Sinyal Crypto Hari Ini, 10 September 2024: Belum Ada Tanda Membaik, Pasar akan Sideways

Update 10 Sep 2024 • Waktu Baca 5 Menit
Gambar Sinyal Crypto Hari Ini, 10 September 2024: Belum Ada Tanda Membaik, Pasar akan Sideways
Reading Time: 5 minutes

ren buruk BTC dan altcoin rupanya kembali berlanjut dalam tujuh hari terakhir. BTC sempat terjatuh ke area $53.000-an dan kini terperangkap di kisaran $54.000 – $55.000. Selain karena belum ada katalis positif, kondisi BTC diperparah dengan aliran dana yang keluar dari pasar ETF BTC spot.

Berdasarkan data Farside, telah terjadi outflow di pasar ETF BTC spot selama delapan hari berturut-turut. Tercatat, jumlah aliran dana yang keluar mencapai $1,18 miliar pada kurun waktu tersebut. Total kapitalisasi pasar crypto kini juga hanya sebesar $1,91 triliun, padahal pada akhir Agustus angkanya masih berada di kisaran $2,1 triliun.

Secara sentimen, kondisi pasar crypto belakangan ini juga belum memperlihatkan perbaikan. Perdebatan terkait kondisi penambang BTC masih terjadi. Selain itu, antusiasme terhadap memecoin belakangan ini juga menurun.

Kondisi yang masih belum kondusif tidak menutup kemungkinan akan membuat pasar crypto kembali volatile pada pekan ini. Apalagi, pada pekan ini akan ada rilis data CPI yang berpotensi memengaruhi kondisi makro dan perilaku investor.

Memasuki pekan ini, tim Pintu Academy telah mengumpulkan informasi penting yang berpotensi menjadi katalis penggerak beberapa aset crypto. Informasi dari beberapa proyek tersebut kemudian dianalisis untuk mengetahui apakah akan menjadi katalis positif atau negatif terhadap pergerakan harga asetnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh informasi padaMarket Signal ini bukan saran finansial, tetap do your own research sebelum mengambil keputusan finansial!

Solana (SOL) ➡️ Bullish 🚀

Token SOL berpotensi berada dalam tren bullish pada pekan ini. Salah satu katalis positif yang bisa mengangkat harganya adalah gelaran acara Solana Breakpoint 2024 pada 20-21 September mendatang.

Acara ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Solana Foundation untuk mengumpulkan para pengembang, investor, dan penggemar Solana dari seluruh dunia. Melalui Solana Breakpoint, komunitas Solana dapat saling bertemu, berjejaring, dan mendapatkan informasi terbaru tentang perkembangan ekosistem Solana.

Lantas mengapa Solana Breakpoint bisa menjadi katalis yang mengangkat harga SOL? Jawabannya adalah karena harga SOL mengalami kenaikan saat konferensi khusus Solana ini berlangsung.

Pada tahun 2023, Solana Breakpoint digelar pada 30 Oktober – 1 November 2023. Harga SOL berhasil naik dari $25 pada 20 Oktober 2023 menjadi $47 pada 1 November 2023. Sementara itu, Solana Breakpoint 2022 diadakan pada 5-7 November 2022. Harga SOL naik dari $28 pada 25 Oktober menjadi $39 pada 5 November.

Berkaca dari tren tersebut, tidak menutup kemungkinan harga SOL akan kembali naik menjelang dimulainya Solana Breakpoint 2024.

SushiSwap (SUSHI) ➡️ Tidak Menentu⚖️

SushiSwap siap membuat gebrakan dengan meluncurkan launchpad memecoin bernama Dojo pada 10 September mendatang. Dalam peluncuran ini, SushiSwap bekerjasama dengan Goat Trading. SushiSwap mengklaim bahwa Dojo merupakan produk yang lebih aman serta mudah digunakan bagi para trader.

Salah satu kelebihan yang ditawarkan Dojo adalah token yang lahir dari Dojo akan tetap berada dalam ranah Sushi V3. Dengan menggunakan Sushi V3, mereka memanfaatkan likuiditas dalam rentang sempit sehingga memungkinkan pennguna menjual token tanpa slippage. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah harga memecoin terjun bebas pasca peluncuran.

Selain itu, Dojo juga menerapkan persyaratan yang lebih tinggi. Mereka mengharuskan token baru memiliki kapitalisasi awal sebesar $15.000, jauh lebih tinggi dari platform lainnya yang di kisaran $5.000. Langkah tersebut diambil untuk menyulitkan para sninper dan mencegah adanya perilaku trading predatoris.

Sejauh ini, token SUSHI bereaksi positif terhadap kabar peluncuran Dojo. Ia telah menguat 11,30% dalam tujuh hari terakhir menjadi Rp 9.565. Namun, tidak menutup kemungkinan saat peluncuran, trader akan memanfaatkannya untuk sell the news. Dengan demikian, bisa saja token SUSHI justru terkoreksi. Oleh sebab itu, SUSHI berada dalam kategori tidak menentu di pekan ini.

Celestia (TIA) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Celestia telah mengumumkan roadmap terbaru mereka pada pekan lalu. Pada roadmap tersebut memperlihatkan langkah Celestia untuk bisa meningkatkan skalabilitas mereka melalui peningkatkan ukuran blok menjadi 1 gigabyte. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan data throughput pada ekosistem rollup Celestia secara signifikan.

Tim pengembang Celestia mengklaim blok berukuran 1 gigabyte dapat meningkatkan kapasitas pemrosesan transaksi Celestia lebih cepat dari Visa. Terobosan ini diharapkan bisa membuka kemungkinan-kemungkinan baru yang sebelumnya dianggap tidak mungkin dilakukan.

“Ini membuka aplikasi dan kemampuan onchain yang sebelumnya dianggap tidak dapat dijalankan, seperti aplikasi web yang dapat diverifikasi dan game yang sepenuhnya onchain,” kata Celestia dalam blognya.
Sumber: Celestia

Jika Celestia berhasil mengeksekusi seluruh program yang ada di roadmapnya, maka itu bisa menjadi hal yang sangat besar. Apalagi, saat ini Celestia secara perlahan berhasil menggerus posisi Ethereum sebagai lapisan penyedia ketersediaan data. Data dari Blockworksres memperlihatkan market share Celestia telah tumbuh dari 10% menjadi 41,2% dalam tiga bulan terakhir.

Kendati begitu, harga TIA justru tidak merespons positif peluncuran roadmap terbaru tersebut. Dalam tujuh hari terakhir, harga TIA justru telah terdepresiasi 8,30% menjadi Rp 64.593.

Starknet (STRK) ➡️ Tidak Menentu⚖️

Starknet akan melakukan pemungutan suara proposal pertama mereka pada pekan depan. Proposal tersebut berfokus pada pengenal dua aspek mekanisme staking di Starknet. Aspek pertama meliputi mekanisme pencetakan, yang akan menentukan pembuatan dan distribusi token baru dalam ekosistem Starknet. Sekaligus menjadi pusat insentif bagi partisipan.

Sementara aspek kedua meliputi protokol untuk penyesuaian parameter mekanisme pencetakan, yang memungkinkan modifikasi pencetakan dari waktu ke waktu untuk memastikan keseimbangan dan keberlanjutan Starknet.

Jika proses pemungutan suara berjalan sesuai rencana, Starknet menargetkan program staking tersebut dapat diluncurkan pada Oktober. Kabar ini tentunya menjadi sentimen positif yang bisa memperkuat fundamental STRK. Hanya saja cukup sulit untuk mengukur dampak nyatanya mengingat proses ini masih akan berlangsung cukup lama.

Agenda Token Unlock Pekan Ini

Pintu Academy akan menampilkan daftar protokol yang akan melakukan token unlock pada sepekan ke depan. Berikut ini adalah daftarnya:

Nama ProtokolJadwal Token UnlockJumlah Token DibukaValuasi Token UnlockAlokasi Token Unlock
Xai (XAI)09 September 202435,88 Juta XAI$8,47 jutaTim inti dan Investor
Aptos (APT)11 September 202411,31 juta APT$65,26 jutaAnggota komunitas dan investor
Starknet (STARK)15 September 202464 juta STRK$27,44 jutaInvestor dan early kontributor
Sumber: Token Unlock

Lebih lanjut, beberapa protokol lain yang akan melakukan token unlock pekan ini adalah io.net (IO), Ethena (ENA), Cyber (CYBER) dan Render (RNDR). Tercatat, total nilai token unlock pada pekan ini melebihi $114 juta.

Secara umum, agenda token unlock akan menambah jumlah pasokan yang beredar pada sirkulasi. Jika pemilik hasil token unlock tadi memutuskan untuk menjual kepemilikannya, besar kemungkinan harga token akan terkoreksi. Semakin besar jumlah token yang dibuka, maka semakin besar juga potensi tekanan yang dihasilkan.

Namun, jadwal token unlock yang terencana dengan baik juga bisa memperkuat sustainability sebuah proyek. Sejalan dengan terus berkembangnya protokol, token unlocks dapat memotivasi anggota tim, meningkatkan keterlibatan komunitas, dan mendorong pertumbuhan ekosistem.

Performa Aset Crypto di Pintu dalam Sepekan Terakhir

Berikut ini adalah crypto dengan performa terbaik dan terburuk di Pintu:

Aset Crypto dengan Performa Terbaik

  • Apecoin (APE): 🔼36,39% (Rp 12.804)
  • Scallop (SCA): 🔼35,45% (Rp 3.538)
  • BinaryX (BNX): 🔼23,67% (Rp 23.226)

Aset Crypto dengan Performa Terburuk

  • Self Chain (SLF): 🔽25,63% (Rp 6.833)
  • Inspect (INSP): 🔽23,37% (Rp 302)
  • Gaimin (GMRX): 🔽21,38% (Rp 14,93)

Berita Crypto Seminggu Terakhir

Berikut ini adalah beberapa berita crypto penting dalam seminggu terakhir:

Referensi

Penulis:Hikma Dirgantara

Bagikan