Apa itu Decentraland (MANA)?

January 26, 2021
Combined Shape 2
6 Menit
Bagikan
Gambar Apa itu Decentraland (MANA)?
Reading Time: 6 minutes

Salah satu industri yang dinilai memiliki potensi paling besar di dalam dunia cryptocurrency adalah metaverse. Metaverse adalah dunia virtual yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas yang mereka mau. Salah satu proyek kripto yang bertujuan mengembangkan metaverse adalah Decentraland (MANA).Lalu, apa itu Decentraland? Apa itu token MANA? Dan mengapa proyek ini mendapatkan perhatian besar dari banyak orang? Artikel ini akan membahas lengkap tentang Decentraland (MANA).

Ringkasan Artikel

  • ūüéģ Decentraland adalah sebuah dunia virtual atau metaverse yang dibangun di atas jaringan blockchain Ethereum.
  • ūüŹÉ‚Äć‚ôāÔłŹ Decentraland memberikan kebebasan kepada pemainnya untuk memilih aktivitas yang akan mereka lakukan.
  • ūüõćÔłŹ Semua objek di dalam Decentraland berbentuk NFT yang bisa diperjualbelikan di marketplace kripto.

Definisi Decentraland (MANA)

Decentraland adalah sebuah dunia virtual atau metaverse yang dibangun di atas jaringan blockchain Ethereum. Di dalamnya, pemain bisa membeli sebuah petak tanah yang disebut LAND. Setiap LAND adalah NFT dengan standar ERC-72. Setelah memiliki LAND, pemiliknya bisa menyewakan, menjual, atau mengisi tanah mereka dengan objek dan aktivitas yang mereka inginkan.

Selain itu, semua objek yang ada di dalam Decentraland merupakan NFT yang bisa diperjualbelikan. MANA adalah token ERC-20 yang kamu gunakan untuk membeli semua objek dan LAND di dalam Decentraland. Jika sebelumnya gaming dianggap sebagai aktivitas yang hanya membuang waktu, di game metaverse seperti Decentraland pemainnya bisa menghasilkan uang sambil bermain.

Baca juga: Apa itu Metaverse?

Menurut Coinmarketcap, Decentraland memiliki jumlah kapitalisasi pasar senilai $6,9 milyar dolar dengan harga $3,17 dolar per 1 MANA (Desember 2021). Angka ini menempatkan MANA sebagai aset kripto peringkat ke-29 di dunia. Selain itu, sudah ada 1,8 milyar MANA yang beredar di pasar. MANA memiliki sistem pemusnahan token atau token burn yang menjadikan nilainya akan terus meningkat. Hal ini dilakukan dengan cara membakar permanen setiap MANA yang digunakan untuk membeli LAND.

Siapa Pembuat Decentraland?

Esteban Ordano dan Ariel Meilich mendirikan The Decentraland Foundation pada tahun 2015 yang bertanggung jawab dalam mengembangkan Decentraland. Tim Decentraland mengadakan Initial Coin Offering (ICO) pada tahun 2017 dan berhasil mengumpulkan sekitar $26 juta dolar untuk pendanaana Decentraland.

Sebagai komitmennya terhadap desentralisasi, Decentraland meluncurkan decentralized autonomous organization (DAO) untuk menyerahkan pengelolaan proyek kepada penggunanya. Esteban Ordano dan Ariel Meilich sendiri turun dari jabatannya sebagai pemimpin proyek dan berpindah menjadi penasehat. Sekarang, pengembangan proyek Decentraland diserahkan kepada organisasi Decentraland Foundation dan komunitas Decentraland melalui DAO.

Bagaimana Cara Kerja Decentraland?

decentraland adalah
Decentraland memiliki wilayah yang dibagi-bagi berdasarkan tema tertentu. Sumber: Asia Crypto Today

Secara konsep, Decentraland sangat mirip dengan aplikasi dunia virtual lainnya yaitu The Sandbox. Keduanya sama-sama ingin menciptakan metaverse berbasis blockchain yang terdesentralisasi dan dimiliki secara penuh oleh para pemainnya. Bahkan, The Sandbox dan Decentraland sama-sama memiliki aplikasi editor agar pemainnya bisa bebas membuat objek dan aktivitas yang mereka inginkan.

Baca juga: Apa itu The Sandbox?

Lalu, apa bedanya antara kedua aplikasi ini? Salah satu argumennya adalah Decentraland lebih terstruktur dibanding The Sandbox. Dalam Decentraland, terdapat 90.601 petak LAND, yang dikelompokkan menjadi LAND, ESTATES atau komplek (penggabungan beberapa LAND), distrik (kumpulan LAND dengan tema yang sama), dan plaza (LAND pusat, tempat semua pemain berkumpul yang tidak dapat diperjualbelikan).

LAND

LAND adalah fondasi dari permainan Decentraland. Semua pemain akan berinteraksi dengan LAND karena ia adalah tempat semua aktivitas terjadi. Jika kamu memiliki LAND, kamu bisa memonetisasinya dengan cara menyewakannya atau mengadakan acara dan memberlakukan harga tiket bagi orang yang ingin masuk.

Petak-petak tanah yang bersampingan dan berbatasan langsung dapat digabung menjadi sebuah ESTATE atau kompleks. Pada Juni 2021, sebuah firma investasi properti virtual bernama Republic Realm membeli sebuah kompleks LAND setara dengan $913.000 dolar. Ini adalah salah satu pembelian LAND paling besar di Decentraland. Selain itu, beberapa perusahaan seperti Rarible, MakerDAO, dan SuperRare bahkan telah membuat kantor virtual dan galeri seni di Decentraland.

Distrik

Distrik adalah sekumpulan LAND dengan tema yang selaras. Distrik-distrik ini awalnya diusulkan oleh komunitas yang kemudian dipilih dan dibangun oleh pengembang Decentraland. Distrik-pada dasarnya adalah komunitas kecil di dalam Decentraland. Semua anggota sebuah distrik dapat memberikan suara pada segala isu di dalam distriknya melalui dApp pemungutan suara Decentraland, Agora. Decentraland membentuk Agora untuk memberikan kekuasaan lebih besar kepada komunitas pemilik distrik masing-masing.

Distrik merupakan fitur utama Decentraland untuk menarik banyak kreator, musisi, artis, dan seniam agar menjadi kontributor dalam berbagai bagian komunitas Decentraland. Saat ini, distrik paling besar dalam metaverse Decentraland adalah Aetherian dan Fashion Street. Distrik Fashion Street memiliki visi besar membuat acara peragaan busana, menarik banyak merk terkenal seperti Louis Vuitton, Gucci and Burberry.

Decentraland DAO

DAO atau decentralized autonomous organization merupakan sebuah metode manajemen yang mengandalkan teknologi smart contract dalam mengambil keputusan dan manajemen organisasi. Decentraland DAO digunakan untuk mengatur berbagai aspek dari Decentraland. Kamu bisa mengusulkan perubahan atau berpartisipasi dalam pemungutan suara dengan memegang token wMANA (wrapped MANA), LAND, atau pun ESTATE. Setiap wMANA setara dengan 1 hak suara, sementara LAND dan ESTATE memberikan masing-masing 2.000 unit hak suara. Metode manajemen organisasi ini menitikberatkan kepada komunitas Decentraland agar berpartisipasi aktif dalam perkembangan Decentraland.

Apa yang Bisa Dilakukan dalam Decentraland?

melakukan aktivitas di decentraland
Setiap pemain akan menggunakan avatar yang bisa diubah sesuai keinginan mereka. Sumber: Decentraland

Pemilik LAND

  • ūüíł Menyewakan lahan untuk digunakan orang lain: Salah satu cara memonetisasi LAND adalah menyewakannya kepada orang lain.
  • ūüĆÜ Membuat acara berbayar: Jika kamu senang memproduksi konten, kamu bisa membuat acara untuk menarik banyak orang. Acara ini bisa berbentuk pameran, konser musik, atau pun konferensi.
  • ūüõćÔłŹ Menjualnya di marketplace: Harga tanah di Decentraland terus mengalami kenaikan setiap tahun karena permintaan akan LAND semakin meningkat seiring popularitas Decentraland yang meningkat.

Pemain

  • ūüßĎ‚Äćūü§Ě‚ÄćūüßĎ Mengikuti acara-acara berbayar di Decentraland: Decentraland sudah menjadi tuan rumah bagi berbagai acara yang bisa kamu akses di sini. Acara ini beragam mulai dari pameran, permainan, hingga pelelangan.
  • ūüßį Membuat objek dan permainan: Hampir semua objek dalam Decentraland merupakan buatan pemain. Kamu bisa menggunakan aplikasi builder untuk membuat wearables, yaitu objek berbentuk NFT untuk digunakan pemain lain.
  • ūüďá Memperjualbelikan NFT: Terakhir, kamu bisa mengoleksi NFT-NFT langka dari Decentraland lalu menjualnya kembali dengan harga lebih tinggi. Dalam hal ini, kamu harus jeli mencari barang-barang langka yang dicari oleh banyak orang.

MANA Sebagai Investasi

history harga coin mana
Harga MANA dalam satu tahun terakhir (2021). Sumber: Coinmarketcap

Pada November 2021, MANA mengalami kenaikan harga drastis hingga 500%. Kenaikan harga ini terjadi meyusul pengumunan Facebook yang mengubah namanya menjadi Meta dan rencana pengembangan metaverse oleh Mark Zuckerberg. Berita ini membuat semua aset-aset kripto metaverse seperti Sandbox, MANA, dan My Neighbor Alice meningkat tajam. Namun, pasca kenaikan ini MANA langsung mengalami koreksi harga sekitar 50% dari harga paling tingginya. Tren koreksi ini kemungkinan akan terus terjadi pada bulan Desember sebagai periode ‚Äėistirahat‚Äô setelah kenaikan harga yang begitu tajam.

Decentraland, sama seperti kebanyakan proyek metaverse lainnya, masih pada tahap awal pengembangan di mana komunitas dan aktivitas di dalamnya terbatas. Penggunaan DAO dalam pengembangan dan modifikasi Decentraland juga membuat pertumbuhannya lebih lambat dibanding proyek seperti Sandbox yang dikontrol penuh oleh pengembangnya.

Tahun 2022 bisa menjadi tahun bagi proyek-proyek metaverse. Apabila aset-aset metaverse sudah diisi banyak aktivitas dan bisa dimainkan dengan bebas, Decentraland bisa menjadi pemain besar dalam industri ini. Namun, seperti biasa jangan lupa untuk melakukan analisis fundamental dan teknikal terhadap aset MANA sebelum kamu berinvestasi.

Membeli MANA

Kamu dapat mulai berinvestasi pada token MANA dengan membelinya di aplikasi Pintu. Melalui Pintu, kamu bisa membeli MANA dan aset kripto lainnya dengan cara yang aman dan mudah.

Selain itu, aplikasi Pintu kompatibel dengan berbagai macam dompet digital populer seperti Metamask untuk memudahkan transaksimu. Ayo download aplikasi cryptocurrency Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

Kesimpulan

  • Decentraland adalah dunia virtual yang memberikan kebebasan kepada pemainnya untuk melakukan berbagai aktivitas. Di dalamnya, pemain dapat melakukan aktivitas ekonomi seperti jual beli, mengikuti berbagai acara, dan juga kegaitan sosial lainnya bersama komunitas Decentraland.
  • MANA merupakan token yang digunakan untuk berbagai macam transaksi di dalam aplikasi Decentraland. Hal yang unik tentang MANA adalah ia bersifat deflasioner karena MANA akan dibakar dalam setiap transaksi pembelian LAND.
  • Saat ini, Decentraland merupakan salah satu proyek game populer di dunia kripto yang menarik banyak orang dan bahkan perusahaan besar.

Referensi:

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup
Ari Budi Santosa
Author
Ari Budi Santosa

Bagikan

Artikel Terkait