Apa Itu Crypto Lending? Jenis Pinjaman Terbaru yang Menguntungkan

Updated
November 8, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa Itu Crypto Lending? Jenis Pinjaman Terbaru yang Menguntungkan
Reading Time: 3 minutes

Bukan hanya melalui trading, nyatanya ada banyak cara yang bisa dilakukan pemilik crypto untuk menumbuhkan aset crypto dan mendapatkan keuntungan, crypto lending adalah salah satunya. Apa itu crypto lending, bagaimana manfaatnya bagi peminjam maupun pemberi pinjaman dan kelebihannya dibandingkan jenis pinjaman lain? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Apa itu Debit dan Kredit dalam Dunia Perbankan?

Apa Itu Crypto Lending?

apa itu crypto lending

Crypto lending adalah salah satu aktivitas di dunia crypto di mana perusahaan atau firma menyediakan layanan untuk meminjam maupun meminjamkan sejumlah aset crypto.

Kegiatan ini memungkinkan nasabah untuk mendapatkan bunga dari aset yang mereka pinjamkan dan memungkinkan peminjam (debitur) memiliki sejumlah aset crypto untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan yang dimilikinya.

Crypto lending merupakan jenis pinjaman yang mulai banyak dilirik sejak awal 2020. Penurunan tingkat suku bunga di bank konvensional membuat banyak orang beralih ke crypto lending untuk menumbuhkan aset mereka secara mudah.

Investor yang membuka akun dan menyetorkan aset crypto akan memperoleh bunga simpanan dalam mata uang yang sama seperti aset yang disimpan. Sistem perubahan kurs akan berbeda-beda tergantung pada jenis akun dan platform yang digunakan. Terdapat akun dengan kurs yang berubah setiap hari, tetapi ada juga yang sifatnya seperti deposito berjangka (kurs tetap selama periode penguncian uang).

Manfaat Crypto Lending Bagi Peminjam dan Investor

Salah satu kelebihan dari crypto lending adalah bunga simpanan yang tinggi bagi kreditur sedangkan debitur dikenai suku bunga pinjaman rendah.

Joe Light dari Bloomberg mengatakan bahwa Celsius Network mampu membayar sebesar 8,88% untuk setiap simpanan stablecoin yang didukung dolar AS. Sementara itu, suku bunga tabungan di bank konvensional AS hanya berkisar 0,06% pada akhir Agustus 2021.

Meski pergerakan nilai crypto sangat fluktuatif, perusahaan pemberi pinjaman tidak perlu risau karena kebanyakan platform menyediakan asuransi sehingga aset akan terlindungi jika harga crypto turun secara signifikan.

Kelebihan Crypto Lending Dibandingkan Pinjaman Lain

kelebihan crypto lending

Crypto lending adalah salah satu jenis pinjaman yang lebih unggul dibanding jenis pinjaman lainnya. Berikut beberapa kelebihan crypto lending yang bisa kamu jadikan pertimbangan ketika ingin mengajukan pinjaman, diantaranya:

Mudah Diakses

Untuk dapat memperoleh pinjaman di bank konvensional, peminjam akan dinilai berdasarkan skor kredit dan harus memenuhi persyaratan yang cukup ketat. Sementara itu, crypto lending memiliki persyaratan yang lebih longgar, sehingga lebih mudah diakses oleh orang yang tidak memiliki riwayat keuangan atau orang dengan pendapatan tidak tetap.

Baca juga: Apa itu Risiko Kredit dan Bagaimana Cara Manajemennya?

Suku Bunga Pinjaman Rendah

Selain menawarkan kemudahan akses, crypto lending juga menawarkan suku bunga pinjaman yang rendah di bawah 10%. Debitur dapat meminjam hingga 50-90% dari nilai portofolio aset mereka dan melunasi pinjaman secara fleksibel.

Proses Cepat

Jika pinjaman di perbankan konvensional membutuhkan waktu beberapa hari untuk menyelesaikan administrasinya, proses crypto lending terbilang instan. Kamu bisa memperoleh dana pinjaman hanya dalam beberapa jam setelah pengajuan pinjaman disetujui.

Tersedia Beragam Pilihan Aset dalam Satu Platform

Dengan crypto lending, peminjam bisa menyesuaikan pinjaman sesuai kebutuhan dan beralih dari aset crypto ke aset crypto lainnya di satu platform. Misalnya, ketika meminjam aset Tether (USDT), kamu bisa membayar setorannya dalam bentuk Ether (ETH) atau aset crypto lainnya.

Itu tadi pembahasan mengenai apa itu crypto lending, manfaatnya serta beberapa kelebihannya dibandingkan jenis pinjaman lain.

Untuk kamu yang tertarik menumbuhkan aset melalui trading maupun investasi crypto, download Pintu sekarang! Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Jual beli crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Referensi:

Bankrate, Cryptocurrency Lending. Diakses tanggal: 9-10-2021.

Bloomberg, What’s ‘Crypto Lending’? Why Are Regulators After It? Diakses tanggal: 9-10-2021.

Coinmarketcap, What Is Crypto Lending? Diakses tanggal: 9-10-2021.

 

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+