Wealth Management: Pendekatan Holistik dalam Mengelola Kekayaan

Updated
March 21, 2023
• Waktu baca 5 Menit
Gambar Wealth Management: Pendekatan Holistik dalam Mengelola Kekayaan
Reading Time: 5 minutes

Pernahkah kamu berpikir bagaimana orang-orang terkaya mengelola kekayaannya? Wealth management adalah jawabannya.

Wealth management adalah layanan investasi yang menggabungkan berbagai jenis layanan keuangan untuk memenuhi kebutuhan klien. Institusi ini menggunakan proses konsultatif untuk mengumpulkan informasi tentang keinginan klien dan situasi khusus mereka. Setelah mendapatkan cukup informasi, langkah selanjutnya yang diambil wealth management adalah menentukan menyesuaikan strategi investasi terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan profil risiko klien.

Pendekatan yang kerap digunakan oleh wealth management adalah pendekatan holistik atau menyeluruh. Kebutuhan klien yang kompleks kemudian akan disesuaikan dengan berbagai layanan yang tepat seperti saran investasi, perencanaan perumahan, akuntansi, pensiun, dan layanan pajak.

Penjelasan lebih jauh tentang apa dan bagaimana wealth management bekerja bisa kamu simak melalui artikel Pintu di bawah ini!

Apa Itu Wealth Management?

Wealth management adalah konsep yang mencakup semua aspek kehidupan finansial klien. Umumnya, klien dengan dengan jumlah kekayaan yang tinggi dapat memperoleh layanan khusus melalui pendekatan holistik untuk mengelola kekayaan.

Layanan yang ditawarkan oleh wealth management adalah membuat rencana keuangan strategis, termasuk didalamnya mengurus wasiat dan rencana suksesi bisnis.

Dalam beberapa kasus, wealth management tidak bekerja sendiri melainkan melibatkan layanan profesional seperti pengacara atau akuntan. Hal ini bertujuan untuk menyusun strategi terbaik demi keuntungan optimal bagi klien.

Beberapa wealth management juga menyediakan layanan khusus seperti perbankan atau nasihat tentang kegiatan filantropi. Semua layanan yang ditawarkan wealth management adalah layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi klien secara khusus.

Sejarah Wealth Management

sejarah wealth magement

Wealth management adalah industri keuangan yang relatif baru, istilah wealth management pertama kali dikenal pada akhir tahun 1980-an seiring perkembangan ekonomi global.

Meningkatnya kemakmuran di seluruh dunia membuat orang kaya membutuhkan industri baru untuk membantu mengelola kekayaan mereka. Menjawab kebutuhan tersebut, wealth management adalah jawaban yang dibutuhkan untuk mengembangkan industri keuangan yang khusus mengelola kekayaan individu dan keluarga yang kaya.

Pada awal 1990-an, perusahaan seperti Goldman Sachs dan Morgan Stanley mulai menyediakan layanan manajemen kekayaan untuk membantu klien kaya mereka mengelola aset mereka. Kemudian, perusahaan keuangan besar lain seperti Bank of America, Citigroup, dan JPMorgan Chase juga memasuki pasar manajemen kekayaan. Tahun terbaik industri wealth management adalah awal tahun 2000-an. Dimana perekonomian negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Swiss berkembang pesat.

Meskipun mendapatkan kritik terkait biaya yang tinggi dan masalah-masalah lain dalam industri keuangan, wealth management adalah industri besar yang tetap menjadi institusi penting di dunia keuangan.

Wealth management adalah salah satu industri keuangan paling cepat berkembang. Wealth management adalah industri yang memberikan banyak ruang gerak bagi para profesional keuangan untuk membangun karir yang sukses.

Baca juga: Apa Itu Bookkeeping?

Jenis-Jenis Layanan Wealth Management

Wealth management adalah layanan yang dapat mencakup berbagai ranah keuangan, tergantung pada kebutuhan klien dan profil risiko mereka. Beberapa jenis layanan wealth management adalah sebagai berikut:

Penasihat Keuangan

Jenis layanan pertama yang ditawarkan wealth management adalah penasihat keuangan. Layanan ini membantu klien untuk mengembangkan rencana keuangan secara holistik dan intra-personal. Layanan ini mencakup pengelolaan investasi, perencanaan pensiun, perencanaan pajak, dan manajemen risiko.

Pengelolaan Aset

Layanan pengelolaan aset melibatkan peran aktif wealth management dalam mengelola kekayaan. Tugas wealth management adalah mengalokasikan dana klien dan melakukan penempatan pada aset yang tepat. 

Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan mencakup rencana pengelolaan keuangan klien secara keseluruhan. Layanan ini memastikan klien memiliki strategi investasi yang sesuai dengan tujuan dan profil risiko.

Manajemen Risiko

Manajemen risiko bertujuan untuk meminimalkan risiko dalam portofolio investasi klien. Tindakan ini mencakup diversifikasi investasi, asuransi, analisa aset, dan strategi lain untuk melindungi kekayaan klien.

Perencanaan Warisan

Perencanaan warisan adalah layanan yang memastikan klien untuk mengembangkan rencana transfer kekayaan klien kepada pewaris dengan tepat. Layanan ini memastikan penerima yang ditunjuk dapat menerima kekayaan cara yang efisien dari segi perpajakan dan hukum.

Filantropi

Filantropi adalah aktivitas yang melibatkan pemberian donasi dan sumbangan amal untuk tujuan sosial. Tugas wealth management adalah membantu klien mengembangkan strategi filantropi dan mengelola donasi agar tepat sasaran.

Pengelolaan Likuiditas

Layanan wealth management adalah layanan yang sangat menyeluruh, termasuk mengelola dana untuk kebutuhan keuangan harian klien. Layanan ini termasuk mengelola akun bank, membayar tagihan rutin, hingga melakukan transaksi keuangan sehari-hari.

Baca juga: Apa Perbedaan Investasi dan Spekulasi?

Strategi Wealth Management

Hal pertama yang dilakukan oleh wealth management adalah merancang rencana untuk menjaga dan meningkatkan harta klien. Strategi ini mempertimbangkan seluruh informasi mengenai situasi keuangan, tujuan, dan profil risiko. Informasi mengenai hal tersebut didapat melalui konsultasi berkala.

Seluruh aspek keuangan klien, seperti perencanaan pajak dan pengaturan surat wasiat akan dikoordinasikan bersama-sama. Hal ini bertujuan untuk memastikan tujuan keuangan jangka panjang klien dapat tercapai. Langkah ini termasuk melakukan proyeksi keuangan dan perencanaan pensiun.

Setelah rencana tersusun, langkah yang akan dilakukan oleh wealth management yang selanjutnya adalah melakukan pertemuan rutin dengan klien. Hal ini dilakukan untuk memperbarui tujuan dan mengevaluasi kinerja keuangan klien. Selain itu, kunjungan berkala juga dilakukan untuk melakukan rebalancing asset untuk memastikan seluruh aset memiliki kinerja tinggi dan berada pada proporsi ideal.

Pilar Wealth Management

pilar wealth management

Pilar-pilar Wealth Management adalah konsep inti yang digunakan oleh para ahli keuangan dalam membantu klien mengelola kekayaan. Empat pilar utama Wealth Management adalah sebagai berikut:

Perencanaan Keuangan

Pilar pertama dari Wealth Management adalah perencanaan keuangan. Pilar ini mencakup penilaian dan analisis mendalam terhadap situasi keuangan klien, serta perencanaan dan pengelolaan investasi mereka. Perencanaan keuangan juga termasuk manajemen risiko dan pengembangan strategi untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang klien.

Manajemen Investasi

Pilar kedua dari Wealth Management adalah manajemen investasi, yang mencakup pengembangan portofolio investasi yang sesuai dengan tujuan klien. Dalam hal ini, tindakan wealth management adalah menganalisis profil risiko klien dan membuat rekomendasi strategi investasi. Tujuan umum dari manajemen investasi yang disusun oleh wealth management adalah mengoptimalkan pengembalian investasi jangka panjang.

Perencanaan Pajak

Pilar ketiga dari Wealth Management adalah perencanaan pajak yang mencakup semua perencanaan dan pengelolaan pajak klien. Tujuan umum dari perencanaan pajak yang disusun oleh wealth manajemen adalah meminimalkan kewajiban pajak dan meningkatkan keuntungan pajak. Perencanaan pajak juga dapat membantu klien mempersiapkan warisan dan membuat rencana pensiun yang efektif.

Perencanaan Warisan

Pilar keempat dari Wealth Management adalah perencanaan warisan  mencakup pengelolaan harta benda klien dan perencanaan suksesi bisnis. Tujuan dari perencanaan warisan yang disusun oleh wealth management adalah membantu klien mewariskan kekayaan sesuai harapan mereka

Kesimpulan

  • Wealth management adalah layanan penasehat investasi yang menggabungkan layanan keuangan lainnya untuk memenuhi kebutuhan klien dengan jumlah kekayaan yang  besar.
  • Wealth management adalah layanan yang digunakan keluarga atau individu kaya untuk memenuhi beragam kebutuhan secara holistik, termasuk investasi, asuransi, pajak, dan rencana pensiun. 
  • Keberhasilan Wealth management membutuhkan komitmen dan kesediaan klien untuk melakukan konsultasi secara rutin. Hal ini dapat membantu memastikan bahwa rencana keuangan terus diperbarui sesuai dengan situasi keuangan klien yang terus berubah.

Untuk bisa melakukan diversifikasi aset, kamu tidak perlu menunggu untuk menjadi individu kaya. Kamu cukup memiliki Rp11.000 sebagai modal awal untuk berinvestasi kripto di Pintu.co.id.

Kamu bisa hasilkan pendapatan pasif dengan memanfaatkan fitur Pintu Earn dan PTU Staking. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan keuntungan dari volatilitas harga aset kripto di pasaran.

Dengan Pintu.co.id kamu bisa memiliki beragam koin terbaik seperti Ripple, Polkadot, Etehereum, Bitcoin, dan masih banyak lagi. Dapatkan juga informasi terbaru seputar berita crypto di Pintu News dan perdalam wawasan kamu melalui Pintu Academy untuk mendapatkan materi belajar crypto untuk level pemula hingga level mahir.

Yuk buruan download aplikasi Pintu sekarang juga di App Store atau Play Store!

Referensi:

Akhilesh Ganti, Wealth Management: What It Is and What Wealth Managers Charge, diakses tanggal 15 Maret 2023 

Dock David Treece, What Is Wealth Management? Do You Need It, diakses tanggal 15 Maret 2023

Roger Wohlner, What is wealth management and do you need it, diakses tanggal 15 Maret 2023

Andrea Coombes, What Is Wealth Management, diakses tanggal 15 Maret 2023

Robert Casey dan Jamie McLaughlin, A History Of Wealth Management, diakses tanggal 15 Maret 2023

Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->