Cara Beli Meme Coin di DEX dengan Pintu Web3 Wallet

Update 26 Apr 2024 • Waktu Baca 6 Menit
Gambar Cara Beli Meme Coin di DEX dengan Pintu Web3 Wallet
Reading Time: 6 minutes

Tahukah kamu, dalam waktu kurang dari satu jam, seorang crypto trader berhasil meraih keuntungan sebesar $8,9 juta atau sekitar Rp144 miliar dari sebuah meme coin! Saat periode bull run, kita cukup sering mendengar kisah serupa. Popularitas dan harga sebuah memecoin naik drastis secara tiba-tiba, menghasilkan keuntungan besar bagi para early holders-nya. Sebenarnya, bagaimana caranya untuk menemukan memecoin yang baru diluncurkan dan berpotensi? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara beli meme coin dengan Pintu Web3 Wallet dan melihat hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian.

Ringkasan Artikel

  • 🐸 Memecoin menjadi narasi crypto yang paling menguntungkan di awal tahun 2024 dengan kenaikan signifikan dalam harga, volume perdagangan, dan minat investor.
  • 🤑 Rata-rata keuntungan tertinggi dari trading memecoin mencapai 1.312,6%! Hal ini menunjukkan minat besar komunitas crypto terhadap memecoin.
  • 💸 Untuk membeli memecoin terutama memecoin yang baru diluncurkan, kamu dapat membelinya di DEX menggunakan Pintu Web3 Wallet.
  • 📊 Dalam membeli memecoin, perhatikan beberapa hal dan aktivitas on-chain yang tersedia di platform penyedia data dan tools seperti Birdeye, DEXTools, dan DEXScreener.

Perkembangan Meme Coin Tahun 2024

Menurut laporan dari CoinGecko, memecoin menjadi narasi crypto yang paling menguntungkan selama awal tahun 2024. Laporan ini menunjukkan bahwa dari bulan Januari hingga Maret 2024, memecoin telah mengalami kenaikan yang signifikan dalam hal harga, volume perdagangan, dan minat dari para investor.

Memecoin yang muncul di bulan Maret bahkan berhasil masuk ke 10 besar kategori memecoin berdasarkan jumlah market cap-nya. Mereka adalah Book of Meme (BOME), Brett, dan Cat in a Dogs World (MEW). Memecoin tersebut mampu bersaing dengan PEPE, DOGE, SHIB, dan memecoin besar lainnya.

Laporan tersebut juga menunjukan rata-rata keuntungan tertinggi yang didapatkan dari trading memecoin mencapai 1.312,6%! Tingginya angka keuntungan dari memecoin membuat perhatian komunitas crypto tertuju pada koin-koin hiburan ini. Bahkan, tingginya minat pada memecoin dapat membuat lonjakan transaksi di suatu blockchain.

Memecoin saat ini telah menjamur di berbagai blockchain yang menawarkan transaksi cepat dan murah seperti Solana, Base, Avalanche, dan lain-lain. Solana bahkan sempat mengalami gangguan jaringan akibat banyaknya transaksi per detik yang disumbang dari transaksi memecoin.

Sumber: Coinmarketcap

Per 23 April 2024, total market cap memecoin mencapai $53 miliar. Jumlah ini melampaui market cap kategori lain yang melibatkan nilai fundamental dan pendanaan serius dari berbagai perusahaan. Contohnya adalah kategori Layer 2 dengan market cap sebesar $23,9 miliar, DePIN sebesar $36,4 miliar, AI sebesar $38,6 miliar, dan RWA sebesar $45 miliar.

Tingginya popularitas memecoin belakangan ini bahkan membuat istilah ‘memecoin’ menjadi kata yang paling banyak dicari di Google. Artinya, minat publik terhadap memecoin sedang melonjak. Semakin banyak orang yang ingin memahami atau berinvestasi dalam memecoin, sehingga memberikan dorongan tambahan pada pertumbuhan harga memecoin.

Kenapa Beli Meme Coin?

Sumber: X NFT & Crypto Memes

Memecoin pada awalnya hadir sebagai token sindiran terhadap aset crypto yang kompleks dan serius. DOGE menjadi salah satu pelopor memecoin pada saat itu dengan icon anjing yang lucu. Saat ini, memecoin sudah menjadi aset yang digemari berkat potensinya yang dapat memberi keuntungan besar.

Selain itu, banyak orang membeli memecoin karena alasan spekulatif. Mereka melihat tren dan popularitas yang meningkat di sekitar memecoin tertentu, seperti yang sering terjadi di media sosial dan berharap untuk mendapatkan keuntungan dari lonjakan harga.

Ketika melihat orang lain mendapatkan keuntungan dari memecoin tertentu, biasanya muncul rasa FOMO (fear of missing out). Hal ini memicu seseorang untuk ikut serta dalam beli memecoin agar tidak “melewatkan” kesempatan yang sama.

Memecoin yang dibeli ternyata memberikan cuan ratusan persen! Hal ini membuat semakin banyak orang bersemangat untuk melakukan trading dengan memecoin lainnya. Trading memecoin tidak selalu menguntungkan, bahkan banyak juga trader yang rugi besar. Namun demikian, beli memecoin bisa jadi menyenangkan jika kita menemukan tema memecoin yang disukai, seperti tema kucing, anjing, kaktus, kura-kura, dan lainnya. Oleh karena itu, beli meme coin tidak melulu gambling dalam mencari keuntungan, tetapi juga jadi cara untuk mencari hiburan dan kesenangan.

Cara Beli Meme Coin Menggunakan Pintu Web3 Wallet

Untuk membeli suatu memecoin terutama memecoin yang baru launch, kamu harus memiliki Web3 wallet dan terhubung dengan suatu DEX. Di aplikasi Pintu, kamu bisa menggunakan Pintu Web3 Wallet untuk beli memecoin di DEX.

Kamu juga bisa terhubung ke platform yang menyediakan data dan tools lengkap untuk melakukan trading memecoin, seperti DEXTools, Birdeye, DEXScreener, dan lain-lain. Untuk beli meme coin di salah satu platform di atas dengan Pintu Web3 Wallet, misalnya Birdeye, kamu bisa ikuti cara berikut:

  • Buka aplikasi Birdeye.so, lalu klik ‘Web3 Log in’. Pilih jaringan blockchain, misalnya Base, kemudian sambungkan Pintu Web3 Wallet melalui ‘WalletConnect’.
Sumber: Birdeye
  • Pada baris ‘All Chains’, pilih Base. Birdeye langsung menampilkan daftar token yang tersedia di jaringan Base. Jika kamu belum menentukan memecoin apa yang akan dibeli, kamu bisa klik ‘Find Gems’ untuk melihat daftar memecoin yang berpotensi menghasilkan cuan.
  • Kamu bisa pilih kategori ‘Most Viewed’, ‘Most Watched’ atau ‘Most Trades’. Dari daftar di bawah, terlihat token NORMIE memiliki data yang menarik dari sisi TVL dan volume trading dalam 24 jam. Jika ingin membeli NORMIE, kamu bisa langsung klik token tersebut.
Sumber: Birdeye
  • Untuk melihat informasi lengkapnya mengenai token NORMIE, kamu bisa perhatikan chart, Birdeye Score, sentimen komunitas, dan penilaian keamanan yang berada di sebelah kiri chart.
  • Dari chart-nya, NORMIE menunjukan tren yang terus meningkat dalam time frame 5 menit. Selain itu, NORMIE memiliki TVL mencapai $2,7 juta dan volume trading $3 juta. Angka ini dinilai menarik untuk sebuah memecoin, ditambah Birdeye score yang hampir sempurna yakni 95. Birdeye score merupakan nilai dari keseluruhan performa dan keamanan suatu token.
Sumber: Birdeye
  • Jika ingin membeli NORMIE, kamu dapat melakukan swap aset yang kamu miliki ke token NORMIE di sebelah kanan chart.
  • Jika kamu memiliki ETH, maka masukan ETH di kolom atas, lalu NORMIE di kolom bawah fitur Swap. Artinya, kamu akan menukar sejumlah ETH dengan NORMIE.
  • Masukan nominal yang ingin kamu swap, lalu konfirmasi transaksi di Pintu Web3 Wallet. Pastikan kamu sedang membuka halaman utama Pintu Web3 Wallet ya untuk konfirmasi transaksi.
Kegagalan transaksi sering terjadi karena adanya perubahan harga yang cepat. Oleh karena itu, coba beberapa kali sampai sukses. Jika terus gagal, atur Slippage secara manual mulai dari 0,5% hingga 1%.
  • Saat swap atau pembelian NORMIE berhasil, token akan secara otomatis muncul di daftar token Pintu Web3 Wallet. Jika tidak muncul, kamu dapat menambahkan token secara manual dengan mengikuti langkah-langkahnya di sini.

Cara Jual Meme Coin Menggunakan Pintu Web3 Wallet

Jika memecoin yang kamu beli (NORMIE) dirasa sudah cukup menguntungkan dan kamu ingin menjual sebagian atau semua token, kamu bisa lakukan cara berikut:

  • Buka Birdeye, lalu log in dengan Pintu Web3 Wallet.
  • Pilih jaringan Base, lalu cari NORMIE-Normie di kolom pencarian.
  • Swap Normie ke aset crypto pilihan kamu. Atur NORMIE di kolom atas dan ETH atau USDC di kolom bawah.
  • Klik Swap, lalu konfirmasi transaksi di Pintu Web3 Wallet.

Kesimpulan

Gimana? Kamu sudah tahu kan cara beli memecoin di DEX. Membeli suatu memecoin terkadang tidak memerlukan analisis fundamental karena banyak memecoin dibuat hanya untuk menghibur dan sebagai aset penghasil keuntungan yang cepat. Namun demikian, kamu juga harus perhatikan bahwa memecoin memiliki risiko yang besar. Memecoin sangat volatil dengan harga yang dapat berubah secara drastis dalam hitungan menit.

Untuk menilai suatu memecoin terutama dari data aktivitas on-chain, kamu bisa menggunakan platform seperti Birdeye, DEXTools, atau DEXScreener. Platform-platform tersebut menyediakan data dan score suatu memecoin yang memudahkan kamu untuk trading memecoin dengan Pintu Web3 Wallet.

Menggunakan Web3 Wallet di Aplikasi Pintu

Pintu telah meluncurkan Web3 Wallet yang bisa kamu gunakan langsung di aplikasi Pintu, lho. Dengan Pintu Web3 Wallet, kamu tidak hanya bisa mengirim, menerima dan menyimpan aset crypto, tapi juga bisa mengakses berbagai dApps seperti OpenSea, PancakeSwap, Blur, dan lain-lain.

Pintu Web3 Wallet mendukung multi-chain network seperti Ethereum, Base, BNB Smart Chain, Polygon dan lain-lain. Dengan Pintu Web3 Wallet kamu bisa berinteraksi dengan smart contracts dan dApps di berbagai jaringan blockchain hanya dengan satu wallet.

Lewat Pintu Web3 Wallet, kamu bisa menjadi bagian dari masa depan internet yang terdesentralisasi dan berpartisipasi dalam berbagai proyek Web3. Yuk, buat Web3 Wallet-mu di aplikasi Pintu sekarang. Panduan cara membuatnya bisa kamu akses melalui video berikut.

Referensi

  1. Nancy Lubale, Memecoins were ‘most profitable crypto narrative’ in Q1 2024 — CoinGecko, Cointelegraph, diakses 21 April 2024.
  2. Kerman Kohli, Memecoins vs Elitecoins: A Cultural Revolution, Substack, diakses 21 April 2024.
  3. Intifanny Amandara Putri, Keuntungan Fantastis dari Meme Coin: Kisah Dua Trader yang Mengguncang Pasar, Pintu News, diakses 24 April 2024.
Penulis:Ginisita Dofany

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan