10 Investor Terkaya di Indonesia dan Dunia!

Updated
February 13, 2022
• Waktu baca 5 Menit
Gambar 10 Investor Terkaya di Indonesia dan Dunia!
Reading Time: 5 minutes

Belakangan ini, banyak terdengar kisah investor sukses yang bisa menghasilkan miliaran rupiah dari aktivitas tersebut. Penasaran siapa saja? Simak daftar 10 investor terkaya di Indonesia dan dunia lewat artikel berikut ini.

5 Investor Terkaya di Indonesia

Investor Terkaya di Indonesia

Dikutip dari beberapa sumber, inilah daftar 5 investor terkaya di Indonesia:

John Wen

Pemuda yang lahir di Medan, Sumatera Utara ini menjadi salah satu representatif generasi milenial yang sukses terjun di dunia investasi. Pasalnya di usia yang belum mencapai 30 tahun, John Wen berhasil meraup profit hingga 60% per tahun.

Dilansir dari berbagai sumber, John Wen sudah terjun ke dunia investasi sejak tahun 2012. Pemuda ini mempelajari sendiri secara otodidak mengenai investasi dan trading saham dengan cara membaca banyak buku, terutama karangan Warren Buffet – investor tersukses asal Amerika.

Dari situlah John Wen menemukan bahwa kunci kesuksesan investasi saham terletak pada pemahaman tentang analisis laporan keuangan dan value perusahaan.

Ellen May

Nama wanita yang satu ini tentunya sudah tidak asing bagi kalian yang sudah lama terjun di dunia investasi dan trading. Founder dari Ellen May Institute ini berhasil melewati proses jatuh bangun selama menjadi trader, khususnya pada saat krisis finansial tahun 2008.

Tidak tanggung-tanggung, Ellen May mampu menghasilkan profit hingga 600% dan 1500% pada tahun 2013 sehingga tidak berlebihan untuk menjulukinya  sebagai investor saham terkaya di Indonesia. Strategi yang beliau bagikan bagi para trader pemula diantaranya adalah dengan melakukan trading saat suasana hati sedang baik serta tetap berpegang pada tren mayor.

Lo Kheng Hong

Pria kelahiran tahun 1959 ini layak mendapat julukan sebagai Warren Buffet asal Indonesia berkat ketekunannya di bidang investasi. Lo Kheng Hong mulai terjun di dunia investasi pada tahun 1989 tepat saat beliau berusia 30 tahun dan mengambil langkah besar untuk meninggalkan pekerjaannya di usia 37 tahun untuk fokus menekuni bidang investasi.

Pengorbanannya tidak sia-sia, berkat prinsip hidup yang beliau jalani selama bertahun-tahun kini beliau dapat menikmati total nilai aset saham yang berkisar hingga Rp2,5 triliun.

Baca juga:  Cara Menjadi Sleeping Investor Ala Lo Kheng Hong

Andika Sutoro Putra

Pria yang masih berusia 20 tahunan ini sudah mulai belajar investasi sejak usia 14 tahun dan akhirnya terjun secara profesional setahun kemudian.

Dilansir dari CNBC Indonesia, ternyata Andika Sutoro mengawali pengalamannya di dunia investasi dengan berjualan CD suara sarang burung walet. Dalam waktu 6 bulan, ia berhasil mengumpulkan uang senilai Rp100 juta sebagai modal untuk terjun di dunia investasi.

Berkat kerja kerasnya sejak usia 15 tahun, Andika Sutoro berhasil mendapatkan kekayaan hingga $3 juta rupiah atau sekitar Rp40 miliar pada tahun 2018.

Dony Salmanan

Di antara nama-nama trader, tentu nama Dony Salmanan paling banyak dikenal oleh masyarakat awam. Pasalnya, pria asal Bandung kelahiran tahun 1998 lebih sering disebut sebagai Crazy Rich Bandung.

Dalam sebuah wawancara, Dony Salmanan mengungkapkan bahwa ia mulai terjun ke dunia trading dan investasi pada pertengahan tahun 2018 dengan modal kurang dari Rp500 ribu dan meraup pendapatan hingga Rp28 juta.

Meskipun penghasilannya tidak semata-mata berasal dari aktivitas investasi dan trading, namun Dony Salmanan sendiri mengaku memiliki passion di bidang investasi. Bahkan, ia juga membangun grup diskusi untuk memberikan edukasi bagi para trader pemula.

5 Investor Terkaya di Dunia

Investor Terkaya di dunia

Sementara itu, berikut daftar 5 investor terkaya di dunia.

George Soros

Bicara tentang investor terkaya di dunia, nama George Soros sudah pasti berada pada urutan teratas. Pria yang lahir di Hungaria dan berusia 91 tahun ini ternyata sudah menggeluti bidang investasi, lebih tepatnya hedge fund, sejak tahun 1969. Selanjutnya, ia mendirikan sendiri perusahaan investasi untuk mengelola hedge fund – Soros Fund Management – pada tahun 1973.

George Soros adalah pria yang berhasil meraup keuntungan sebesar $1 miliar ketika terjadi krisis mata uang Inggris tahun 1992. Pada Maret 2021, diperkirakan kekayaan bersih George Soros telah mencapai Rp8,6 miliar dollar.

Carl Icahn

Carl Icahn lahir di New York tahun 1936. Dibesarkan di keluarga guru, Carl sangat dekat dengan pamannya yang meminjamkan dana pada beliau untuk membeli kursi di Bursa Efek New York seharga $400 ribu.

Bersama perusahaan yang beliau dirikan, Icahn Enterprises, Carl berinvestasi di berbagai perusahaan berskala nasional dan internasional seperti Apple, Netflix, Time Warner, Revlon, Motorola, dan sebagainya. Total kekayaan bersih Carl Icahn bahkan mencapai $17 miliar.

Ray Dalio

Ray Dalio mulai terjun ke dunia investasi pada usia 12 tahun dengan membeli saham Northeast Airlines seharga $300 menggunakan uang yang ia kumpulkan dari hasil bekerja paruh waktu.

Pada tahun 1975, tepatnya setelah Ray menyelesaikan studinya di Harvard Business School, ia mendirikan sebuah perusahaan investasi bernama Bridgewater. Pamor perusahaan ini semakin melambung pada tahun 1980 hingga akhirnya berhasil menyabet predikat perusahaan pengelola hedge fund terbesar pada tahun 2011.

Total kekayaan Ray Dalio pada tahun 2021 diperkirakan mencapai $16,9 miliar, sedangkan total kekayaan Bridgewater mencapai $160 miliar.

David Tepper

Pria yang terlahir pada tahun 1957 di Pennsylvania ini memulai karirnya di bidang investasi setelah berhasil lulus dari University of Pittsburgh. Awalnya, David Tepper bekerja sebagai analis kredit. Pekerjaan ini membantu beliau dalam memahami konsep dan manajemen investasi.

Pada tahun 90-an, David Tepper mendirikan Tepper’s Appaloosa Management, sebuah perusahaan investasi yang mengelola hedge fund. Kini, nama David Tepper berada pada urutan ke 49 dalam urutan Forbes 400 tahun 2021 dengan total kekayaan bersih senilai $15,8 miliar.

Baca juga: 5 Cara Trading Crypto Harian, Bermanfaat!

James Simons

James Simons merupakan pria kelahiran Massachusetts pada tahun 1938. Beliau berhasil meraih gelar Ph.D jurusan Matematika di usia 23 tahun.

Setelah itu, James Simons membentuk satu tim yang terdiri dari profesor, teknisi, dan ilmuwan guna menciptakan suatu algoritma yang dapat memprediksi perubahan harga instrumen keuangan. Selanjutnya beliau mendirikan Renaissance Technologies yang berfokus pada pengelolaan hedge fund.

Meskipun sudah pensiun pada tahun 2010 silam, nyatanya James Simons masih mencatat peringkat 28 dalam Forbes 400 tahun 2021 dengan total kekayaan $24,4 miliar.

Menarik sekali bukan? Selain investasi saham dan forex, belakangan ini masyarakat dunia semakin tertarik dengan investasi kripto.

Baca selengkapnya di sini mengenai Apa itu Kripto?

Pintu adalah platform jual beli kripto yang legal dan terpercaya di Indonesia. Pintu juga menyediakan Pintu Akademi, wadah untuk memperdalam pengetahuan tentang kripto yang bisa digunakan siapa saja secara gratis. Melalui Pintu, kamu juga bisa mengecek perubahan harga Bitcoin secara mudah setiap saatnya.

Download Pintu sekarang juga dan mulai investasi kamu!

Referensi:

Adam Hayes, Trade. Diakses tanggal: 22-01-2022

Febrian Surya, 5 Trader Indonesia Yang Meraih Profit Luar Biasa. Diakses tanggal: 22-01-2022

Fitri Asta Pramesti, 3 Sumber Kekayaan Doni Salmanan, YouTuber Bagi Uang Bantuan PPKM di Jalanan Bandung. Diakses tanggal: 22-01-2022

FXIGOR, The Richest Traders in the World in 2022. Diakses tanggal: 22-01-2022

How To Trade, Top 5 Richest Traders in The World and Their Net Worth. Diakses tanggal: 22-01-2022

Komarudin, Crazy Rich Indonesia Doni Salmanan Asal Bandung Ungkap Titik Balik dalam Hidupnya. Diakses tanggal: 22-01-2022

Lynda Hasibuan, Kisah Andika Sutoro, Anak Muda yang Kaya Raya dari Saham. Diakses tanggal: 22-01-2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->