Mengenal Synthetix (SNX) dan Cara Membelinya

Updated
April 8, 2021
• Waktu baca 2 Menit
Gambar Mengenal Synthetix (SNX) dan Cara Membelinya
Reading Time: 2 minutes

Kepopuleran Bitcoin turut mendongkrak aset crypto lain maupun protokol yang berbasis pada cryptocurrency sejenis. Salah satunya Syntethix (SNX). Bagi kamu yang belum familiar dengan protokol ini, ulasan berikut bisa memberikanmu pencerahan tentang apa itu SNX beserta bagaimana cara membelinya. Yuk, kita cermati bersama.

Baca Juga: AAVE Kini Tersedia di Aplikasi Pintu

Apa itu Synthetix (SNX)?

Merupakan protokol keuangan yang terdesentralisasi atau DeFi, Synthetix menyediakan eksposur on-chain menuju aset non-crypto maupun crypto. Protokol tersebut dibuat dengan merujuk pada blockchain Ethereum dengan menyediakan akses ke aset sintetis yang punya likuiditas tinggi (synth).

Synth akan menelusuri dan melakukan pengembalian atas aset yang didapat tanpa mewajibkan orang tersebut memegang atau menyimpan aset secara langsung. Mengapa platform ini dibuat? Tujuannya tak lain demi memperluas ruang cryptocurrency lewat pengenalan aset non-blockchain. Dengan begitu, tersedia akses menuju ke pasar keuangan yang lebih kuat.

Jaringan Synthetix baru dirilis pada September 2017 oleh Kain Warwick. Dahulu, nama jaringan ini adalah Havven atau HAV. Selang satu tahun kemudian, barulah HAV berganti nama menjadi Syntetix.

Jajaran pimpinan Synthetix punya jam terbang tinggi dalam industri cryptocurrency. Mereka selalu siap dengan inovasi terkini yang mendukung sekaligus memperkuat ekosistem perdagangan aset crypto. Tak heran jika Synthetix ini segera mencuri perhatian para investor aset crypto.

Cara Kerja Synthetix

Bingung membayangkan cara kerjanya?

Versi sederhananya seperti ini. Karena dibuat di atas jaringan Ethereum, semua manfaat keuangan desentralisasi dapat dikombinasikan dengan stabilitas aset keuangan konvensional. Pengguna pun bisa langsung mengonversi Synths langsung dengan Smart Contract.

Gemini menyebutkan protokol berbasis Smart Contract tersebut memberimu kemungkinan memegang dan menukar Synth, seolah kamu mengantongi aset yang mendasarinya. Lewat cara tersebut, Synth membuka eksposur menuju aset yang tidak bisa diakses oleh investor crypto biasa, terutama mereka yang berinvestasi di emas dan perak. Jadi, proses perdagangannya lebih efisien dan cepat.

Nah, berhubung Synth diterbitkan melalui Ethereum, kamu bisa mengatur penyimpanan di platform DeFi, seperti Uniswap dan Curve. Kamu pun bisa memakainya untuk mengatur persediaan likuiditas dan memperoleh bunga.

Satu hal yang perlu diketahui, sintetis dan derivatif berperan penting dalam membangun pasar yang matang, yakni situasi ketika pasar berhasil mencapai ekuilibrium. Keduanya bekerja dengan memfasilitasi penentuan harga serta memberikan perlindungan nilai aset crypto terhadap volatilitas.

Baca Juga: Apa Itu Aset Kripto? Kenali Kripto yang Tersedia di Aplikasi Pintu

Cara Membeli SNX

SNX merupakan native token dari Synthetix yang bisa kamu beli atau jual. Lalu bagaimana jika kamu berniat membeli SNX di Indonesia? Cara pembelian SNX sama kok dengan aset crypto lain. Kamu bisa memulainya dengan mengunduh aplikasi Pintu. Kemudian, ikuti langkah simpel berikut.

  1. Cari SNX dalam daftar aset crypto di aplikasi, bisa dari halaman beranda maupun fitur jual/beli crypto di wallet card atau di halaman wallet crypto.
  2. Pilih dan ketuk tombol jual atau beli
  3. Tulis nominal yang diinginkan, cek lagi satuan yang dipilih: Rupiah atau crypto.
    • Kamu tidak perlu membeli atau menjual utuh sebuah SNX, karena kamu dapat membeli / menjual SNX dengan jumlah pecahan (sebesar 0,1 SNX, bahkan kurang dari itu).
    • Namun di Pintu, terdapat jumlah nilai minimal dalam Rupiah untuk melakukan transaksi pembelian / penjualan crypto, termasuk SNX, yaitu senilai Rp 22.000 (per tanggal 24/5/2021, minimal pembelian dapat berubah sewaktu-waktu).
  4. Teliti sekali lagi apakah data yang ditulis sudah benar. Baru lakukan konfirmasi penjualan/pembelian crypto.
  5. Kamu akan mendapat notifikasi setelah transaksi berhasil diproses.

Perlu diingat bahwa harga final merupakan harga yang muncul tepat saat check-out. Harga pun bisa berubah mengikuti besaran volume jual/beli yang kamu lakukan.

Jadi, tertarik untuk beli SNX? Mulai dengan unduh aplikasi pintu dan cek harga SNX terkini. Download sekarang di sini!

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->