Apa Itu Financial Freedom dan Bagaimana Cara Mencapainya di Usia Muda?

Updated
February 24, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa Itu Financial Freedom dan Bagaimana Cara Mencapainya di Usia Muda?
Reading Time: 4 minutes

Seringkali ketika kamu mengambil keputusan untuk membeli sesuatu, pastinya akan mempertimbangkan kondisi keuangan terlebih dahulu. Jika masih dalam kondisi demikian, berarti kamu belum mencapai financial freedom. Sederhananya, financial freedom adalah kondisi dimana seseorang bisa mengambil berbagai keputusan tanpa perlu mengkhawatirkan faktor keuangan. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu financial freedom dan bagaimana cara mencapainya di saat usia muda, simak uraian berikut ini. 

Apa Itu Financial Freedom?

gambar financial freedom

Financial freedom adalah kondisi kebebasan keuangan dimana seseorang memiliki cukup tabungan, investasi, serta uang tunai untuk menunjang kehidupannya sendiri dan keluarga. 

Seseorang dapat dikatakan berada dalam fase financial freedom ketika ia bisa membayar semua biaya hidupnya tanpa harus bekerja atau mendapat bantuan dari orang lain. Penghasilan yang diperoleh biasanya berasal dari berbagai penghasilan pasif.

Untuk mencapai kemandirian keuangan ini, ada banyak strategi yang bisa dijalankan, beberapa di antaranya adalah lewat menabung, membuat rencana keuangan secara baik, serta mencari sumber penghasilan pasif yang potensial. 

Baca juga: Cara Mendapatkan Pendapatan Pasif dengan Crypto

Cara Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Mayoritas orang mengira bahwa berada di fase financial freedom harus berada di usia matang. Padahal, tidak menutup kemungkinan jika kamu yang masih berada di usia muda juga sudah memiliki kebebasan finansial. Berikut beberapa kebiasaan sederhana yang bisa menjadi cara mencapai financial freedom di usia muda. 

Investasi Kesehatan

Kesehatan merupakan modal utama untuk mencapai kebebasan finansial. Bayangkan jika ternyata kamu mengidap penyakit karena gaya hidup yang buruk, tentunya tabungan kamu nanti akan terkuras untuk kebutuhan berobat. Alhasil, kebebasan finansial yang direncanakan akan dicapai nanti harus tersendat lantaran uang habis untuk berobat. 

Menjaga kesehatan juga menjadi salah satu cara mencapai financial freedom, Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan rajin melakukan check up ke dokter dan berolahraga. Sekecil apapun penyakit yang kamu miliki jika ditangani lebih cepat diharapkan tidak akan bertambah parah. Jangan lupa juga terapkan gaya hidup sehat dan perhatikan asupan makanan sehari-hari.

Tetapkan Tujuan Hidup

Untuk bisa mencapai kondisi financial freedom, pastikan kamu memiliki sebuah goals dalam hidup. Dalam menetapkan tujuan, jangan lupa menerapkan prinsip SMART, yang tentunya mencakup detail mengenai tujuan kamu, kapan kamu mencapai tujuan tersebut, dan lain sebagainya. 

Adanya tujuan ini bisa menjadi pedoman bagi kamu untuk bisa mengelola keuangan secara baik. Buat pencapaian keuangan secara berkala dan tuliskan secara rapi. Selanjutnya catatan ini bisa kamu jadikan pedoman dalam berinvestasi dan pengelolaan keuangan lainnya. 

Rancang Anggaran

Cara berikutnya mencapai financial freedom adalah dengan membuat anggaran. Berapapun besarnya pendapatan yang kamu peroleh jika pengeluaran tidak kamu rencanakan dengan baik, maka akan berakhir lenyap begitu saja. 

Oleh sebab itu, merancang anggaran dengan baik juga bisa menjadi salah satu kebiasaan yang membantumu mencapai financial freedom. Dengan adanya anggaran untuk investasi dan tabungan yang tepat, kondisi financial freedom pun akan semakin cepat tercapai. 

Lunasi Utang

Memiliki banyak utang hanya akan mempersulit langkah untuk mencapai kebebasan finansial. Pembayaran utang baik itu bulanan atau tahunan akan mengurangi pendapatan. Jika kamu masih terlilit utang apalagi jika jumlahnya cukup banyak, pastikan kamu telah melunasi utang tersebut agar tidak menumpuk jumlahnya dan membuatmu semakin repot. 

Tetapkan prioritas berdasarkan jumlah bunga dengan mulai membayar utang dengan bunga yang paling tinggi atau yang jumlahnya paling banyak. 

Mulai Melek Investasi

Hanya berpegang pada gaji bulanan bukanlah langkah tepat untuk mencapai financial freedom di usia muda. Seiring berjalannya waktu, nilai uang yang dimiliki bisa saja berkurang karena faktor inflasi. Inilah yang membuat investasi menjadi hal penting untuk dilakukan sejak muda. 

Instrumen investasi ada banyak sekali jenisnya, mulai dari investasi emas, crypto, deposito, reksa dana, saham, properti, dan masih banyak lagi. Menabung memang penting, namun pastikan juga bahwa kamu juga belajar investasi karena bisa memberikan keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan menabung apabila dilakukan secara tepat. 

Baca juga: Pengertian Inflasi dan Deflasi, Sudah Tau?

Contoh Financial Freedom di Indonesia

contoh financial freedom

Salah satu sosok yang masih muda tetapi berhasil mencapai financial freedom adalah Andika Sutoro Putra. Miliarder muda ini berhasil sukses melalui investasi saham. Bahkan saat umurnya masih 17 tahun, ia berhasil meraih penghasilan Rp1 miliar pertamanya di bidang trading.

Dilansir dari Tagar, Andika Sutoro Putra yang saat ini berusia 26 tahun telah mendirikan lembaga pendidikan Putra Investor School yang bergerak di bidang pengajaran investasi kepada anak muda. 

Sekarang sukses, pria yang dilahirkan di Singkawang Kalimantan Barat ini sebenarnya berasal dari background ekonomi yang sederhana saja. Belajar dari ayahnya, ia membuka berbagai macam bisnis di antaranya platform jual-beli online hingga bisnis penyewaan CD. Setelah jatuh bangun berjuang, penghasilan Andika sebagai penjual CD suara burung walet berhasil membuahkan hasil fantastis dengan harga per keping capai Rp2,4 juta. 

Keuntungan penjualan sebesar Rp100 juta yang kemudian ia putar di pasar saham. Pria kelahiran tahun 1994 ini kemudian belajar investasi saham dan mendapat keuntungan pertama hingga 50%. Investasi saham tersebut kemudian serius digelutinya hingga bisa membeli banyak properti, sehingga ia bisa mencapai financial freedom di usia muda.

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu financial freedom dan bagaimana cara mencapainya. Meskipun bukan hal yang mudah, mencapai financial freedom di usia muda bukanlah hal yang mustahil, yang mana salah satunya adalah dengan mulai “melek investasi”. 

Belakangan ini, investasi crypto sendiri semakin menarik minat masyarakat luas. Per Mei 2021 lalu jumlah investor crypto bahkan telah mencapai 6,5 juta orang dan melampaui investor pasar modal. Buat kamu yang tertarik memulai investasi crypto, download Pintu sekarang!

Referensi:

Toby Mathis. The Real Meaning Of Financial Freedom. Diakses 21 Februari 2022

Matt Danielsson. These 12 Habits Will Help You Reach Financial Freedom. Diakses 21 Februari 2022

Afditya Imam Fahlevi. Profil Andika Sutoro Putra, Miliarder Muda Berkat Saham. Diakses 21 Februari 2022

Wikipedia. Financial Independence. Diakses 21 Februari 2022

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->