Apa Itu Sandbox (SAND)?

December 17, 2021
Combined Shape 2
6 Menit
Bagikan
Gambar Apa Itu Sandbox (SAND)?
Reading Time: 6 minutes

Pada bulan November 2021, Facebook mengumumkan penggantian nama induk perusahaannya menjadi Meta Platforms. Perubahan ini mengikuti visi CEO Mark Zuckerberg yang ingin mengembangkan Metaverse, sebuah dunia virtual di mana penggunanya dapat bersosialisasi, melakukan berbagai aktivitas termasuk rekreasi hingga belajar. Sejak perubahan nama induk perusahaan Facebook ini, aset kripto pada aplikasi game dunia virtual mengalami lonjakan harga, termasuk SAND, token The Sandbox.

Dalam dunia cryptocurrency, istilah metaverse sudah digunakan untuk menjelaskan sebuah ekosistem dunia virtual dimana pengguna bisa berinteraksi sesuka mereka dalam sebuah jaringan yang terdesentralisasi. Sekarang, Sandbox merupakan salah satu game metaverse paling populer pada jaringan Ethereum selain Decentraland (MANA) dan Axie Infinity (AXS).

Ringkasan Artikel

  • ūüéģ Sandbox adalah game dunia virtual berbasis blockchain yang memberikan kebebasan kepada pemainnya untuk melakukan berbagai macam aktivitias.
  • ūüõćÔłŹ Semua objek yang ada di dalam Sandbox berbentuk NFT dan bisa diperjualbelikan pada berbagai marketplace digital kripto.
  • ūüĆź The Sandbox berfokus menciptakan sebuah dunia dengan konten dan aktivitas yang diciptakan oleh pemain lain untuk menciptakan sebuah pengalaman seunik mungkin.

Definisi Sandbox

The Sandbox (SAND) adalah game dunia virtual terdesentralisasi yang berjalan pada jaringan Ethereum. Ia adalah salah satu decentralized application atau DApps paling populer dalam blockchain Ethereum. Di dalamnya, setiap pemainnya bisa menciptakan permainan dan pengalaman apapun yang mereka inginkan yang kemudian bisa diakses oleh pemain lain.

Layaknya game blockchain lainnya, semua aset di dalam Sandbox merupakan NFT yang bisa diperjualbelikan pada marketplace. SAND adalah aset kripto The Sandbox yang digunakan untuk berbagai macam aktivitas dalam game dan sebagai token governance.

Baca lebih lanjut: Apa Itu NFT (Non-Fungible Token)?

Menurut Coinmarketcap, Sandbox memiliki kapitalisasi pasar sebesar 6 milyar dolar AS dengan suplai maksimum sebanyak 3 milyar token SAND. Pada November 2021, token ini mengalami kenaikan harga sekitar 700% dari sekitar 1 dolar AS menjadi 8 dolar AS.

Siapa pembuat Sandbox?

Perusahaan the Sandbox dibuat pada tahun 2011 oleh Arthur Madrid (CEO) dan Sébastien Borget (COO). Setelah membuat berbagai macam mobile game untuk handpone. pada tahun 2018 mereka ditawarkan kesempatan membuat game berbasis blockchain. Game ini akan menggunakan fondasi mode the Sandbox, yang juga nama sebuah tipe permainan di mana pemain bebas memilih aktivitas yang mereka ingin lakukan.

ūüí° Apakah kamu tau? Sandbox versi blockchain ini sebenarnya lanjutan dari game handphone bernama Sandbox 1 dan Sandbox Evolution yang dibuat dengan konsep dan developer yang sama.

The Sandbox menggunakan teknologi blockchain untuk memanfaatkan konten yang dibuat pengguna (user-generated content) dan tokenomics. Pada Agustus 2020, Tim Sandbox mengadakan initial coin offering (ICO) dan berhasil mengumpulkan $3 juta dolar untuk mendanai pengembangan the Sandbox.

Cara kerja Sandbox

The Sandbox merupakan game blockchain yang memberikan kebebasan bagi semua pemainnya. Ia menggabungkan elemen NFT, DeFi, dan juga mode permainan sandbox.
Sandbox adalah permainan dunia virtual di mana pemain diberi kebebasan memilih. Sumber: Animoca

The Sandbox memberikan pengalaman bermain dalam dunia virtual di mana kamu bebas memasuki aktivitas yang kamu mau. Dalam Sandbox, setiap petak dari petanya dibagi menjadi kotak-kotak bernama LAND. Setiap LAND berisikan aktivitas dan mode permainan yang dibentuk sesuai yang membuatnya.

Beberapa petak LAND bisa membentuk sebuah ESTATE yang biasanya dibuat berdasarkan sebuah tema tertentu. Kamu bisa memasuki sebuah LAND atau ESTATE menggunakan SAND sebagai tiket. Hal inilah yang membuat potensi Sandbox tidak terbatas karena ia berfokus kepada kreativitas dari komunitas pengguna Sandbox.

Semua pemain yang memiliki LAND bisa menggunakan beberapa produk Sandbox untuk membuat mode permainannya sendiri, mengisi LAND dengan berbagai objek, dan juga menjual aset apapun yang mereka miliki. Hal ini dicapai menggunakan tiga aplikasi yaitu Voxedit, game maker, dan marketplace Sandbox.

  • ūüĒß Voxedit: Aplikasi mengedit model voxel 3d yang menjadi grafik visual game Sandbox. Dengan Voxedit kamu bisa membuat berbagai macam objek dan memungkinkan animasi objek 3D seperti manusia, peralatan, hingga sebuah naga!
  • ūüõćÔłŹ Marketplace: Pasar Sandbox yang menjual semua aset dari game seperti LAND, baju untuk avatar, dan berbagai macam barang lainnya. Tentunya semua objek ini berbentuk NFT.
  • ūüßį Game maker: Produk ini adalah fondasi dari game Sandbox karena game maker memungkinkan siapa pun membuat game 3D tanpa memerlukan ilmu koding. Dalam tangan sebuah komunitas, tools seperti ini bisa menciptakan kemungkinan tanpa batas.

Token SAND, LAND, dan ASSETS

Sandbox sendiri memiliki 3 token berbeda dengan masing-masing fungsi yang berbeda. Perusahaan Sandbox juga menjelaskan bahwa pembagian token ini adalah upaya membuat bisnis ekonomi yang terus berputar.

SAND

SAND adalah token dengan standar ERC-20 yang digunakan dalam The Sandbox sebagai mata uang untuk semua transaksi berinteraksi dengan ekosistem Sandbox. Token ini berperan sebagai token utilitas yang akan kamu gunakan untuk bermain Sandbox karena kamu membutuhkan SAND untuk memasuki setiap LAND. Selain itu, SAND juga berperan sebagai token yang digunakan untuk staking pada jaringan Sandbox.

LAND

apa itu sandbox game
Peta lengkap dari Sandbox, banyak perusahaan besar sudah membeli LAND. Sumber: Medium Sandbox

LAND adalah Non-fungible token (NFT) berstandar token ERC-721 Ethereum. Pemain Sandbox membeli LAND untuk mengisinya dengan game, aset, dan pengalaman interaktif. Bukan hanya pemain, perusahaan seperti Adidas dan Opera sampai Axie Infinity dan Cryptokitties membeli LAND dengan tujuan menciptakan sebuah pengalaman interaktif bagi komunitasnya di dalam Sandbox. Selain LAND, ESTATES adalah sebuah kumpulan LAND yang sengaja digabungkan untuk menciptakan interaksi yang lengkap. Misalnya, sebuah ESTATES bertema haloween dengan konsep wahana di mana setiap LANDnya memiliki interaksi yang berbeda-beda.

ASSETS

ASSETS adalah token berstandar ERC-1155 yang dapat diperdagangkan di marketplace Sandbox. Token ini berisikan sekumpulan item atau barang yang memiliki tema sama atau bagian-bagian kecil dari sebuah koleksi seperti baju untuk avatarmu.

Bagaimana cara bermain Sandbox?

apa itu sandbox game
Sandbox Alpha dibuka 29 November 2021. Sumber: Medium Sandboxapa itu game sandboxSandbox Alpha dibuka 29 November 2021. Sumber: Medium Sandbox

Saat ini, kamu baru bisa bermain pada test Alpha Sandbox yang diluncurkan pada 29 November 2021. Tahap Alpha ini hanya terbatas bagi 5,000 pemain dan kamu bisa mendaftar di sini. Berikut langkah-langkah cara main Sandbox.

  1. Beli beberapa token SAND agar kamu bisa memainkan Sandbox
  2. Buat akun baru pada situs Sandbox di sini menggunakan Metamask atau email kamu
  3. Buat avatarmu sendiri
  4. Daftar mode Alpha Sandbox
  5. Download game Sandbox
  6. Selamat bermain!

SAND sebagai instrumen investasi?

Harga coin sandbox sejak awal diciptakan hingga akhir November 2021.
Harga SAND hingga akhir November 2021. Sumber: Coinmarketcap

SAND adalah token bawaan dari blockchain The Sandbox. Seperti yang terlihat pada grafik di atas, koin ini baru mengalami kenaikan harga pada awal November. Sebelumnya, koin-koin game jarang dilihat sebagai sebuah potensi investasi yang menarik. Namun, berbarengan dengan pengumuman Metaverse, beberapa koin yang memiliki konsep sama mulai mengalami kenaikan harga.

Selain itu, kenaikan ini mengikuti beberapa kerja sama yang Sandbox umumkan dan pengumuman merk-merk besar yang membeli LAND di dalam metaverse Sandbox seperti Adidas dan Atari. Kenaikan harga SAND mengikuti peningkatan popularitas industri game di dalam cryptocurrency. Dalam periode yang sama, Decentraland (MANA), Enjin (ENJ), dan Axie Infinity (AXS) semuanya mengalami kenaikan harga meskipun tidak sedrastis SAND yang hampir mencapai 1,000%.

Bangkitnya industri baru ini memberikan kesempatan emas bagi kamu yang ingin berinvestasi pada proyek-proyek baru dengan potensi yang besar. Kamu perlu mengidentifikasi apa yang membedakan proyek-proyek ini serta melihat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Satu hal yang pasti adalah industri metaverse masih memiliki perjalanan yang panjang. Sandbox pun baru akan memasuki tahap alpha yang fungsionalitasnya masih terbatas.

Industri DApps game memiliki potensi besar bagi investor yang berani mengambil risiko. Selalu ingat untuk melakukan DYOR (do your own research).

Membeli SAND

Kamu bisa mulai membeli SAND dan aset kripto lainnya di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu bisa membeli SAND dengan cara yang aman dan mudah. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Kesimpulan

  • Sandbox adalah sebuah game dunia virtual metaverse yang dibangun di atas jaringan blockchain Ethereum. di mana kamu diberikan kebebasan untuk memilih melakukan aktivitas apapun yang kamu suka
  • Hampir semua konten dalam Sandbox dibuat oleh pemain lain. Hal ini memberikan kontrol kreativitas kembali kepada komunitas pengguna Sandbox dan membuat potensinya tidak terbatas.
  • Sebagai sebuah aset, Sandbox memiliki potensi yang sangat besar karena ia masih pada tahap awal perkembangan. Namun, potensi ini juga membawa resikonya tersendiri karena kita belum mengetahui sejauh apa industri game dalam dunia kripto akan berkembang.

Referensi:

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup
Ari Budi Santosa
Author
Ari Budi Santosa

Bagikan

Artikel Terkait