Pemula
Disertai Video

Tutorial Swap Token di Web3 Wallet Pintu

Update 11 Oct 2024 • Waktu Baca 4 Menit
Gambar Tutorial Swap Token di Web3 Wallet Pintu
Reading Time: 4 minutes

Demi memberikan pengalaman Web3 yang lengkap dan memuaskan, Pintu telah menghadirkan fitur swap. Dengan fitur ini, proses pertukaran dua aset crypto dapat langsung dilakukan di Pintu tanpa harus meninggalkan wallet. Apalagi, proses juga dapat dilakukan secara instan dengan tingkat keamanan yang terjamin. Mau tahu seperti apa cara menggunakan swap di Web3 Wallet Pintu? Simak selengkapnya di artikel berikut ini.

Sekilas tentang Token Swap?

Token swap adalah istilah untuk pertukaran langsung antara dua aset crypto tanpa melewati perpindahan fiat-crypto. Ia merupakan fitur yang ditawarkan oleh platform Web3 wallet. Beberapa contoh platform yang menawarkan fitur swap adalah Web3 Wallet Pintu, OKX Wallet, MetaMask, dan Rabby.

Swap merupakan fitur yang didesain untuk pemula di dunia Web3. Pasalnya, penggunaan decentralized exchange (DEX) seperti UniSwap tergolong rumit bagi pemula. Swap pada Web3 Wallet hadir untuk mempermudah proses tersebut. Apalagi mekanismenya sama-sama terdesentralisasi karena swap juga menggunakan sistem AMM dari satu atau beberapa DEX sekaligus.

Melalui swap, pengguna tidak perlu membandingkan biaya transaksi dari berbagai DEX. Platform swap secara otomatis akan membandingkan dan memilih harga terbaik untuk setiap transaksi. Hal tersebut membuat swap sangat ideal bagi pengguna pemula dan trader yang baru mulai menjelajah dunia Web3.

Perbedaan utama trading di CEX dan swap di Web3 Wallet adalah tingkat desentralisasi. Pada CEX, sistem yang digunakan adalah tersentralisasi dan dikendalikan oleh CEX itu sendiri. Sementara pada swap, sistemnya adalah terdesentralisasi dengan tingkatan yang bergantung pada penyedia fitur swap.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada aspek keamanan. Pada CEX, tingkat keaman akan dijamin oleh CEX. Sementara pada swap, keamanan bergantung pada protokol dan pengguna. Mau tahu lebih lanjut perbedaan melakukan trading di CEX, DEX, dan Swap di Web3 Wallet? Klik melalui artikel berikut.

Token Swap ala Web3 Wallet Pintu

Web3 Wallet Pintu adalah salah satu fitur Pintu yang dihadirkan untuk meningkatkan pengalaman menjelajah dunia Web3 tanpa harus keluar dari aplikasi Pintu. Lewat Web3 Wallet Pintu, pengguna bisa mencari keuntungan dengan menggunakan DeFi, berjualan NFT, dan juga membeli token-token memecoin langsung di Pintu!

Fitur keamanan swap Pintu Web3 berbeda dengan kebanyakan wallet terdesentralisasi seperti MetaMask. Web3 wallet Pintu dilengkapi dengan metode keamanan MPC. Selain itu, fitur swap Web3 wallet Pintu dibuat dengan kerja sama bersama proyek crypto terpercaya seperti Jupiter.

Layanan swap di Web3 Wallet Pintu menawarkan beberapa keuntungan, seperti transaksi yang cepat, biaya rendah, kemudahan akses tanpa perantara pihak ketiga, kontrol penuh atas aset selama pertukaran, dan anonimitas.

Keuntungan lainnya adalah kamu dapat menukar aset crypto secara langsung tanpa harus meninggalkan wallet. Penukaran aset crypto ini dapat dilakukan dalam jaringan blockchain yang sama.

Tutorial Token Swap di Web3 Wallet Pintu

Tertarik mencoba untuk melakukan token swap di Web3 Wallet Pintu tapi belum tahu caranya? Tenang saja, berikut ini adalah tutorial melakukan swap di Web3 Wallet Pintu:

1.Pergi ke halaman utama Web3 Wallet Pintu lalu klik menu “Swap”

2.Kamu akan diarahkan untuk memilih jaringan yang akan digunakan untuk melakukan swap. Pastikan memilih jaringan yang mendukung kedua token yang hendak di-swap. Sebagai contoh, kita pilih jaringan Solana.

3. Setelah itu pilih token yang ingin kamu swap. Sebagai contoh, jika kamu ingin menukar SOL menjadi USDT, masukkan SOL pada kolom pertama dan USDT pada kolom kedua.

4. Kemudian masukkan jumlah aset yang hendak kamu swap atau klik ‘Max’ untuk menukar seluruh aset yang kamu punya. Kamu juga bisa mengatur setelan ‘Slippage’ sesuai dengan yang kamu inginkan.

5. Berikutnya akan muncul halaman konfirmasi dan detail swap yang akan kamu lakukan seperti estimasi biaya transaksi dan toleransi slippage. Lalu konfirmasi transaksi. Pastikan kamu memiliki token yang akan digunakan untuk membayar biaya transaksi.

    6. Selesai, proses swap akan berlangsung secara instan. Kini kamu telah berhasil menukar SOL menjadi USDT

    7. Klik tab ‘History’ untuk memeriksa detail dan riwayat transaksi yang telah terkonfirmasi.

    Jika masih belum jelas, kamu juga bisa akses cara swap token di Pintu Web3 Wallet dengan menonton video berikut:

    Selain Web3 Wallet Pintu, kamu juga bisa melakukan trading like a pro melalui fitur limit order yang ada di Pintu Pro. Pelajari cara menggunakannya di sini.

    Kesimpulan

    Bagaimana? Mudah kan cara melakukan swap token di Web3 Wallet Pintu? Tunggu apalagi, segera coba dan nikmati fitur ini dalam perjalanan eksplorasi dunia Web3. Dengan Pintu Web3 Wallet, kini swap tidak perlu lagi meninggalkan wallet. Apalagi, Web3 Wallet Pintu dengan teknologi MPC akan memastikan keamanan walletmu.

    Kamu gak perlu khawatir dengan adanya penipuan melalui Pintu. Hal ini dikarenakan semua aset crypto yang ada di Pintu sudah melewati proses penilaian yang ketat dan mengedepankan prinsip kehati-hatian. Ayo download aplikasi Pintu di Play Store dan App Store! Keamananmu terjamin karena Pintu diregulasi dan diawasi oleh Bappebti dan Kominfo.

    Selain melakukan transaksi, di aplikasi Pintu, kamu juga bisa belajar crypto lebih lanjut melalui berbagai artikel Pintu Academy yang diperbarui setiap minggunya! Semua artikel Pintu Akademi dibuat untuk tujuan edukasi dan pengetahuan, bukan sebagai saran finansial.

    Penulis:Hikma Dirgantara

    Bagikan