Apa itu Direct Selling? Pengertian dan Contoh-Contohnya

Updated
November 1, 2021
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Apa itu Direct Selling? Pengertian dan Contoh-Contohnya
Reading Time: 3 minutes

Direct selling adalah metode penjualan yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan margin seorang penjual. Apa itu Direct Selling? Berikut merupakan definisi, contoh, kelebihan dan kekurangan direct selling yang wajib kamu ketahui jika kamu seorang pebisnis atau ingin membuka sebuah bisnis sebagai sumber penghasilan tambahan.

Baca juga: Ini Perbedaan Revenue dan Income, Sudah Tau?

Apa itu Direct Selling?

apa itu direct selling

Direct sales adalah istilah dalam bahasa inggris yang berarti penjualan langsung**.** Sementara itu, direct selling artinya aktivitas dari suatu pihak yang menjual produknya langsung kepada konsumen tanpa ada perantara pihak ketiga.

Secara umum, terdapat 3 jenis direct selling berdasarkan prosesnya yaitu Single-level Direct Sales, Host or Party-plan Sales, dan Multi-level Marketing. Berikut penjelasan dari tiap jenis direct selling tersebut.

Single-level Direct Sales

Strategi direct selling yang melibatkan penjualan langsung, biasanya dilakukan secara tatap muka dari pintu ke pintu. Namun, kini tak hanya sebatas itu, pihak penjual juga bisa melakukannya Single-level Direct Sales secara online.

Host or Party-plan Sales

Praktiknya biasa dilakukan dengan mengadakan pertemuan khusus seperti pesta, di mana pihak perusahaan akan menawarkan produk mereka kepada hadirin yang ikut serta.

Multi-level Marketing

Multi-level Marketing adalah taktik direct selling yang merekrut sejumlah orang menjadi agen penjualan produk yang akan membantu perusahaan menjual produk dan memperoleh sejumlah komisi sebagai balasannya.

Contoh Direct Selling

Direct Selling adalah salah satu strategi penjualan yang tidak mudah. Namun, terdapat contoh beberapa perusahaan besar yang sukses dalam menerapkan direct selling untuk menjual produknya.

  • Boeing: Perusahaan langsung menawarkan produk ke calon pelanggannya, yaitu maskapai penerbangan.
  • Amway: perusahaan Amerika yang menjual produk kesehatan, kecantikan dan home care dengan memanfaatkan sistem MLM.
  • Herbalife Nutrition: perusahaan MLM global yang memproduksi dan menjual suplemen makanan.

Kelebihan Direct Selling

kelebihan direct selling

Direct selling adalah suatu metode penjualan produk yang banyak digunakan oleh bisnis besar maupun bisnis kecil. Beberapa kelebihan direct selling dibandingkan metode penjualan lainnya adalah sebagai berikut.

Kemudahan Memperoleh Feedback

Direct selling adalah salah satu metode yang paling efektif untuk mendapatkan feedback atau masukan langsung dari pelanggan. Ketika pihak perusahaan menjual langsung produk kepada pelanggan, maka mereka akan mendengar secara langsung bagaimana pendapat pelanggan terhadap produk mereka. Sehingga membantu perusahaan untuk bisa meningkatkan kualitas produk mereka guna memuaskan pelanggan.

Margin Lebih Tinggi

Dengan menggunakan strategi direct selling, perusahaan bisa menetapkan margin keuntungan yang lebih tinggi dan profit yang lebih besar karena tidak adanya perantara ketiga yang perlu dibagikan keuntungan.

Model Bisnis yang Menguntungkan

Dilansir dari World Direct Sales Association, direct selling merupakan salah satu model bisnis yang cukup menjanjikan dengan tingkat pertumbuhan sebesar 1,7% tiap tahunnya.

Kekurangan Direct Selling

Selain memiliki kelebihan, tentunya terdapat beberapa kekurangan direct selling yang perlu kamu ketahui sebelum memilih model bisnis ini.

Relatif Cukup Sulit dilakukan

Menggunakan strategi direct selling, penjual atau perusahaan harus membangun jaringan mereka sendiri dan dimulai dari lingkup yang lebih kecil seperti teman, keluarga, atau kolega. Direct Selling tidak bisa dilakukan dengan instan dan membutuhkan banyak tenaga.

Direct selling dinilai hanya cocok dilakukan oleh orang yang benar-benar suka dan ahli dalam menjual barang. Apabila kamu tidak suka menjual barang, maka sebaiknya tidak menggunakan strategi yang satu ini.

Perlu Terus Konsisten

Untuk bisa menjangkau pembeli secara luas, strategi direct selling membutuhkan konsistensi dan dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama sebelum bisa membawakan hasil.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu direct selling mulai dari pengertian, kelebihan, kekurangan hingga contoh-contohnya. Ingin mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu membuka bisnis sendiri? Coba investasi saja!

Investasi crypto belakangan ini sedang menarik minat masyarakat luas. Per Mei 2021 lalu, jumlah investor crypto di Indonesia bahkan telah mencapai 6,5 juta orang dan melampaui investor pasar modal.

Untuk kamu yang tertarik berinvestasi maupun trading crypto, download Pintu sekarang! Jual beli crypto di Pintu bisa mulai dari Rp11.000 saja, lho!

Selamat berinvestasi!

 

Referensi:

Mindy Lilyquist, What is Direct Selling? Diakses tanggal: 26-10-21

SendPulse, Direct Sales. Diakses tanggal: 26-10-21.

Shaharyar Ahmad Ranjhaa, Direct Selling. Diakses tanggal: 26-10-21.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Terbaru

Lihat Artikel Lainnya ->
Mulai Investasi Sekarang
Daftar dalam hitungan menit, langsung mulai investasi.
tampilan aplikasi pintu crypto
Alamat Perusahaan
Kantor Pusat
The City Tower Lantai 27 Jalan M.H Thamrin No.81, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310 Indonesia
Operasional & Customer Support
Rukan Permata Senayan Blok H1-H2 Jalan Tentara Pelajar, Jakarta Selatan DKI Jakarta 12210 Indonesia
Terdaftar dan Diawasi
Lisensi aplikasi pintu menkominfo dan bappebti
Foundations/Reg-license/ISO27001
Lisensi ISO
© 2021 PT. Pintu Kemana Saja. All Rights Reserved.
Perdagangan aset crypto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Kinerja pada masa lalu tidak mencerminkan kinerja di masa depan. Kinerja historikal, expected return dan proyeksi probabilitas disediakan untuk tujuan informasi dan illustrasi. Semua keputusan perdagangan aset crypto merupakan keputusan independen oleh pengguna.
Pintu App Logo
Pintu App
The Easiest way to Trade Bitcoin and other Cryptos
10K+