Pintu Blog
/
Perencanaan Keuangan
/
Net Worth: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Rumusnya...

Net Worth: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Rumusnya

August 25, 2021
Combined Shape 2
3 Menit
Bagikan
Gambar Net Worth: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Rumusnya
Reading Time: 3 minutes

Sudah pernah dengar tentang istilah net worth? Net worth adalah jumlah kekayaan bersih yang dimiliki seseorang dan biasanya menjadi informasi penting yang disertakan dalam daftar orang-orang terkaya di dunia maupun selebritas. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghitung net worth seseorang? Yuk, simak pengertian, jenis-jenis net worth, dan cara menghitungnya dalam artikel berikut ini!

Apa itu Net Worth (Kekayaan Bersih)?

Bagaimana cara menghitung kekayaan bersih?

Kekayaan bersih atau net worth adalah nilai aset yang dimiliki seseorang atau sebuah perusahaan, setelah dikurangi nilai liabilitas. Metrik ini adalah aspek yang sangat penting untuk mengukur kesehatan finansial perusahaan dan dapat memberikan gambaran yang nyata tentang status keuangan perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Apa itu Kekayaan Kotor?

Selain kekayaan bersih, ada pula istilah kekayaan kotor. Lalu, apa itu kekayaan kotor? Jika kekayaan bersih adalah jumlah harta bersih yang dimiliki suatu pihak, maka kekayaan kotor tentu saja total nilai aset yang masih belum dikurangi dengan liabilitas suatu entitas, baik pribadi maupun perusahaan.

Kekayaan kotor tidak bisa dijadikan patokan untuk melihat kondisi finansial perusahaan atau seseorang. Meski kekayaan kotor yang dimiliki seseorang berjumlah besar, tidak ada gunanya jika liabilitas yang dimilikinya lebih besar dari pada kekayaan kotornya, yang tentunya akan berakibat pada nilai kekayaan bersih yang sangat kecil atau bahkan minus.

Bagaimana Cara Menghitung Net Worth (Kekayaan Bersih)?

Setelah memahami konsep kekayaan bersih dan kekayaan kotor, lalu bagaimana cara menghitung kekayaan bersih? Secara matematis, ini rumus net worth secara sederhana.

Net Worth = Asset – Liability

Net worth : kekayaan bersih yang nyata

Asset : total nilai aset yang dimiliki

Liability : total utang atau kewajiban lain yang wajib dibayarkan

Apa Saja Jenis-Jenis Net Worth (Kekayaan Bersih)?

Net worth atau kekayaan bersih dapat diaplikasikan pada individu, perusahaan, atau bahkan negara. Secara umum, ada dua jenis kekayaan bersih yaitu kekayaan bersih dalam bisnis dan pribadi.

Net worth dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis, net worth adalah nilai buku atau ekuitas pemegang saham. Nilai ekuitas perusahaan sama dengan selisih antara nilai total aset dan total liabilitas.

Sebuah perusahaan biasanya akan mencatat kenaikan kekayaan bersih atau nilai buku. Bagi perusahaan publik, kenaikan nilai buku biasanya akan dibarengi dengan kenaikan pada nilai sahamnya juga.

Net worth dalam Keuangan Pribadi

Kekayaan bersih atau net worth seseorang secara individual konsepnya lebih sederhana, yaitu nilai atau jumlah selisih antara aset dengan liabilitas. Yang termasuk liabilitas atau kewajiban di sini termasuk hipotek, tagihan kartu kredit, dan cicilan lainnya.

Sementara aset pribadi meliputi jumlah tabungan, nilai aset sekuritas seperti saham, nilai properti, dan masih banyak lagi. Nilai yang masih tersisa dari aset setelah melunasi utang pribadi adalah kekayaan bersih.

Net Worth dari Tokoh Kripto Ternama Dunia

net worth tokoh kripto

Sebagai salah satu aset investasi yang sedang banyak diminati saat ini, membahas net worth investor kripto ternama di dunia memang sangat menarik. Dilansir dari businesscloud.co.uk, berikut jumlah kekayaan bersih dari tiga investor kripto terkenal di dunia.

Satoshi Nakamoto

Satoshi Nakamoto dianggap sebagai investor Bitcoin terkaya di dunia saat ini dengan kepemilikan lebih dari 1 juta Bitcoin, yang nilainya setara dengan sekitar $34,9 miliar. Uniknya, identitas asli Nakamoto tidak diketahui, namun ia disebut-sebut sebagai orang pertama yang mengembangkan Bitcoin.

Baca juga: Contoh Portofolio Investasi Kripto dari Investor Ternama Dunia

Chris Larsen

Pria berkebangsaan Amerika Serikat ini turut mendirikan beberapa perusahaan startup di Silicon Valley. Salah satu produk besutannya yang sempat ramai diperbincangkan beberapa bulan lalu adalah Ripple, sebuah platform yang memungkinkan pembayaran secara internasional dengan menggunakan teknologi blockchain. Kekayaan bersih yang dimiliki Larsen per Februari 2021 lalu diperkirakan berada di angka $2,7 miliar.

Winklevoss Twins

Tyler dan Cameron Winklevoss adalah nama besar dalam dunia investasi kripto. Mereka sudah mengantongi sejumlah Bitcoin sejak tahun 2012, ketika banyak orang tidak tertarik pada mata uang digital. Jumlah net worth atau kekayaan bersih keduanya jika digabungkan bisa mencapai $1,4 miliar, baik dari hasil kepemilikan kripto maupun aset lainnya. Namun sumber kekayaan terbesar mereka adalah dari kesuksesan Bitcoin yang harganya melejit hingga ratusan kali lipat.

Melihat besarnya kekayaan bersih yang dimiliki oleh para investor kripto, apakah kamu juga tertarik untuk berkecimpung di dalam dunia investasi dan trading kripto?

Kini, memiliki aset kripto jadi semakin mudah dengan menggunakan aplikasi Pintu yang bisa diakses langsung dari handphone kamu. Tidak hanya bertransaksi saja, kamu juga bisa mengecek harga Bitcoin dan aset kripto secara real-time di aplikasi ini. Belum paham betul soal seluk beluk kripto? Kamu tidak perlu khawatir karena ada Pintu Academy, di mana kamu bisa belajar kripto secara gratis!

Selamat berinvestasi!

Referensi:

Akhilesh Ganti, Net Worth. Diakses pada 23-08-2021.

Jean Folger, How to Calculate Your Tangible Net Worth. Diakses pada 23-08-2021.

Jonathan Symcox, The Crypto Rich List: Who are the world’s richest people in cryptocurrency? Diakses pada 23-08-2021.

Author
Cornelia Lyman
Bagikan
Artikel Terkait
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Foundations/Reg-license/ISO27001
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.