Pada bulan November 2021, Facebook mengumumkan penggantian nama induk perusahaannya menjadi Meta Platforms. Perubahan ini mengikuti visi CEO Mark Zuckerberg yang ingin mengembangkan Metaverse, sebuah dunia virtual di mana penggunanya dapat bersosialisasi, melakukan berbagai aktivitas termasuk rekreasi hingga belajar. Sejak perubahan nama induk perusahaan Facebook ini, aset kripto pada aplikasi game dunia virtual mengalami lonjakan harga, termasuk SAND, token The Sandbox.
Dalam dunia cryptocurrency, istilah metaverse sudah digunakan untuk menjelaskan sebuah ekosistem dunia virtual dimana pengguna bisa berinteraksi sesuka mereka dalam sebuah jaringan yang terdesentralisasi. Sekarang, Sandbox merupakan salah satu game metaverse paling populer pada jaringan Ethereum selain Decentraland (MANA) dan Axie Infinity (AXS).
The Sandbox adalah game dunia virtual terdesentralisasi yang berjalan pada jaringan Ethereum. Ia adalah salah satu decentralized application atau DApps paling populer dalam blockchain Ethereum. Di dalamnya, setiap pemainnya bisa menciptakan permainan dan pengalaman apapun yang mereka inginkan yang kemudian bisa diakses oleh pemain lain.
Layaknya game blockchain lainnya, semua aset di dalam Sandbox merupakan NFT yang bisa diperjualbelikan pada marketplace. SAND adalah aset kripto The Sandbox yang digunakan untuk berbagai macam aktivitas dalam game dan sebagai token governance.
Baca lebih lanjut: Apa Itu NFT (Non-Fungible Token)?
Menurut Coinmarketcap, Sandbox memiliki kapitalisasi pasar sebesar 6 milyar dolar AS dengan suplai maksimum sebanyak 3 milyar token SAND. Pada November 2021, token ini mengalami kenaikan harga sekitar 700% dari sekitar 1 dolar AS menjadi 8 dolar AS.
Perusahaan the Sandbox dibuat pada tahun 2011 oleh Arthur Madrid (CEO) dan Sébastien Borget (COO). Setelah membuat berbagai macam mobile game untuk handpone. pada tahun 2018 mereka ditawarkan kesempatan membuat game berbasis blockchain. Game ini akan menggunakan fondasi mode the Sandbox, yang juga nama sebuah tipe permainan di mana pemain bebas memilih aktivitas yang mereka ingin lakukan.
💡 Apakah kamu tau? Sandbox versi blockchain ini sebenarnya lanjutan dari game handphone bernama Sandbox 1 dan Sandbox Evolution yang dibuat dengan konsep dan developer yang sama.
The Sandbox menggunakan teknologi blockchain untuk memanfaatkan konten yang dibuat pengguna (user-generated content) dan tokenomics. Pada Agustus 2020, Tim Sandbox mengadakan initial coin offering (ICO) dan berhasil mengumpulkan $3 juta dolar untuk mendanai pengembangan the Sandbox.
The Sandbox memberikan pengalaman bermain dalam dunia virtual di mana kamu bebas memasuki aktivitas yang kamu mau. Dalam Sandbox, setiap petak dari petanya dibagi menjadi kotak-kotak bernama LAND. Setiap LAND berisikan aktivitas dan mode permainan yang dibentuk sesuai yang membuatnya.
Beberapa petak LAND bisa membentuk sebuah ESTATE yang biasanya dibuat berdasarkan sebuah tema tertentu. Kamu bisa memasuki sebuah LAND atau ESTATE menggunakan SAND sebagai tiket. Hal inilah yang membuat potensi Sandbox tidak terbatas karena ia berfokus kepada kreativitas dari komunitas pengguna Sandbox.
Semua pemain yang memiliki LAND bisa menggunakan beberapa produk Sandbox untuk membuat mode permainannya sendiri, mengisi LAND dengan berbagai objek, dan juga menjual aset apapun yang mereka miliki. Hal ini dicapai menggunakan tiga aplikasi yaitu Voxedit, game maker, dan marketplace Sandbox.
Sandbox sendiri memiliki 3 token berbeda dengan masing-masing fungsi yang berbeda. Perusahaan Sandbox juga menjelaskan bahwa pembagian token ini adalah upaya membuat bisnis ekonomi yang terus berputar.
SAND adalah token dengan standar ERC-20 yang digunakan dalam The Sandbox sebagai mata uang untuk semua transaksi berinteraksi dengan ekosistem Sandbox. Token ini berperan sebagai token utilitas yang akan kamu gunakan untuk bermain Sandbox karena kamu membutuhkan SAND untuk memasuki setiap LAND. Selain itu, SAND juga berperan sebagai token yang digunakan untuk staking pada jaringan Sandbox.
LAND adalah Non-fungible token (NFT) berstandar token ERC-721 Ethereum. Pemain Sandbox membeli LAND untuk mengisinya dengan game, aset, dan pengalaman interaktif. Bukan hanya pemain, perusahaan seperti Adidas dan Opera sampai Axie Infinity dan Cryptokitties membeli LAND dengan tujuan menciptakan sebuah pengalaman interaktif bagi komunitasnya di dalam Sandbox. Selain LAND, ESTATES adalah sebuah kumpulan LAND yang sengaja digabungkan untuk menciptakan interaksi yang lengkap. Misalnya, sebuah ESTATES bertema haloween dengan konsep wahana di mana setiap LANDnya memiliki interaksi yang berbeda-beda.
ASSETS adalah token berstandar ERC-1155 yang dapat diperdagangkan di marketplace Sandbox. Token ini berisikan sekumpulan item atau barang yang memiliki tema sama atau bagian-bagian kecil dari sebuah koleksi seperti baju untuk avatarmu.
Saat ini, kamu baru bisa bermain pada test Alpha Sandbox yang diluncurkan pada 29 November 2021. Tahap Alpha ini hanya terbatas bagi 5,000 pemain dan kamu bisa mendaftar di sini. Berikut langkah-langkah cara main Sandbox.
SAND adalah token bawaan dari blockchain The Sandbox. Seperti yang terlihat pada grafik di atas, koin ini baru mengalami kenaikan harga pada awal November. Sebelumnya, koin-koin game jarang dilihat sebagai sebuah potensi investasi yang menarik. Namun, berbarengan dengan pengumuman Metaverse, beberapa koin yang memiliki konsep sama mulai mengalami kenaikan harga.
Selain itu, kenaikan ini mengikuti beberapa kerja sama yang Sandbox umumkan dan pengumuman merk-merk besar yang membeli LAND di dalam metaverse Sandbox seperti Adidas dan Atari. Kenaikan harga SAND mengikuti peningkatan popularitas industri game di dalam cryptocurrency. Dalam periode yang sama, Decentraland , Enjin , dan Axie Infinity semuanya mengalami kenaikan harga meskipun tidak sedrastis SAND yang hampir mencapai 1,000%.
Bangkitnya industri baru ini memberikan kesempatan emas bagi kamu yang ingin berinvestasi pada proyek-proyek baru dengan potensi yang besar. Kamu perlu mengidentifikasi apa yang membedakan proyek-proyek ini serta melihat kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Satu hal yang pasti adalah industri metaverse masih memiliki perjalanan yang panjang. Sandbox pun baru akan memasuki tahap alpha yang fungsionalitasnya masih terbatas.
Industri DApps game memiliki potensi besar bagi investor yang berani mengambil risiko. Selalu ingat untuk melakukan DYOR (do your own research).
Kamu bisa mulai membeli SAND dan aset kripto lainnya di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu bisa membeli SAND dengan cara yang aman dan mudah. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.
Referensi:
Bagikan