Apa itu BALD & Cara Menghindari Rug Pull Token Meme

Update 9 Aug 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 6 Menit
Gambar Apa itu BALD & Cara Menghindari Rug Pull Token Meme
Reading Time: 6 minutes

Kita telah mengenal sejumlah token meme populer seperti DOGE, SHIB, PEPE, FLOKI, dan banyak lagi. Namun, baru-baru ini, dunia crypto dihebohkan dengan kehadiran token meme yang tak terduga, yaitu BALD. Kehebohan ini tak lepas dari lonjakan harga yang mencapai lebih dari 4.000% dalam waktu satu hari! Namun, sayangnya, euforia ini segera memudar saat harga BALD tiba-tiba merosot tajam, mengundang dugaan terkait adanya praktik rug pull dalam proyek ini. Melalui artikel ini, kami akan mengulas secara mendalam mengenai apa itu token meme BALD, mekanisme rug pull yang terjadi, dan memberikan berbagai tips untuk menghindari risiko rug pull pada proyek-token meme sejenis.

Ringkasan Artikel

  • ‚õďÔłŹ¬†BALD adalah token meme yang beroperasi di jaringan Base, sebuah proyek Layer 2 Ethereum hasil kerja sama Coinbase dan Optimism.
  • ūüö®¬†Peluncuran token BALD di jaringan Base melalui DEX Leetswap disambut dengan antusiasme, seperti token meme lainnya. Namun, token meme seperti BALD umumnya tidak memiliki roadmap yang jelas atau nilai fundamental yang kuat.
  • ‚ė†ÔłŹ¬†Developer anonim menciptakan token BALD dan memengaruhi harganya melalui likuiditas, pembelian, dan penarikan dana. Peristiwa ini menyebabkan fluktuasi tajam pada harga BALD dalam waktu singkat.
  • ūüĎ欆Sebelum berpartisipasi dalam pasar token meme, ada baiknya kamu melakukan riset menyeluruh, tidak FOMO, mengenal tim developer, dan menghindari beli token saat harga naik tajam.

Apa itu BALD?

Sumber: Garlam

BALD adalah sebuah token meme yang beroperasi di jaringan Base. Base adalah jaringan Layer 2 Ethereum yang dibangun menggunakan teknologi OP Stack. Pengembangan Base merupakan hasil kerja sama Coinbase dengan Optimism.

Base merupakan proyek ambisius Coinbase yang memungkinkan pembuatan dApps menggunakan keamanan Ethereum dan integrasi Coinbase. Base dapat menerapkan biaya rendah dan kompatibilitas penuh dengan Ethereum Virtual Machine (EVM). Ia juga mendukung transaksi tanpa biaya dan memungkinkan pengembangan aplikasi lintas blockchain (cross-chain).

Baca juga: Mengenal Ekosistem OP Stack dan Optimism Superchain.

Base memudahkan developer dApps untuk mengakses produk dan distribusi dari Coinbase. Contohnya seperti integrasi yang mulus, kemudahan dalam menghubungkan mata uang fiat, serta akses ke jutaan pengguna terverifikasi dalam ekosistem Coinbase.

Tak heran, para pengguna crypto sangat antusias menyambut peluncuran token crypto baru yang diluncurkan dalam jaringan Base melalui Leetswap. Leetswap adalah DEX yang beroperasi di dalam ekosistem Base. Di DEX ini, token BALD diperdagangkan.

Token BALD sendiri diciptakan oleh developer anonim. BALD mengacu pada humor terhadap CEO Coinbase, Brian Armstrong, yang dikaitkan dengan kepala pelontos. Selain BALD, ada beberapa token meme di jaringan Base seperti BRIAN, BASEDHAIR, BALDINU, dan lain-lain.

Seperti kebanyakan token meme lainnya, BALD hanyalah token meme yang tidak memiliki roadmap dan nilai fundamental yang kuat. Hal ini diungkapkan oleh developer BALD melalui akun Twitter-nya @BaldBaseBald.

Pada Minggu, 30 Juli 2023, token BALD tiba-tiba mengalami lonjakan harga hingga mencapai lebih dari 4.000%! Namun, dalam sehari token BALD tiba-tiba turun tajam hingga 92% pada Senin, 31 Juli 2023.

Pada saat itu, token BALD belum memiliki user interface (UI), sehingga tidak memungkinkan untuk menjembatani kontrak. Artinya pengguna tidak bisa menarik dananya dengan cepat. Hanya ada bridge satu arah yang tersedia, yang menghubungkan kembali ke blockchain Ethereum. Ini melalui mekanisme Optimism namun membutuhkan waktu yang lama sekitar tujuh hari (challenge periode Optimism). Walaupun demikian, token ini tetap menarik investasi besar.

Pelajari lebih dalam tentang Optimism dan cara kerjanya di sini.

Coinbase meluncurkan testnet Base pada 23 Februari 2023, sementara mainnet-nya baru diluncurkan pada 9 Agustus 2023. Artinya, token BALD beroperasi di testnet Base.

Apa yang Terjadi pada Token BALD?

Sumber: notEezzy

Dalam twit seorang pengamat DeFi, DeFi Warhol, developer anonim BALD disebut sebagai ‚ÄúThe Boss.‚ÄĚ Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan merujuk developer tersebut sebagai ‚ÄúThe Boss.‚ÄĚ

Pada tanggal 29 Juli 2023 pukul 18:43 UTC (01:43 WIB), The Boss membuat token BALD. Ia merupakan seorang crypto whale dengan alamat wallet 0xccfa0530b9d52f970d1a2daea670ce58e4176389.

Setelah membuat token, The Boss secara bertahap mengisi likuidasi token tersebut. Pada 30 Juli 2023 sekitar pukul 04:00 UTC (11:00 WIB), ia mulai menambahkan lebih dari 100 ETH dalam setiap transaksinya ke pool likuiditas BALD. Hingga total, ia menyetor 6.187 ETH ke dalam pool BALD.

Kemudian, pada 31 Juli 2023 pukul 12:14 UTC (19.14 WIB), peristiwa menarik terjadi. The Boss mulai membeli token BALD dengan melakukan lebih dari 80 pesanan beli, masing-masing senilai 10 hingga 30 ETH.

Totalnya, The Boss menyuntikkan 1.150 ETH ke dalam pasar, yang berdampak pada kenaikan harga BALD dari 0.05455 menjadi 0.09578.

Namun, yang paling menarik adalah peristiwa yang terjadi setelahnya. Setelah melakukan peningkatan harga (pumping), tiba-tiba The Boss menarik 10.705 ETH (sekitar 20 juta dolar AS) dari likuiditas pool BALD.

Dampaknya, harga BALD turun sangat tajam seperti yang terlihat pada gambar di atas. Di sisi lain, saldo akun The Boss meningkat hingga sekitar 5 juta dolar AS dan akun Twitter-nya dibanjiri oleh twit ‚ÄúREKT‚ÄĚ (sebuah istilah yang merujuk pada kerugian besar dalam perdagangan crypto).

Sumber: Rekt crypto boy

Pelajaran dan Cara Menghindari Rug Pull Token Meme

Praktik rug pull pada token meme tidak hanya terbatas pada BALD. Sebelumnya, kita telah menyaksikan kasus serupa pada token Squidgame (SQUID), di mana developer-nya secara tiba-tiba menarik semua dana dan meninggalkan proyek. Dari kejadian token BALD, berikut pelajaran dan beberapa tips yang dapat kamu perhatikan sebagai investor:

1. Jangan FOMO

Investor yang terjun ke dalam pasar koin meme tanpa pemahaman yang memadai dapat berisiko terkena rugi besar. Koin meme cenderung memiliki nilai yang sangat bervariasi, bahkan volatilitas yang tinggi, dan sering kali tidak memiliki dasar yang kuat. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pengetahuan yang cukup sebelum terlibat dalam investasi atau perdagangan koin meme.

Kamu juga harus waspada terhadap pengaruh yang tidak semestinya dari hype di platform media sosial. Daripada mengambil keputusan impulsif karena FOMO, lebih bijaksana untuk melakukan riset menyeluruh terlebih dahulu.

2. Hindari Alokasi Dana dalam Jumlah Besar pada Token Meme

Alokasi dana dalam jumlah besar pada token meme berisiko tinggi karena nilai dan stabilitasnya sangat tidak dapat diprediksi. Sentimen di pasar crypto dapat sangat dipengaruhi oleh perubahan tren sosial atau peristiwa tak terduga (seperti rug pull), yang bisa mengakibatkan fluktuasi besar dalam nilai aset tersebut.

Jika kamu tertarik untuk berpartisipasi pada token meme, pertimbangkan untuk mengalokasikan hanya sebagian kecil dari portofolio kamu. Juga selalu gunakan ‚Äėuang dingin‚Äô atau uang yang kamu anggap ‚Äėsiap hilang‚Äô jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Kenali Tim Pembuat Token

Mengenal tim di belakang token merupakan hal yang krusial. Tim yang terdiri dari individu dengan rekam jejak yang kuat dan pengalaman dalam industri crypto dapat memberikan keyakinan bahwa proyek tersebut memiliki potensi nyata.

Tim anonim seperti developer token BALD, menjadi salah satu red flag dalam proyek crypto khususnya token meme. Ketika tim di balik suatu proyek memilih untuk tetap anonim dan tidak mengungkapkan identitas mereka, ini bisa memunculkan ketidaktransparan dan ketidakpastian yang meningkatkan risiko bagi investor.

4. Jangan Beli Token Meme saat Harganya sedang Naik Signifikan

Saat harga token meme mengalami kenaikan yang tajam dan cepat, kamu harus mempertimbangkan dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk membeli. Hal ini karena tren harga yang naik secara drastis sering kali diikuti oleh koreksi yang signifikan.

Ketika tren harga sudah mencapai puncak, ada kemungkinan besar bahwa kamu akan membeli di harga tertinggi dan berisiko mengalami kerugian saat koreksi terjadi. Para investor yang ingin mengambil keuntungan di harga tertinggi, dapat menjatuhkan harga token dengan cepat.

Selalu ingat bahwa koreksi pasar adalah bagian alami dari pergerakan harga dalam pasar crypto.

5. Pilih Proyek Crypto dengan Fundamental Kuat Dibandingkan Token Meme

Ketika pasar Bitcoin mengalami pergerakan harga yang datar dan kurang menarik (sideways), ada peluang untuk lebih berfokus pada proyek crypto yang memiliki dasar fundamental yang kuat dan inovatif.

Memilih proyek dengan fundamental kuat memiliki sejumlah keuntungan dibandingkan dengan terlibat dalam token meme yang memiliki risiko rug pull yang tinggi.

Kamu dapat meluangkan waktu dalam memahami proyek-proyek yang berkualitas. Dibandingkan terjebak dalam pencarian cepat keuntungan dengan token meme.

Lengkapi pemahaman kamu tentang cara menghindari jebakan token meme di sini.

Kesimpulan

Token meme ‚ÄúBALD‚ÄĚ berjalan di jaringan Base, sebuah Layer 2 Ethereum yang dikembangkan oleh Coinbase dan Optimism. Namun, proyek anonim seperti ‚ÄúBALD‚ÄĚ dapat menjadi tanda peringatan dalam dunia crypto, terutama dalam kasus token meme.

Anonimitas pengembang meningkatkan risiko penipuan dan fluktuasi tajam dalam nilai, seperti yang terjadi pada ‚ÄúBALD‚ÄĚ, yang mengalami lonjakan hingga 4.000% dalam satu hari sebelum merosot 92% setelah ‚Äėrug pull‚Äô. Sebagai investor, penting untuk waspada terhadap proyek dengan tim anonim dan selalu berinvestasi dengan pengetahuan dan kehati-hatian.

Membeli Aset Crypto di Aplikasi Pintu

Kamu bisa berinvestasi pada aset crypto seperti DOGE, BTC, ETH dan lainnya tanpa harus khawatir adanya penipuan melalui Pintu. Selain itu, semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi

  1. Sam Reynolds dan Shaurya Malwa, Is Sam Bankman-Fried Tied to a New Apparent Crypto Scam Called BALD? Coindesk, diakses 7 Agustus 2023.
  2. Mat Di Salvo, BALD Meme Coin on Coinbase Layer-2 Goes to Zero as Dev Pulls Liquidity, Decrypt, diakses 7 Agustus 2023.
  3. Defi Warhol, What Happened to BALD? Twitter, diakses 8 Agustus 2023.
  4. Darius King, Unravelling the $BALD token saga: A 24-hour whirlwind of astronomical gains, Twitter frenzy, and a dramatic rug pull, Twitter, diakses 8 Agustus 2023.
  5. Syofri Taka, Rug Pull Crypto BALD yang Diterbitkan di Blockchain Coinbase, Blockchain Media, diakses 8 Agustus 2023.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan