Analisis Pasar 8-14 Agustus: ETH Melonjak Jelang The Merge, Inflasi AS Turun ke 8.5%

Update 15 Aug 2022 • Waktu Baca 3 Menit
Gambar Analisis Pasar 8-14 Agustus: ETH Melonjak Jelang The Merge, Inflasi AS Turun ke 8.5%
Reading Time: 3 minutes

Data terakhir dari Consumer Price Index (CPI) menunjukkan bahwa inflasi harga konsumen di Amerika Serikat (AS) melandai ke angka 8,5% secara tahunan pada Juli 2022. Sementara itu, harga ETH terus meningkat seiring dengan implementasi the Merge yang semakin dekat. Bagaimana analisisnya lengkapnya?

Tim trader Pintu sudah mengumpulkan berbagai data penting tentang pergerakan harga pasar aset kripto selama seminggu terakhir yang terangkum pada Analisis Pasar di bawah ini. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa semua informasi dari Analisis Pasar ini memiliki tujuan edukasi dan informasi, bukan saran finansial.

block-heading joli-heading" id="ringkasan-analisis-pasar">Ringkasan Analisis Pasar

  • 📉 Data terakhir dari Consumer Price Index (CPI) menunjukkan bahwa inflasi harga konsumen di Amerika Serikat (AS) melandai ke angka 8,5% secara tahunan pada Juli.
  • 📊 Pada grafik mingguan, BTC masih berada di garis support MA 200 minggu dan masih dalam bearish flag channel.
  • 🚀 ETH melanjutkan momentum positifnya menyusul semakin dekatnya implementasi the Merge. Dominasi ETH telah menunjukkan momentum yang kuat (20,6%), yang disebabkan oleh harga ETH yang melonjak tinggi.
  • 💡 Crypto Fear and Greed Index saat ini berada di angka 42, sebuah peningkatan yang signifikan selama 1 bulan, di mana sebelumnya sempat mencapai angka 15.

Inflasi AS Turun ke 8.5%

Data Consumer Price Index (CPI) baru yang dirilis minggu lalu menunjukkan inflasi Amerika Serikat telah mencapai puncaknya. Pada Juli 2022, angka inflasi akhirnya turun dari 9,1% di bulan Juni (yang merupakan angka tertinggi dalam 40 tahun terakhir) ke angka 8.5% di bulan Juli 2022. Hal ini disebabkan oleh indeks harga konsumen yang lebih rendah dari yang telah diperkirakan sebelumnya.

Data Consumer Price Index (CPI) menunjukkan inflasi mengalami penurunan ke 8.5%

Indeks harga produsen, yang menjadi tolak ukur harga grosir, turun 0,5% di bulan Juli karena penurunan harga energi. Keuntungan year-on-year tercatat sebesar 9,8%. Seperti yang dapat dilihat pada grafik di bawah, angka kenaikan tahunan ini adalah yang terendah sejak Oktober 2021 dan pergerakan bulanan mengalami penurunan pertama sejak April 2022. Ini adalah salah satu tanda bahwa terjadi perlambatan kenaikan harga.

salah satu tanda bahwa terjadi perlambatan kenaikan harga

💡 Dikutip dari CoinDesk, BTC dan ETH sempat melonjak masing-masing 2% dan 7% pasca diumumkannya data CPI pada 10 Agustus lalu, menandakan adanya kelegaan dari crypto traders bahwa bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve, mungkin akan melonggarkan pendekatan agresifnya untuk pengetatan kondisi moneter.

Pergerakan Harga BTC 8-14 Agustus 2022

Sementara itu BTC tidak banyak bergerak selama seminggu terakhir. Satu hal positif yang bisa dilihat adalah bahwa BTC telah membuat titik support lain pada garis MA 200 minggu seperti yang bisa kita lihat pada grafik di bawah. Hal ini menggembirakan karena semakin sering BTC berhasil membentuk support, kita dapat semakin bahwa BTC saat ini sudah berada pada posisi pembalikan ke arah atas.

Pergerakan Harga BTC 8-14 Agustus 2022

BTC saat ini masih dalam bearish flag channel. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika harga bergerak bullish, MA 100 hari yang saat ini berada di dekat level 25,5 ribu dolar AS, akan menjadi hambatan pertama sebelum BTC masuk ke zona 30 ribu dolar AS. Dalam kasus pola bearish, terdapat kemungkinan harga untuk akhirnya menembus pola ini.

BTC saat ini masih dalam bearish flag channel

BTC Dominance telah memasuki zona <40%, area ini secara historis menjadi titik terendah BTC.D. Kisaran bottom atau titik terendah adalah antara 39-40%. Mengingat keakuratan historis dari garis support ini, tidak lama lagi kita akan melihat BTC mendominasi ETH, kemungkinan besar sebelum the Merge ETH selesai pada pertengahan September.

BTC Dominance telah memasuki zona <40%

Data menarik lainnya yang bisa kita pelajari adalah return bulanan Bitcoin. Perhatikan bahwa untuk bulan September mendatang, kita telah mengalami return negatif selama 7 dari 9 bulan sebelumnya.

Data return bulanan Bitcoin

Pergerakan Ethereum 8-14 Agustus 2022

Ethereum mulai menunjukkan kebangkitan. Harapan akan segera diimplementasikannya proof-of-stake adalah pendorong pasar yang signifikan. Akibatnya, ETHUSD telah menutup semua kerugian sejak Juni, naik lebih dari +100% dari titik terendahnya di pertengahan Juni.

Baca juga: Apa Itu ‘The Merge’ Ethereum?

Tonggak penting berikutnya untuk ETH adalah harga psikologis 2.000 dolar AS, di mana sejak April tahun ini, ETH telah memecah di bawah garis ini. ETH mencoba untuk keluar dari garis resistance ini, yang ditolak seperti yang terlihat di grafik mingguan di bawah.

ETH adalah harga psikologis 2.000 dolar AS

Dominasi ETH telah menunjukkan momentum yang kuat (pada 20,6%) karena harga ETH yang melonjak tinggi. Kita bisa melihat bahwa setelah menghabiskan banyak waktu di area kantong emas Fibonacci, ETH.D akhirnya bisa break out, hanya untuk kemudian ditangkal oleh garis Fibonacci 0,786. Garis resistensi ini telah menjadi resistensi yang kuat sejak kenaikan sebelumnya, karena bertepatan dengan harga psikologis ETH sebesar 2.000 dolar AS.

ETH.D akhirnya bisa break out

DXY Index

Indeks DXY telah jatuh dan menembus garis support EMA 21 hari, dan saat ini didukung oleh garis EMA 55 minggu. Seperti yang kita ketahui, indeks DXY berbanding terbalik dengan pasar crypto. Jika kita melihat kenaikan di DXY, dapat diperkirakan pasar crypto akan bergerak sebaliknya.

Indeks DXY telah jatuh dan menembus garis support EMA 21 hari

Fear and Greed Index

Crypto Fear and Greed Index saat ini berada di angka 42. Terlihat peningkatan yang signifikan selama 1 bulan terakhir, di mana sebelumnya index sempat mencapai nilai 15 yang menunjukkan ketakutan ekstrem di pasar.

Fear and Greed Index
peningkatan grafik yang signifikan selama 1 bulan terakhir

on-chain">Analisis On-Chain

  • 📊 Bursa: Kenaikan cadangan devisa yang tercatat menunjukkan tekanan jual yang lebih tinggi. Deposit bersih di bursa rendah dibandingkan dengan rata-rata 7 hari. Deposit yang lebih rendah dapat diartikan sebagai tekanan jual yang lebih rendah.
  • 💻 Penambang: Penambang menjual kepemilikan aset dalam kisaran moderat dibandingkan dengan rata-rata satu tahun. Pendapatan penambang berada dalam kisaran moderat, dibandingkan dengan rata-rata satu tahun.
  • 🔗 On-chain: Lebih banyak investor yang menjual dengan rugi. Di tengah bear market, itu bisa menunjukkan market bottom atau titik terendah. Pergerakan long-term holders dalam 7 hari terakhir lebih rendah dari rata-rata. Mereka memiliki motif untuk memegang koin mereka. Investor masih dalam fase ketakutan di mana mereka saat ini memiliki keuntungan yang belum direalisasi yang sedikit lebih banyak dari kerugian yang dicatat.
  • 🏦 Derivatif: Long position trader lebih dominan dan bersedia membayar kepada short traders. Saat OI (Open Interest) meningkat, ini menunjukkan lebih banyak likuiditas, volatilitas, dan perhatian yang masuk ke pasar derivatif. Tren kenaikan OI dapat mendukung tren harga yang sedang berlangsung saat ini. Sentimen beli dominan di pasar derivatif. Lebih banyak pesanan beli diisi oleh pengambil.

Berita Seputar Altcoins

  • 🔗 Testnet Ketiga dan Terakhir Ethereum Sebelum The Merge Tayang di Goerli: Tes jaringan ketiga dan terakhir sebelum implementasi the Merge Ethereum telah berhasil diselesaikan. Goerli adalah yang terakhir dari tiga testnet publik dari the Merge Setelah ini, the Merge diperkirakan akan diimplementasikan pada akhir September. Dua testnet Merge sebelumnya, Ropsten dan Sepolia, juga telah berhasil dan meningkatkan kepercayaan komunitas Ethereum bahwa the Merge akan terealisasi tahun ini.
  • Stablecoin Acala Jatuh 99 Persen Setelah Peretas Mencetak 1,3 Miliar Token: Dikutip dari CoinDesk, stablecoin dari platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) Acala, aUSD, mengalami depeg pada hari Minggu (14 Agustus 2022), dan anjlok 99% setelah peretas mengeksploitasi bug pada liquidity pool (kumpulan aset kripto yang terkunci dalam teknologi smart contract) untuk mencetak 1,28 miliar token. Diluncurkan awal tahun ini, aUSD berhasil mempertahankan nilainya untuk sebanding dengan dolar AS hingga diretas pada minggu lalu. Setelah peretasan, harga aUSD jatuh dari sekitar 1,03 dolar AS menjadi 0,009 dolar AS.

Berita Lainnya dari Dunia Kripto dalam Sepekan Terakhir

  • 💵 Bankman-Fried, Sun dalam Pembicaraan untuk Membeli Mayoritas Saham Huobi: Dikutip dari CoinDesk, Leon Li, pendiri crypto exchange Huobi Global, sedang dalam pembicaraan untuk menjual saham mayoritas di perusahaan dalam transaksi senilai 3 miliar dolar AS atau lebih. Li ingin menjual hampir 60% dari saham perusahaan, dan telah mengadakan pembicaraan awal dengan Justin Sun, pendiri jaringan blockchain Tron, dan FTX, crypto exchange yang didirikan oleh miliarder Sam Bankman-Fried.
  • 🚨 AS Jatuhkan Sanksi pada Crypto Mixer Tornado Cash : Departemen Keuangan Amerika Serikat menjatuhkan sanksi kepada crypto mixer Tornado Cash serta beberapa alamat dompet crypto yang terkait dengan layanan tersebut. Hal ini berarti protokol dan smart contract terkait sekarang masuk daftar hitam, dan membuatnya ilegal untuk digunakan oleh masyarakat Amerika. Sanksi tersebut menyusul tuduhan bahwa Tornado Cash membantu menyembunyikan miliaran dolar aliran modal dan pencucian uang.

Performa Aset Kripto Selama Sepekan Terakhir

Analisis Pasar 8-14 Agustus

Referensi

Penulis:Pintu Academy Team

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan