Apa Itu Market Cap Crypto?

Updated
February 15, 2022
• Waktu baca 4 Menit
Gambar Apa Itu Market Cap Crypto?
Reading Time: 4 minutes

Kapitalisasi pasar atau market cap adalah salah satu indikator sederhana dan mudah untuk mengetahui seberapa besar pasar dari sebuah aset crypto. Komponen ini juga umum digunakan sebagai acuan bagi investor dalam membuat keputusan investasi. Apa itu market cap crypto dan bagaimana daftar crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia?

Baca juga: Belajar Crypto Gratis di Pintu Akademi

Apa itu Market Cap?

pengertian market cap

Market capitalization atau yang sering disingkat dengan market cap adalah total nilai dari aset keuangan (saham, crypto, dsb) yang beredar dengan harga pasar saat ini dan biasanya dinyatakan dalam jumlah dolar. Kapitalisasi pasar adalah istilah yang lebih sering didengar dan merupakan terjemahan Indonesia dari market cap.

Shobit Seth dari Investopedia mengungkapkan bahwa market cap adalah komponen yang sering digunakan untuk mengkategorikan perusahaan sebagai perusahaan besar, menengah, atau kecil. Kapitalisasi pasar juga sering dipakai investor dan analis keuangan untuk membandingkan dan mengukur nilai pasar perusahaan. Hal yang sama juga berlaku pada crypto.

Ryan Haar dari Next Advisor Time menyebut bahwa nilai kapitalisasi pasar mencerminkan risiko investasi di perusahaan atau pada aset tertentu. Saham dengan kapitalisasi pasar besar umumnya berisiko lebih rendah, tetapi tingkat pertumbuhannya cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan saham berkapitalisasi menengah atau kecil.

Apa itu Market Cap Crypto?

Tim Coinmarketcap mengemukakan bahwa market cap crypto adalah metrik yang penting untuk mengetahui seberapa besar pasar suatu cryptocurrency. Informasi kapitalisasi pasar crypto secara real-time dapat memberikan data dan informasi mengenai kinerja dari mata uang crypto dan membantu investor dalam membuat keputusan investasi.

Jeremy Schneider, pendiri jasa konsultan finansial ternama Personal Finance Club, mengutarakan bahwa tingkat kapitalisasi pasar dapat membantu investor menyusun strategi investasi, bahkan jika mereka hanya berinvestasi pada Bitcoin dan Ethereum saja.

Menurut Jeremy, investor dapat mengalokasikan total investasi crypto berdasarkan kapitalisasi pasar proporsional. Investor dapat menempatkan dana investasi yang besar pada Bitcoin dan Ethereum karena nilai market cap-nya besar sehingga relatif lebih aman. Sementara itu, investor juga bisa menginvestasikan sejumlah dana mereka yang tersisa untuk mata uang crypto lainnya.

Baca juga: 7 Strategi Investasi Kripto ala Miliarder Mark Cuban

Bagaimana Cara Menghitung Market Cap?

Dilansir dari laman Coinmarketcap, cara menghitung nilai market cap adalah dengan mengalikan harga mata uang crypto saat ini dengan jumlah total koin yang beredar di pasaran (circulating supply).

Berikut merupakan rumus market cap atau kapitalisasi pasar.

Market Cap = harga mata uang crypto x jumlah total koin yang beredar.

Namun, cara ini bukanlah satu-satunya metode.

Tim Coinmarketcap mengungkap bahwa nilai kapitalisasi pasar juga dapat dihitung dengan mengalikan harga mata uang crypto dengan jumlah koin maksimumnya. Namun, perhitungan ini seringkali sulit dilakukan karena beberapa altcoin tidak diketahui batas pasokan maksimumnya.

Pawan Nahar dari The Economic Times melaporkan bahwa total kapitalisasi pasar aset crypto global mencapai angka $3 triliun per 9 November 2021. Gabungan dari dua crypto dengan kapitalisasi pasar terbesar, yaitu BTC dan ETH, mendominasi 62% dari keseluruhan pasar.

Gaurav Dahake, CEO dan Co-founder Bitbns mengatakan bahwa kapitalisasi pasar crypto tumbuh pesat secara eksponensial. Meski sempat turun 6,7% pada 22 November 2021, tetapi terlihat bahwa fondasi crypto masih tetap kuat.

Top 10 Market Cap Crypto

top 10 market cap crypto

Dilansir dari laman Coinmarketcap, top 10 cryptocurrency teratas jika dilihat berdasarkan market cap adalah sebagai berikut.

Bitcoin (BTC)

Bitcoin menempati urutan pertama pada top 10 market cap cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar mencapai $886,331 miliar per 20 Desember 2021. Kat Tretina dari Forbes mengatakan bahwa Bitcoin telah tumbuh 11.400% dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Ethereum (ETH)

Ethereum, salah satu aset crypto yang menjadi favorit pengembang berada di urutan kedua dengan total market cap sebesar $467,428 miliar per 20 Desember 2021. Menurut Tretina, harga ETH telah meningkat 42.000% hanya dalam lima tahun.

Binance Coin (BNB)

BNB yang diluncurkan sejak 2017 berhasil naik ke posisi ketiga dengan kapitalisasi pasar sekitar $87,264 miliar pada 20 Desember 2021.

Tether (USDT)

USDT sebagai stablecoin crypto yang konsisten menempati urutan atas dengan nilai market cap $76,211 miliar per 20 Desember 2021.

Solana (SOL)

Diluncurkan sejak 2020, SOL yang merupakan token asli Solana telah berkembang pesat dan berhasil mencatat kapitalisasi pasar sebesar $53,549 miliar per 20 Desember 2021.

Cardano (ADA)

Cardano sebagai “kuda hitam” aset crypto di tahun 2021 lalu tercatat memiliki market cap sekitar $42,315 miliar per 20 Desember 2021.

USD Coin (USDC)

Kapitalisasi pasar dari stablecoin yang didukung dolar AS ini adalah $42,175 miliar per 20 Desember 2021. Harga USD Coin bisa kamu cek secara mudah di website resmi maupun aplikasi Pintu.

XRP

XRP yang dibuat oleh beberapa pendiri Ripple memiliki nilai market cap sebesar $41,569 miliar per 20 Desember 2021.

Terra (LUNA)

Terra yang dikembangkan oleh Daniel Shin dan Do Kwon sejak Januari 2018 kini mencatat kapitalisasi pasar sekitar $30,55 miliar per 20 Desember 2021.

Avalanche (AVAX)

AVAX yang merupakan kompetitor Ethereum memiliki kapitalisasi pasar sebesar $27,58 miliar per 20 Desember 2021.

Demikian informasi mengenai apa itu market cap crypto dan daftar top 10 market cap crypto. Kesepuluh aset di atas sudah bisa kamu temukan di aplikasi Pintu, lho. Selain itu, ada puluhan aset crypto lain seperti SAND, ALICE, dan masih banyak lagi.

Untuk kamu yang ingin melakukan jual beli crypto secara mudah mulai dari Rp11.000 saja, download Pintu sekarang!

Referensi:

Coinmarketcap, What Is Crypto Market Cap? Diakses tanggal: 21-12-21.

Cointelegraph, Total crypto market cap drops by 6.7%, but futures data finds a silver lining. Diakses tanggal: 21-12-21.

Forbes, Top 10 Cryptocurrencies In February 2022. Diakses tanggal: 21-12-21.

Investopedia, Market Capitalization. Diakses tanggal: 21-12-21.

The Economic Times, Crypto market m-cap hits $3 trillion mark; will the frenzy continue? Diakses tanggal: 21-12-21.

Time, Bitcoin’s Market Capitalization Went Over $1 Trillion This Year. Here’s What Crypto Market Cap Means for Investors. Diakses tanggal: 21-12-21.

Cornelia Lyman
Author
Cornelia Lyman
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->