Apa Arti OTC dalam Trading?

Updated
February 4, 2022
• Waktu baca 2 Menit
Gambar Apa Arti OTC dalam Trading?
Reading Time: 2 minutes

Dalam trading, apa pun jenis transaksinya, biasanya akan ada istilah OTC. OTC trading adalah istilah yang akan kamu temukan di trading berskala besar. Lalu, apa arti OTC dalam trading sebenarnya? Simak pengertian OTC, tips trading OTC hingga langkah-langkah lengkapnya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu OTC dalam Trading?

apa itu otc dalam trading

OTC trading adalah singkatan dari Over the Counter, yang mana mengacu pada perdagangan sekuritas di luar bursa, melainkan secara langsung antar pihak-pihak yang terlibat. Biasanya, proses ini akan difasilitasi oleh broker atau dealer yang terspesialisasi di bidang OTC.

Jenis instrumen investasi yang diperdagangkan dalam OTC sendiri bisa sangat beragam, mulai dari ekuitas, instrumen utang, dan derivatif.

Dalam trading, ada beberapa kasus di mana sekuritas mungkin saja tidak memenuhi persyaratan yang telah ditentukan di bursa dagang. Beberapa contoh bursa dagang adalah Bursa Efek Jakarta, Bursa Efek New York, dan lain sebagainya.

Nah, karena tidak memenuhi syarat inilah, maka sekuritas semacam ini bisa diperdagangkan secara Over the Counter.

Pertanyaannya, apakah OTC hanya untuk perdagangan sekuritas yang tidak lolos persyaratan saja?

Ternyata jawabannya adalah tidak. Sekuritas yang diperdagangkan di OTC bisa juga berupa sekuritas yang sudah terdaftar atau belum terdaftar di bursa. Untuk saham yang tidak terdaftar di bursa dan diperdagangkan dengan cara OTC, biasanya disebut sebagai sekuritas ekuitas OTC.

Kelebihan Transaksi OTC

Beberapa kelebihan transaksi OTC pada umumnya adalah sebagai berikut.

  1. Menyediakan akses ke aset sekuritas yang tidak tersedia di exchange pada umumnya
  2. Regulasi OTC yang relatif lebih longgar memudahkan perusahaan yang tidak bisa atau tidak memilih untuk listing di exchange untuk masuk ke pasaran.
  3. Trading OTC biasanya digunakan untuk transaksi sekuritas dengan biaya rendah, sehingga dimanfaatkan investor untuk memperoleh return yang signifikan.

Cara Trading OTC dalam Crypto

cara trading otc dalam crypto

Di Pintu sendiri, layanan OTC dikhususkan untuk transaksi dengan jumlah besar, yang mana membuatnya lebih personal dengan slippage minimum. Selain itu, tersedia juga layanan konsultasi 1-on-1 untuk membantu proses transaksi kamu.

Berikut merupakan cara melakukan trading OTC di Pintu dengan jumlah nominal transaksi yang besar.

  • Kunjungi situs https://pintu.co.id/otc
  • Daftarkan diri dan lakukan verifikasi. Cukup isi beberapa data yang diminta. Tidak perlu khawatir, semuanya aman dan privasi kamu terjaga.
  • Proses onboarding akan dijadwalkan, di mana tim Pintu akan meneleponmu untuk proses konsultasi terlebih dahulu.
  • Setelah itu, kamu bisa langsung mulai bertransaksi!

OTC trading adalah salah satu jenis transaksi trading yang melibatkan dana besar, sehingga keamanan dan sisi personal harus terjamin.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa arti OTC dalam trading, kelebihan serta cara trading OTC crypto. Tertarik untuk melakukan transaksi OTC?

Referensi:

Chris b. Murphy. Over-the-Counter (OTC). Diakses 31 Januari 2022

InvestorsLive. How to Day Trade OTC Penny Stocks. Diakses 31 Januari 2022

Wikipedia. Over-the-Counter (Finance). Diakses 31 Januari 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->