Mengenal Support dan Resistance dalam Crypto Trading

Update 4 May 2023 ‚ÄĘ Waktu Baca 3 Menit
Gambar Mengenal Support dan Resistance dalam Crypto Trading
Reading Time: 3 minutes

Dalam melakukan trading crypto, mengetahui titik support dan resistance merupakan hal yang penting. Dengan mengetahui kedua hal tersebut, trader bisa mengetahui titik yang menjadi penanda apakah harga aset akan bergerak naik atau turun. Hal ini berguna untuk menentukan level yang ideal untuk melakukan aksi beli maupun jual. Simak artikel berikut agar kamu bisa mengetahui cara menentukan level support dan resistance

Ringkasan Artikel

  • ūüí° Support dan resistance adalah dua aspek analisis teknikal yang merujuk pada tingkat harga aset yang cenderung berperan sebagai ‚Äúpenghalang‚ÄĚ, atau mencegah harga aset bergerak lebih tinggi atau lebih rendah.
  • ūüďą Untuk mempermudah menemukan titik support dan resistance, trader bisa menggunakan cara menentukan trendline terlebih dahulu.
  • ūüďä Dalam aktivitas trading, memahami kedua aspek ini diperlukan guna menentukan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual aset.

Apa Itu Support?

apa itu support dan resistance

Pada grafik pergerakan harga, support adalah level harga yang menahan atau mencegah harga untuk turun lebih jauh saat terjadi tren penurunan harga suatu aset. Saat harga aset menyentuh level support, diharapkan harga aset akan kembali naik dan tidak turun lebih jauh lagi.

Support biasanya didukung oleh peningkatan volume pembelian. Saat harga aset menurun, beberapa investor akan mengambil kesempatan untuk membelinya, dengan harapan harganya akan kembali naik. Di saat yang bersamaan, tetap ada sejumlah investor yang mempertahankan aset dan tidak menjualnya meski harganya menurun. Hal inilah yang membentuk level support.

Baca juga: Apa Itu Analisis Teknikal dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Apa itu Resistance?

Berlawanan dengan support, resistance adalah level harga yang menahan harga aset untuk naik lebih tinggi lagi. Saat tren harga sedang terus menanjak, pada satu waktu harga aset akan berhenti di satu titik, dan ini disebut dengan resistance.

Berlawanan dengan support, resistance dipicu oleh banyaknya investor yang melepas aset untuk mendapatkan keuntungan saat harga sedang tinggi-tingginya. Seiring dengan meningkatnya volume penjualan aset, tercipta level resistance sehingga harga aset tidak terus meroket.

ūüí° Level support mengindikasikan adanya peningkatan volume pembelian aset saat harga sedang turun. Sementara itu, level resistance mengindikasikan bahwa banyak investor yang memilih untuk menjual aset dan mengambil keuntunngan pada titik tersebut.

Baca juga: 4 Indikator Trading Crypto Terbaik yang Harus Diperhatikan

Bagaimana Cara Menentukan Support Resistance Saat Trading?

cara menentukan support resistance
https://tradingcryptocourse.com/free/technical-analysis-trendlines/

Cara Menentukan Trendline

Untuk menggunakan indikator support dan resistance, pertama-tama trader perlu memperhatikan trendline, atau garis diagonal yang memperlihatkan adanya tren kenaikan atau penurunan harga aset.

Pada grafik di atas, garis berwarna biru menunjukkan adanya tren kenaikan harga, sementara garis horizontal berwarna merah muda menunjukkan level support dan resistance.

Untuk menentukan trendline, perlu setidaknya dua atau tiga kurva kenaikan dan penurunan pada grafik, dan trader akan menghubungkan kurva-kurva tersebut membentuk garis diagonal. Akan tetapi, menentukan trendline pada dasarnya ini tergantung dari masing-masing trader, pada tingkatan harga mana yang ingin ia sambungkan.

Ada trader yang menghubungkan harga penutupan, ada juga yang menggabungkan antara harga pembukaan, penutupan, harga tinggi dan rendah.

Pada dasarnya, semakin banyak titik harga yang tersentuh oleh trendline, semakin akurat garis tersebut untuk membantu dalam mengambil keputusan trading.

Baca juga: FOMO dan Psikologi Trading Cryptocurrency

Membeli Aset di Area Support, Menjual di Area Resistance

Setelah menentukan trendline, akan lebih mudah bagi kamu untuk mencari level support dan resistance. Level support dan resistance ditunjukkan dengan garis merah muda pada grafik di atas.

Idealnya, trader akan membeli aset saat harga ada di support area, dan menjualnya saat harga sudah berada di area resistance. Menentukan area support dan resistance yang presisi tidak selalu mudah, dan selalu ada kemungkinan level support atau resistance tembus dan harga naik atau turun melewati level.

Pada dasarnya titik support dan resistance ini digunakan untuk membantu pengambilan keputusan saat tradinng, dan bukan merupakan rujukan yang mutlak. Sehingga, selain pemahaman teknikal seperti mengenal level support dan resistance, dibutuhkan juga pemahaman akan aspek-aspek lain termasuk aspek fundamental sebelum memulai trading.

Baca juga: Memilih Teknik Trading Crypto yang Sesuai untuk Kamu

Kesimpulan

  • Support adalah level harga yang dilihat secara horizontal yang diperkirakan dapat menahan atau mencegah harga aset untuk turun lebih jauh. Sementara resistance adalah level harga yang menahan harga aset untuk naik lebih tinggi lagi. Saat tren harga sedang terus menanjak.
  • Indikator support dan resistance digunakan untuk membantu mengambil keputusan membeli atau menjual aset.
  • Idealnya, trader akan membeli aset saat harga berada di support area, dan menjualnya saat harga sudah berada di area resistance.

Referensi:

  • CoinMarketCap. (2021, August 20). Technical analysis 101: How to find support and resistance zones?: CoinMarketCap. CoinMarketCap Alexandria. Retrieved November 30, 2021
  • Murphy, C. (2021, November 20). Support and resistance basics. Investopedia. Retrieved November 30, 2021
Penulis:Nadya Rahmaesya

Beri nilai untuk artikel ini

Penilaian kamu akan membantu kami.

Apa yang kamu tidak suka?

Apakah ada saran untuk artikel ini?

Terima kasih untuk masukanmu!Tutup
Masukan gagal terkirim. Silakan coba lagi.Tutup

Bagikan