FUD dan FOMO dalam Dunia Investasi

May 18, 2022
Combined Shape 2
2 Menit
Bagikan
Gambar FUD dan FOMO dalam Dunia Investasi
Reading Time: 2 minutes

Menghindari informasi menyesatkan dan mengendalikan emosi adalah suatu kemampuan penting dalam berinvestasi. Untuk menjadi investor yang sukses, kamu perlu waspada dan hati2 terhadap FUD dan FOMO. Pertama-tama mari kenali dulu apa itu definisi dari FUD dan FOMO di artikel ini!

Apa itu FUD?

FUD adalah singkatan dari Fear, Uncertainty, dan Doubt, yaitu strategi yang bertujuan untuk mendiskreditkan nilai dari aset digital dengan menyebarkan informasi yang salah.

Tujuan dari FUD adalah menanamkan rasa takut ke khalayak ramai, sehingga penyebar berita negatif mendapatkan keuntungan dari harga yang rendah.

Ada dua cara penyebar FUD dapat untung jika harga suatu aset jatuh:

  • Penyebar FUD / berita negatif telah memasuki posisi short, dimana dia telah meminjam suatu aset dan menjualnya di pasar. Jika harga aset tersebut jatuh, dia dapat membeli kembali di harga murah untuk menutup pinjamannya.
  • Penyebar FUD tahu suatu aset punya potensi bagus, namun harga pasar saat ini sudah mahal. Dengan menyebar berita negatif dan menjatuhkan harga, dia dapat membeli aset ini dengan harga murah.

Baca juga: Melakukan Analisis Fundamental dalam Cryptocurrency

Apa yang bisa dilakukan untuk menghindari FUD?

Kamu dapat membaca berita serta referensi dari berbagai sumber saat harga crypto turun untuk menghindari FUD. Dengan membaca sumber yang terpercaya, kamu memiliki pengetahuan yang lebih dalam dan analisa harga yang lebih memadai. Sehingga kamu tidak panik dan tidak menjual aset di harga yang terlalu rendah.

Apa itu FOMO?

apa itu fomo adalah

FOMO adalah singkatan dari Fear Of Missing Out, sebenarnya istilah ini dapat ditemukan dalam berbagai keseharian. Akan tetapi, di dalam investasi cryptocurrency FOMO dimaksudkan sebagai emosi yang mengakibatkan investor berbondong-bondong membeli aset. Hal ini biasanya disebabkan karena takut kehilangan peluang keuntungan saat harga crypto naik.

Apa yang bisa dilakukan untuk menghindari FOMO?

Kamu dapat menghindari FOMO dengan melakukan analisis dan menghitung resiko dari setiap kali membeli aset digital, sehingga terhindar dari membeli aset di harga yang terlalu tinggi. Misalnya, jika kamu percaya suatu aset punya masa depan yang cerah, tetapi harganya sudah terlalu mahal. Janganlah memasukkan semua uang anda sekaligus untuk membeli aset tersebut di titik mahal. Karena mungkin saja harga aset tersebut dapat jatuh.

Investasi memang tidak bisa dilakukan berdasarkan emosi saja. Dari kedua istilah di atas, kamu bisa belajar untuk menghindari trading berdasarkan rasa takut. Jika kamu mulai melihat adanya FUD, pelajari lagi analisa harga dan sesuaikan dengan strategi trading kamu. Kemudian jika muncul rasa FOMO saat satu koin terlihat memiliki potensi, pelajari lagi grafik dari koin tersebut dan buang jauh-jauh emosi saat melakukan trading.

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup
ichsan
Author
ichsan

Bagikan

Artikel Terkait