mencapai hingga $0,64, setelah terdaftar di fitur konversi Binance. Ditujukan untuk menyederhanakan transaksi bagi pelanggan ritel Binance, fitur ini memungkinkan pembelian dan penjualan aset yang lebih mudah tanpa order book tradisional. Peningkatan nilai BLUR meningkatkan minat dan kepercayaan pada platform NFT dan aset digital di pasar mata uang crypto yang lebih luas.
  • Layer 2 Blast Berhasil Kumpulkan Lebih dari $500 juta. Peluncuran Blast baru-baru ini, sebuah jaringan Ethereum layer-2, telah mengumpulkan lebih dari $535 juta dalam bentuk total value locked (TVL) karena para pengguna dengan penuh semangat mengunci dana untuk mendapatkan potensi imbal hasil dan reward.

Berita Lainnya dari Dunia Crypto dalam Sepekan Terakhir

  • ETF Bitcoin Siap Merevolusi Investasi Kripto di Wall Street dengan Potensi $100 Miliar. ETF Bitcoin di Wall Street diharapkan akan disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Persetujuan ini akan memperluas investasi mata uang kripto secara signifikan kepada khalayak yang lebih luas, termasuk investor institusi dan ritel. Menurut Bloomboerg Intelligence, perkembangan ini berpotensi mengembangkan pasar ETF spot-Bitcoin menjadi sektor senilai $100 miliar. Pengenalan ETF juga diperkirakan dapat mengubah pasar mata uang kripto dengan menawarkan metode investasi secara langsung dan efisien dibandingkan dengan opsi yang ada.
  • KyberSwap DEX Mengalami Peretasan Senilai $48 Juta, Penyerang Memberi Sinyal Negosiasi. KyberSwap, sebuah bursa terdesentralisasi (DEX), telah mengalami peretasan yang signifikan yang mengakibatkan hilangnya hampir $50 juta. Platform, yang memiliki lebih dari $80 juta total nilai terkunci (TVL) sebelum kejadian, melihat dana yang dicuri terutama dalam Ether, wrapped ether (wETH), dan USDC di berbagai rantai, termasuk $20 juta dari Arbitrum, $15 juta dari Optimism, dan $7 juta dari Ethereum. Penyerang telah mengindikasikan kesediaan untuk bernegosiasi, dengan menyatakan bahwa mereka akan memulai diskusi setelah beristirahat, sebuah pernyataan yang disertai dengan komentar tentang cuaca

Performa Aset Crypto Sepekan Terakhir

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Blur (BLUR) +97.35%
  • Sei (SEI) +69.03%
  • The Graph (GRT) +27.66%
  • Sui (SUI) +24.98%

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Celestia (TIA) -19.58%
  • Ordinals (ORDI) -17.99%
  • THORChain (RUNE) -12.54%
  • Dogecoin (DOGE) -7.50%

Referensi

Penulis:Moch. Yoga Samudera

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan