Pengertian, Rumus dan Contoh Biaya Operasional

Updated
November 3, 2022
• Waktu baca 3 Menit
Gambar Pengertian, Rumus dan Contoh Biaya Operasional
Reading Time: 3 minutes

Saat menjalankan sebuah usaha, kamu perlu memahami berbagai jenis biaya yang digunakan, seperti biaya investasi, biaya pemeliharaan, dan biaya operasional. Dalam hal ini, biaya operasional adalah biaya yang bersifat habis sekali pakai. Simak selengkapnya mengenai pengertian, rumus dan contoh biaya operasional dalam artikel berikut ini!

Apa itu Biaya Operasional?

biaya operasional adalah

Pengertian biaya operasional adalah biaya yang dibutuhkan untuk melakukan kegiatan pada proses produksi yang sifatnya habis pakai dalam kurun waktu singkat, umumnya kurang dari 1 tahun.

Selain itu, biaya operasional juga dapat diartikan sebagai seluruh pengorbanan yang telah dikeluarkan pihak perusakaan guna mendanai segala kegiatan operasional perusahaan agar tercapainya tujuan yang ingin diraih oleh pihak perusahaan.

Tujuan dan Fungsi Biaya Operasional

Fungsi biaya operasional adalah untuk mengelola sumber daya ekonomi perusahaan guna menjalankan berbagai kegiatan dalam upaya menghasilkan dan mempertahankan pendapatan. 

Jenis-Jenis Biaya Operasional Menurut Para Ahli

Biaya operasional terdiri dari biaya penjualan serta biaya administrasi dan umum. Menurut H. Arfian R., berikut penjelasan dari tiap anggaran tersebut

  • Anggaran biaya penjualan adalah anggaran yang terjadi di bagian penjualan
  • Anggaran biaya administrasi dan umum adalah biaya yang terdapat dalam kantor lingkungan administrasi perusahaan, serta biaya-biaya yang bersifat keperluan perusahaan secara keseluruhan.

Segala bentuk perusahaan, baik besar maupun kecil, perusahaan, instansi swasta, organisasi atau pemerintah, setiap harinya pasti akan mengeluarkan biaya operasional. 

Sehingga, sangat penting untuk menyediakan dan mencatat data biaya operasional sebagai informasi dalam pengambilan kebijakan serta keputusan oleh manajer perusahaan.

Baca juga: Apa itu Biaya Total, Rumus dan Fungsinya?

Contoh Biaya Operasional

Agar kamu bisa lebih mudah memahami definisi biaya operasional, maka kamu perlu tahu apa saja contohnya. Beberapa contoh biaya operasional adalah biaya bahan, biaya bahan bakar, biaya personal, dan biaya lainnya.

  • Biaya bahan: Biaya bahan baku dan biaya bahan penolong
  • Biaya bahan bakar
  • Biaya personal: Gaji, tunjangan, bonus
  • Biaya lain-lain: Iuran listrik, gas, air, telepon, dan wifi

Rumus Total Biaya Operasional

rumus dan cara menghitung biaya operasional

Cara menghitung biaya operasional sendiri cukuplah mudah, kamu bisa melakukannya secara manual maupun menggunakan bantuan aplikasi Excel. Secara umum, rumus total biaya operasional adalah sebagai berikut.

Total Biaya Operasional = Biaya Iklan + Biaya Sewa + Biaya Bahan-Bahan + Biaya Upah + Biaya Listrik + Biaya Lainnya.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Biaya Implisit dan Biaya Eksplisit

Contoh Laporan Biaya Operasional

Biaya operasional biasa diletakkan pada laporan laba rugi. Format pos beban operasional pada laporan tersebut cukup sederhana. Kamu hanya perlu menjumlahkan seluruh beban operasional yang ada. Berikut contoh laporan biaya operasional pada laba rugi:

Beban OperasionalTotal Biaya
Beban GajiRp85.000.000
Beban Bahan Habis PakaiRp22.850.000
Beban IklanRp17.000.000
Beban DepresiasiRp10.550.000
Beban AngkutRp13.000.000
Beban AsuransiRp5.000.000
TOTAL BEBAN OPERASIONALRp153.400.000

(Sumber: Buku Akuntansi Pengantar 1)

Perbedaan Biaya Operasional dan Biaya Produksi

Perbedaan biaya produksi dan biaya operasional adalah fungsi dan keperluan dari tiap biaya tersebut. Biaya yang masuk ke dalam biaya operasional adalah biaya yang terkait dengan aktivitas perusahaan saat menjalankan bisnisnya. Sedangkan, yang masuk ke dalam biaya produksi hanyalah biaya yang diperlukan untuk membuat produk.

Dengan kata lain, biaya operasional itu mencakup segala biaya langsung maupun tidak langsung, sedangkan yang masuk ke dalam kategori biaya produksi hanyalan biaya langsung. Sejauh ini, cukup paham bukan perbedaan dari keduanya?

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa biaya operasional adalah biaya yang pasti dikeluarkan oleh perusahaan, sehingga perlu pengelolaan yang baik. Ketika ada anggaran, baiknya kamu menyisihkannya untuk berinvestasi, hal ini bukan hanya berlaku untuk perusahaan besar namun juga pribadi. 

Buat kamu yang ingin berinvestasi namun tidak tau harus mulai dari mana, Pintu jawabannya! Pintu adalah aplikasi crypto Indonesia yang telah terdaftar Bappebti. Belakangan ini, minat investor terhadap aset crypto memang telah meningkat. Di Pintu, kamu bisa belajar crypto secara gratis di Pintu Academy dan mendapatkan berita crypto terbaru di Pintu News. Tunggu apalagi, download Pintu sekarang!

Referensi:

Elex Media Komputindo. Belajar Microsoft Excel Mahir Step by Step. Diakses pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Gadjah Mada University Press. Akuntansi Pengantar 1. Diakses pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Investopedia. Production Costs: What They are and How to Calculate Them. Diakses pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Penerbit Andi. Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Diakses pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Qahar Publisher. Manajemen Penganggaran. Diakses pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Tresna Bhakti Press. Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Diakses pada Sabtu, 29 Oktober 22.

UMSU Press. Perencanaan Bisnis dan Cara Mudah Menyusun Business Plan. Diakses pada Sabtu, 29 Oktober 2022.

Topik
Bagikan

Artikel Terkait

Artikel Blog Terbaru

Lihat Semua Artikel ->