Apa itu ApeCoin (APE)?

April 20, 2022
Combined Shape 2
7 Menit
Bagikan
Gambar Apa itu ApeCoin (APE)?
Reading Time: 7 minutes

Salah satu proyek NFT terbesar di dunia kripto adalah Bored Ape Yacht Club atau BAYC. Satu NFT dari koleksi BAYC memiliki harga terendah sekitar 100 ETH, menempatkannya sebagai koleksi NFT dengan floor price paling mahal. BAYC berhasil menarik banyak orang ke dalam dunia NFT. Artis seperti Justin Bieber hingga Madonna memiliki NFT dengan karakter kera ini. Kepopuleran BAYC menginspirasi dibuatnya token baru yaitu ApeCoin. Namun, apa itu ApeCoin (APE)? Apa hubungannya dengan BAYC dan apa perannya dalam ekosistem Ape? Artikel ini akan membahas lengkap tentang ApeCoin (APE).

Ringkasan Artikel

  • ApeCoin (APE) adalah token berstandar ERC-20 yang diberikan kepada semua pemegang NFT BAYC dan Mad Ape Yacht Club (MAYC). Token ini didesain untuk berfungsi sebagai utility dan governance token.
  • Meskipun tidak secara langsung dibuat oleh Yuga Labs, APeCoin akan terintegrasi erat dengan berbagai macam proyek Yuga Labs ke depannya seperti game Metaverse Otherside dan game-game lainnya.
  • Fungsi utama ApeCoin saat ini adalah sebagai token governance yang berperan sebagai hak untuk memilih berbagai kebijakan ApeCoin DAO seperti protokol staking.
  • Apabila peluncuran berbagai proyek dari Yuga Labs menghasilkan aplikasi dan game dengan banyak pengguna, harga token APE kemungkinan akan mengalami kenaikan lagi. Di luar itu, harga token APE saat ini hanya berhasil didorong oleh antusiasme pemilik koleksi NFT BAYC dan juga investor yang percaya terhadap Yuga Labs sebagai pemain besar dalam industri kripto.

Apa itu ApeCoin (APE)?

ApeCoin (APE) adalah token berstandar ERC-20 yang diberikan kepada semua pemegang NFT BAYC dan Mad Ape Yacht Club (MAYC). Token ini didesain untuk berfungsi sebagai utility dan governance token. Artinya, APE dapat digunakan sebagai mata uang transaksi khusus dan penentu jumlah suara untuk kebijakan jaringan ApeCoin. Menurut Coinmarketcap, ApeCoin memiliki total suplai maksimum sebanyak 1 milyar token dan sekitar 28%-nya sudah beredar di pasar.

ūüí° Sejak seminggu setelah peluncurannya, token APE sekarang (28 Maret 2022) menempati posisi ke-39 dengan kapitalisasi pasar sekitar $4 milyar dolar dan sekitar $14 dolar per 1 APE.

Pada awalnya, token APE hanya bisa didapatkan apabila kamu memiliki salah satu NFT dari koleksi BAYC dan MAYC. Namun, karena antusias komunitas kripto yang besar, pusat pertukaran (CEX) seperti Binance dan CoinBase mulai mendaftarkannya sehingga siapa pun bisa membelinya dari berbagai tempat. Bahkan, sekarang kamu bisa membeli token APE pada berbagai pusat pertukaran kripto di Indonesia.

Siapa yang menciptakan ApeCoin?

ApeCoin dibuat oleh ApeCoin DAO, sebuah organisasi terdesentralisasi di mana semua pemegang APE dapat memberikan suara untuk semua keputusan mengenai APE. Terdapat juga Ape Foundation yang berperan sebagai entitas legal dibalik ApeCoin dan mengurus segala aktivitas harian yang berkaitan dengan teknis penjalanan ApeCoin DAO. Selain itu, terdapat anggota dewan ApeCoin berisikan beberapa orang paling berpengaruh dalam dunia kripto dan internet.

Anggota dewan apecoin yang memiliki tugas menjalankan keputusan bersama dengan komunitas pemilik ape
Anggota dewan Apecoin.

Anggota dewan ApeCoin berisikan 5 orang, yaitu salah satu pendiri Reddit Alexis Ohanian, Amy Wu dari FTX, Maaria Bajwa dari Sound Ventures, Yat Siu dari Animoca Brands, dan Dean Steinbeck dari Horizen Labs. Setiap anggota dewan mendapat masa jabatan enam bulan, dan pemegang APE memiliki hak untuk memilih anggota dewan selanjutnya.

Salah satu hal menarik dari ApeCoin adalah alih-alih dibuat langsung oleh Yuga Labs sebagai pencipta BAYC, Yuga Labs secara resmi menyatakan kalau mereka tidak membuat ApeCoin. Hal tersebut sulit dipercaya melihat pitch deck Yuga Labs yang tersebar di Twitter memiliki satu bagian khusus tentang ApeCoin. Yuga Labs juga tetap teguh bahwa ApeCoin dibuat secara independen, bukan oleh mereka. Meskipun begitu, situs ApeCoin menyebutkan bahwa Yuga Labs berperan sebagai kontributor bagi ekosistem APE. Terakhir, ApeCoin tidak memiliki whitepaper dan segala informasi terkaitnya berada di bagian about situs ApeCoin.

Distribusi token APE

distribusi token apecoin kebanyakan dilakukan langsung kepada mereka yang memiliki NFT BAYC dan MAYC. Selain itu, token ape juga diberikan kepada yuga labs dan berbagai partnernya.
Distribusi token ApeCoin. Sumber: Bloomberg

Seperti yang sudah dijelaskan, pemilik koleksi NFT BAYC dan MAYC akan otomatis mendapatkan koin APE. Grafik di atas juga menunjukkan bahwa mayoritas token APE disimpan di uang cadangan APECoin DAO. Komunitas pemilik APE bisa menentukan apa yang akan dilakukan dengan token APE yang berada pada kas cadangan ini. Selain itu, kita bisa melihat bahwa banyak token APE yang diberikan kepada Yuga Labs dan berbagai partnernya seperti Animoca. Hal terakhir yang menarik adalah 1% token yang dialokasikan sebagai dana amal kepada Jane Goodall Legacy Foundation.

Apa yang bisa kamu lakukan dengan APE

Mata uang transaksi di dalam game (yang akan datang)

Saat ini, token APE hanya ada sebagai aset spekulatif dan investasi bagi mereka yang percaya pada visi yang disampaikan dan juga keberadaan ekosistem BAYC di dunia kripto. Namun, salah satu janji dan potensi kegunaan token APE yang paling sering dibahas adalah perannya sebagai mata uang dalam game yang sedang dibuat oleh Yuga Labs dan beberapa organisasi yaitu Animoca Brands dan nWayPlay.

nWayPlayNFT bekerja sama dengan BAYC untuk menggunakan ApeCoin dalam salah satu gamenya.
nWayPlayNFT bekerja sama dengan BAYC untuk menggunakan ApeCoin.

Kerja sama Yuga Labs dengan nWayPlay akan menghasilkan proyek game rahasia yang akan mengintegrasi token APE ke dalam ekosistemnya. Yuga Labs dan nWayPlay belum merilis detail tambahan tentang game ini. Selanjutnya, kerja sama Yuga Labs dengan Animoca Brands akan mengintegrasi ApeCoin ke dalam sebuah proyek game yang masih dirahasiakan (Yuga Labs √ó Animoca Brands). Selain itu, game Animoca berjudul Benji Bananas juga memanfaatkan token APE dalam skema play-to-earn di mana pemain dapat mendapatkan imbalan token hanya dengan bermain.

Terakhir, Yuga Labs sendiri baru saja mendapatkan aliran dana sebanyak $450 juta dolar untuk mengembangkan merk BAYC lewat pembuatan game, proyek metaverse, dan berbagai media lain. Salah satu proyek paling besar Yuga Labs adalah Otherside, sebuah game MMORPG yang menempatkan para pemain dalam satu ruangan game besar untuk berinteraksi satu sama lain.

Lihat cuplikan Otherside berikut:

Sebagai token governance

Kebijakan, peraturan, dan pengembangan ApeCoin sebagai sebuah proyek tidak diatur oleh sebuah organisasi. Ape Foundation dan anggota dewan Ape hanya bertugas sebagai pengurus yang membantu menjalankan sisi teknis ApeCoin. Semua keputusan mengenai protokol dan masa depan ApeCoin berada pada tangan semua orang pemegang token APE. ApeCoin DAO adalah sebuah DAO (decentralized autonomous organization) yang mengatur semua hal tentang ApeCoin.

Sederhananya, sebuah DAO memungkinkan pemegang token APE berperan memberikan suara untuk berbagai proposal jaringan ApeCoin, contohnya seperti bagaimana uang kas cadangan akan dialokasikan. Kamu bisa mengakses berbagai proposal peraturan ApeCoin yang sedang aktif (termasuk proposal tentang aktivasi fitur staking) di bagian proposal situs ApeCoin.

Kelemahan dari sistem DAO adalah perkembangan proyek tersebut sangat bergantung kepada partisipasi komunitasnya. Apabila komunitasnya tidak aktif dan tidak bersuara dalam berbagai proposal, banyak perkembangan jaringan yang akan terhambat.

APE sebagai aset investasi

Grafik harga coin ApeCoin pada bulan Maret

Grafik harga ApeCoin (APE) memperlihatkan APE bergerak di kisaran harga $13 sampai $15 dolar setelah meningkat drastis di awal peluncurannya. Fase konsolidasi seperti ini adalah hal yang wajar setelah sebuah token mengalami kenaikan drastis karena para pembeli sedang ‚Äėberistirahat‚Äô dan antusiasme mulai menurun. Apabila APE berhasil mempertahankan kisaran harga ini dan antusiasme terhadap APE kembali meningkat, ia bisa mengalami fase kenaikan harga lagi.

ūüí° Fase konsolidasi adalah

Sebuah fase dalam siklus pergerakan harga di mana ia bergerak menyamping atau sideways dalam kisaran harga tertentu. Fase konsolidasi biasanya terjadi setelah tren penurunan atau kenaikan harga drastis.

Namun, hal ini bergantung besar terhadap pengumuman Yuga Labs tentang game metaverse APE dan kerja sama lain yang akan meningkatkan kegunaan token APE. Hal ini juga berkaitan dengan kekhawatiran terhadap token APE. Pergerakan harga token APE murni terjadi karena hype dan antusiasme dari komunitas BAYC.

Kerja sama Yuga Labs dan ApeCoin

Kegunaan token APE sangat berfokus pada industri metaverse dan game yang akan dirilis oleh Yuga Labs. Lebih lanjut lagi, Yuga Labs tidak memiliki pengalaman sama sekali terkait pembuatan game (meskipun ia bekerja sama dengan perusahaan game). Bergantung kepada peluncurannya, harga token APE bisa saja mengalami peningkatan drastis lalu langsung jatuh saat game ‚ÄėOtherside‚Äô yang dirilis tidak sesuai dengan ekspektasi besar yang mengikutinya. Sebuah pola klasik kejadian buy the rumor, sell the news.

ūüí° Buy the rumor, sell the news adalah

sebuah pola dalam cryptocurrency saat harga aset kripto mengalami kenaikan drastis karena sebuah pengumuman penting (proyek baru, peluncuran game, fitur baru, dll) lalu kemudian menurun tajam saat proyek/game/fitur tersebut dirilis.

Namun, kita juga bisa berargumen bahwa Yuga Labs memiliki tim kredibel yang mengerti kemauan komunitasnya sendiri dan selama ini tidak pernah terlibat dalam aktivitas yang mencurigakan. Dengan pembelian Cryptopunks dan Meebit, Yuga Labs juga menunjukkan kalau ia memiliki ambisi besar untuk menjadi pemain utama dalam industri NFT dan kripto.

Yuga Labs membeli hak terhadap koleksi NFT CryptoPunks dan Meebits dari Larva Labs. Sumber: The Verge

Semua hal ini bisa memberikanmu harapan apabila kamu ingin atau sudah berinvestasi pada token APE. Jangan lupa pastikan untuk mempelajarinya terlebih dahulu sebelum membuat keputusan investasi agar kamu dapat membeli token APE dalam waktu dan harga yang tepat.

Membeli ApeCoin (APE)

Saat ini, token ApeCoin (APE) sudah bisa kamu beli di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu tidak hanya bisa membeli ApeCoin, tapi juga Bitcoin, serta koin dan token lainnya dengan aman dan mudah.

Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

Referensi:

Ari Budi Santosa
Author
Ari Budi Santosa

Bagikan

Artikel Terkait