Cara Menggunakan DEXScreener untuk Menemukan Memecoin Potensial 2024

Update 28 Jun 2024 • Waktu Baca 5 Menit
Gambar Cara Menggunakan DEXScreener untuk Menemukan Memecoin Potensial 2024
Reading Time: 5 minutes

Seseorang berhasil mendapatkan keuntungan fantastis dari memecoin sudah sering kita dengar belakangan ini. Biasanya, keuntungan besar tersebut diperoleh karena mereka membeli memecoin saat baru diluncurkan atau ketika harganya masih sangat rendah. Ketika harga melonjak, keuntungan fantastis pun diraih! Lalu, bagaimana cara menemukan memecoin yang berpotensi memberikan keuntungan besar? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan DEXScreener, alat yang dapat mengidentifikasi memecoin baru yang menjanjikan sebelum banyak orang mengetahuinya. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam bagaimana cara menggunakan DEXScreener untuk menemukan memecoin potensial.

Ringkasan Artikel

  • 🎯 DEXScreener (DS) adalah platform analisis yang menyediakan berbagai tools untuk melacak dan menganalisis performa aset crypto di bursa terdesentralisasi (DEX).
  • 📚 Semua data di DEXScreener berasal langsung dari blockchain yang dipantau, tanpa menggunakan API eksternal atau sumber data lainnya. Platform ini memiliki pengindeks data khusus untuk mengurai, menganalisis, dan menyimpan log blockchain ‘mentah’.
  • 🌟 Platform ini menawarkan berbagai fitur penting seperti Alerts, New Token Pairs, Gainers and Losers, dan Multicharts.
  • 🙌 Fitur-fitur DEXScreenr membantu pengguna dalam memantau harga, menganalisis volume perdagangan, memfilter token, dan memantau token di lebih dari 50 jaringan blockchain.

Apa itu DEXScreener?

DEXScreener (DS) adalah platform analisis yang menyediakan berbagai tools untuk melacak dan menganalisis performa aset crypto di bursa terdesentralisasi (DEX). Platform ini memungkinkan pengguna untuk melacak berbagai data pasar secara real-time, termasuk harga, volume perdagangan, dan lain-lain.

DEXScreener memiliki tampilan yang intuitif dan dapat digunakan secara gratis. Hal ini membuat DS menjadi alat yang berguna bagi siapa saja yang ingin mendapatkan informasi mendalam tentang aset crypto khususnya memecoin potensial.

Semua data di DEX Screener berasal langsung dari blockchain yang dipantau, tanpa menggunakan API eksternal atau sumber data lainnya. DEX Screener memiliki pengindeks data yang dibuat khusus untuk mengurai, menganalisis, dan menyimpan log blockchain ‘mentah’. Data ini kemudian digunakan untuk membuat filter, bagan, dan analitik.

DEXScreener secara otomatis menambahkan suatu memecoin ke dalam platformnya segera setelah memecoin tersebut ditambahkan ke liquidity pool dan memiliki minimal satu transaksi. Terkait informasi suatu memecoin, DEXScreener secara otomatis mencari informasi memecoin dari daftar token eksternal, seperti CoinGecko.

Baca juga: Memecoin Terbesar Ketiga, Apa itu Pepe?

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di DexScreener?

DEXScreener berisi banyak pilihan token-token yang baru dibuat dan kurang umum diperdagangkan. Hal ini meningkatkan popularitasnya di kalangan pengguna yang ingin menjelajahi dan mencari token potensial, seperti memecoin.

Platform ini juga menawarkan fitur-fitur penting lainnya, seperti Alerts, New Token Pairs, Gainers and Losers, dan Multicharts. Dengan data ini, pengguna dapat meningkatkan pengambilan keputusan saat trading.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan beberapa hal seperti:

  • Memantau pergerakan harga: Pengguna dapat melihat pergerakan harga token secara real-time.
  • Analisis volume perdagangan: DexScreener menyediakan data tentang volume perdagangan yang dapat membantu menentukan likuiditas suatu token.
  • Filter dan peringkat: Pengguna dapat memfilter token berdasarkan berbagai kriteria seperti volume, likuiditas, dan performa harga, serta melihat peringkat token berdasarkan kriteria tersebut.
  • Daftar token di berbagai blockchain: Pengguna bisa memantau token di lebih dari 50 jaringan blockchain.

Bagaimana Cara Menggunakan DEXScreener?

DexScreener dilengkapi dengan sejumlah fitur penting yang membuatnya menjadi alat yang sangat berguna bagi para trader crypto dalam mencari memecoin potensial. Untuk menggunakan fitur-fitur DEXScreener kamu bisa cek cara di bawah ini.

Baca juga: Cara Investasi dan Trading Memecoin.

1. Filters

cara menggunakan desxcreener
Sumber: DEXScreener
cara menggunakan filter desxcreener
Sumber: DEXScreener

Fitur Filters berfungsi untuk menyaring token berdasarkan berbagai kriteria, seperti volume perdagangan, perubahan harga, dan kapitalisasi pasar. Dengan menggunakan filter ini, kamu dapat mempersempit pencarian dan menemukan memecoin yang sesuai dengan preferensi kamu.

Berikut ini contoh filter untuk menemukan memecoin potensial di DEXScreener:

  • Liquidity: $10k
  • Market Cap: $100k – $1M
  • Max pair age: 72 hrs
  • Min 24h buys: 50
  • Min 24h sells: 30
  • Terakhir, Min 5m transactions: 10

2. Multicharts

cara menggunakan multicharts desxcreener
Sumber: DEXScreener

DEX Screener menyediakan fitur Multicharts agar kamu dapat melihat beberapa grafik token sekaligus dalam satu tampilan. Pada fitur ini, kamu bisa melihat hingga 16 chart token pilihan kamu.

Cara menambahkan chart pada Multichart adalah dengan mengklik ‘Add Chart’, lalu ketik ticker atau nama token pilihan kamu. Misalnya untuk menambahkan token TATE, kamu bisa ketik TATE (ticker) atau TateBelonginJail (nama token) pada kolom pencarian Multicharts.

3. New Pairs

cara menggunakan new pairs desxcreener
Sumber: DEXScreener

Fitur New Pairs memberikan kamu daftar token yang baru ditambahkan. Dengan memantau token-token new pairs, kamu bisa cepat mengetahui token-token baru yang potensial sebelum mereka menjadi populer di pasar.

Kamu dapat melihat daftar token yang sedang tren dalam rentang waktu 5 menit hingga 24 jam terakhir. Selain itu, kamu juga dapat memeriksa harga token, jumlah transaksi, volume perdagangan, dan likuiditas token sebagai pertimbangan untuk membeli token tersebut.

4. Gainers & Losers

Sumber: DEXScreener

Fitur Gainers & Losers menampilkan token yang mengalami kenaikan dan penurunan terbesar dalam periode tertentu. Kamu bisa memilih token dengan performa positif dalam 24 jam terakhir atau sesuai dengan periode yang kamu inginkan.

5. Alerts

Sumber: DEXScreener

Dengan fitur Alerts, kamu bisa mengatur notifikasi jika suatu token mencapai harga tertentu atau perubahan volume perdagangan. Fitur ini sangat berguna bagi kamu yang ingin tetap up-to-date dengan perubahan harga tanpa harus memantau secara terus-menerus.

Untuk mengaktifkan Price Alerts, kamu bisa buka chart token, lalu klik ‘Alerts’ pada bagian kanan bawah, lalu masukan harga. ‘Goes over’ jika kamu ingin melakukan take profit atau sinyal beli ketika melewati batas resistance, sedangkan ‘goes under’ bisa untuk cut loss atau buy ketika harga sudah di titik support.

Selain analisis teknikal seperti di atas, kamu juga bisa memeriksa info tentang developer, komunitas, website, dan info lainnya pada bagian kanan bawah layar DEXScreener.

Keuntungan Menggunakan DexScreener

  • Meningkatkan peluang menemukan memecoin potensial: DEXScreener menyediakan berbagai tools yang membantu pengguna dalam menemukan memecoin baru yang menjanjikan dengan peluang cuan besar.
  • Akses informasi mendalam: DexScreener menyediakan akses ke berbagai data dan analisis yang dapat membantu pengguna membuat keputusan jual beli memecoin yang lebih baik.
  • Peningkatan akurasi: Data real-time dan alat analisis canggih memungkinkan pengguna untuk membuat prediksi yang lebih akurat tentang pergerakan harga token.
  • Efisiensi waktu: Dengan alat dan fitur yang terintegrasi, pengguna dapat menghemat waktu dalam menganalisis pasar dan menemukan memecoin potensial.

Kesimpulan

Dengan cara menggunakan DEXScreener, pengguna dapat memperoleh wawasan mendalam yang membantu dalam membuat keputusan investasi yang lebih baik. Dengan data yang diperoleh langsung dari blockchain, DEXScreener memastikan akurasi dan keandalan informasi yang disediakannya.

Meskipun DEXScreener menyediakan tools canggih untuk mencari memecoin potensial, namun penelitian lebih lanjut sangat penting sebelum berinvestasi. Untuk menilai potensi proyek, kamu bisa cari tahu info whitepaper yang jelas, audit crypto yang baik, tim developer yang transparan, dan komunitas yang aktif.

Referensi

Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan